|
|||||
TES UJI COBA UJIAN
NASIONAL
TAHUN PELAJARAN
2016/2017
LEMBAR SOAL
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : IX ( Sembilan )
Hari /
Tanggal : Rabu, 29 Maret 2017
Waktu : 07.30
–09.30 WIB ( 120 Menit )
PETUNJUK UMUM
1. Tulislah dahulu
nomor peserta dan nama Anda pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang telah
disediakan!
2. Periksa dan
bacalah soal-soal lebih dahulu sebelum Anda menjawabnya!
3. Jumlah soal
sebanyak 50 butir pilihan ganda dan semuanya harus dijawab.
4. Laporkan kepada
Pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, ada yang rusak atau jumlah
soalnya kurang!
5. Kerjakan lebih
dahulu soal-soal yang Anda anggap mudah!
6. Kerjakan pada
Lembar Jawaban Komputer (LJK), yang telah disediakan dengan menggunakan pensil
2B!
7. Hitamkan dengan
pensil 2B pada lingkaran di bawah huruf jawaban yang Anda paling benar!
Contoh:
A B C D
8.
Apabila ada jawaban yang Anda anggap
salah dan Anda ingin membetulkannya, hapuslah jawaban tadi dengan karet
penghapus yang baik sampai bersih, kemudian hitamkan pada lingkaran yang benar!
Contoh: pilihan semula
A B C D
dibetulkan menjadi
A B C D
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan lingkaran di
bawah huruf jawaban yang Anda pilih!
1.
Bacalah
teks berikut!
Dengan berbagai teknologi intensifikasi sederhana,
pekarangan dapat menjadi sumber bahan pokok makanan seperti beras, sayur-mayur,
dan ikan. Dengan kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang
bernilai gizi tinggi diharapkan dapat terpenuhi.
Makna kata intensifikasi pada teks
tersebut adalah …
A. memperluas
lahan supaya lebih produktif
B. cara dengan
menggunakan alat yang modern
C. kegiatan/usaha
menuju ke arah yang lebih baik
D. memberi
pupuk pada lahan supaya lebih subur
2. Bacalah dengan saksama teks berikut!
Pencangkokan Tanaman
Pencangkokan
tumbuhan dapat dilakukan melalui cara berikut. Pertama, carilah dahan yang
ukurannya sedang! Kedua, ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan
dikupas kulitnya paling sedikit ± 10 cm! Ketiga, kupaslah sekeliling kulit
dahan yang akan dicangkok dengan panjang kupasan ± 5 cm! Keempat, keriklah
lendir atau kambium dahan tersebut dengan perlahan agar kering! Kelima,
tutuplah hasil kupasan dengan tanah! Keenam, bungkuslah tanah dengan plastik,
lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak jatuh!
Informasi tersurat dalam kutipan
teks tersebut adalah ...
A. Macam
tanaman yang dikembangbiakkan dengan pencangkokan.
B. Manfaat
pengembangbiakan tanaman melalui pencangkokan.
C. Salah
satu cara mencangkok adalah mengerik kambium dahan.
D. Keuntungan
dan kerugian pencangkokan tanaman.
3. Bacalah dengan saksama teks berikut!
(1) Namun,
jangan khawatir, walaupun tergolong jenis hama, keong mas sebenarnya dapat
memberi manfaat yang positif. (2) Selain itu, keong mas
juga dapat menjadi komoditas prospektif untuk menambah penghasilan. (3) Manfaat
positif dari keong emas, antara lain, dapat dijadikan sebagai pakan ternak,
ikan, udang, sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat. (4) Keong
mas juga berfungsi untuk obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit
tremoda yang menyebabkan gatal-gatal.
Kalimat
yang menyatakan pertentangan pada teks tersebut, ditandai dengan
nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
4. Bacalah dengan saksama teks berikut!
Langit
menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak mampu lagi membendung butiran air. Matahari
pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik
bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela
kamarnya.
Makna
kata “membendung” pada kutipan cerpen tersebut ialah ….
A. membentengi
B. menampung
C.
mengumpulkan
D. menahan
5. Bacalah dengan saksama kutipan cerpen
berikut!
Danu sudah lima hari tidak masuk sekolah. Ia berusaha
mencari uang bersama ayahnya untuk membiayai sekolahnya. Pada sore hari Pak
Imam guru sekolahnya, datang ke rumah Danu. Pak Imam bertanya kepada Danu
mengapa sudah lima hari tidak masuk sekolah. Danu berterus terang bahwa ia
mencari uang bersama ayahnya untuk membiayi sekolahnya. Cukup lama mereka
berbincang. Tidak lama kemudian Pak Imam berkata kepada Danu untuk terus
bersekolah, dan Pak Imam akan membiayai sekolah Danu.
Sumber: http://sederhanatapimembantu.blogspot.com
Makna tersurat yang terdapat pada kutipan teks cerpen tersebut
adalah ...
A. Danu dan orang tuanya dipanggil untuk
menghadap kepala sekolah.
B. Danu dapat bantuan untuk
membayar uang sekolahnya.
C. Pihak sekolah
memberikan bantuan kepada Danu.
D. Pihak sekolah
menagih uang bayaran sekolah.
6. Bacalah dengan saksama kutipan cerpen berikut!
Di sebuah
desa yang baru saja tertimpa bencana alam, duduklah seorang tua renta di bawah
pohon yang hampir tumbang. Orang tua itu bernama Pak Cokro. Ia memandangi
puing-puing rumah yang tak menyisakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan.
Tiba-tiba, Pak Cokro bangkit lalu memukul-mukul puing-puing rumah itu dengan
penuh amarah. Dia berteriak-teriak, tangannya diangkat ke atas, lalu terduduk
sambil tersedu-sedu menahan tangis. Namun, tak terbendung. Air mata itu terlalu
deras untuk tidak keluar dari sudut-sudut matanya yang kosong.
Kutipan teks cerita tersebut termasuk bagian ....
A. pengenalan
B. konflik
C. antiklimaks
D. penyelesaian
7. Bacalah dengan saksama kutipan fabel
berikut!
Di tengah
pertandingan, Kancil dengan santainya berlari, sedangkan Zebra tengah berusaha
berlari cepat. Kancil sedang mencari akal untuk membuat Zebra kalah. Berkali-kali
Kancil membuat jebakan, tetapi jebakan
itu menimpanya sendiri. Saat sampai pada garis finis Kancil membuat rencana
lagi yaitu dengan memberikan air minum pada Zebra yang sudah dicampur dengan
obat tidur. Zebra pun menolaknya dan Kancil disuruh untuk meminum air itu.
Namun, Kancil tidak meminumnya. “Kenapa kamu tidak meminum air ini saja?” kata
Zebra.
Kutipan fabel tersebut adalah bagian ....
A. orientasi /
pengenalan
B. komplikasi /
konflik
C. resolusi /
penyelesaian
D. koda / pesan
di akhir cerita
8. Bacalah dengan saksama kalimat berikut!
Dalam
pengolahan […] pertanian terdapat dua cara, yaitu ekstensifikasi pertanian dan
intensifikasi pertanian.
Kata yang
tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. tanah
B. bidang
C. sektor
D. lahan
9. Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
(1) Indonesia memiliki hutan lebat yang
memberikan banyak oksigen. (2) Di negara ini terdapat […] yang khas seperti
burung cendrawasih dan komodo. (3) Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga,
dan dilestarikan. (4) Alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang
bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup.
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor (2) tersebut adalah ….
A. tanaman
B. satwa
C. tumbuhan
D. ternak
10. Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
(1)
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. (2) Ia
lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. (3) Ia berasal dari lingkungan
keluarga kraton Yogyakarta. (4) Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan
ingin dekat dengan rakyatnya.
Kesalahan penulisan ejaan pada paragraf teks biografi tersebut
adalah
....
A.
Raden
B.
kraton
C.
hitungan
D.
berganti
11. Bacalah dengan saksama dua berikut!
(1)
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku
yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. (2) Novel ini memberi motivasi,
semangat dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat untuk sekolah dan
melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.
Kesalahan
tanda baca yang terdapat pada kalimat-kalimat tersebut adalah ….
A. tanda koma setelah kata tadi
B. tanda titik setelah kata ini
C. tanda koma setelah kata motivasi
D. tanda titik setelah kata tinggi
12. Bacalah dengan saksama kalimat berikut!
Novel yang disajikan dengan
bahasa yang cantik ini mampu menipu pembaca sehingga pembaca bisa ikut
merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ….
A. disajikan
B. cantik
C. menipu
D. merasakan
13. Bacalah dengan saksama teks berikut!
(1) Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan.(2)
Buta aksara harus terus diberantas. (3) Peningkatan minat baca perlu dilakukan
karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi
dari berbagai media. (4) Bahkan kemahiran membaca siswa di sekolah, terutama di
sekolah terpencil masih sangat rendah.
Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut ditunjukkan pada
kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
14. Bacalah dengan saksama kutipan teks berikut!
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat
dapat diselesaikan jika orang tua dan anak selalu berkomunikasi, memahami apa
itu hobby, serta kapan dan di mana anak harus bermain game online secara proporsional, dan bertanggungjawab.
Kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam teks ulasan
tersebut adalah ….
A. penulisan kata
fisik dan hobby
B. penulisan kata
hobby dan bertanggungjawab
C. penulisan kata
hobby dan game online
D. penulisan kata
game online dan proporsional
15. Bacalah dengan saksama kalimat berikut!
Saya
membeli alat tulis: ball point, penggaris dan penghapus.
Kesalahan
penggunaan tanda baca tersebut adalah …
A. tanda koma (,) seharusnya ditelakkan setelah
kata penggaris
B. tanda titik dua (:) setelah kata alat tulis,
seharusnya dihilangkan
C. tanda koma (,) setelah kata ball point seharusnya
dihilangkan
D. tanda titik (.) setelah kata penghapus
seharusnya dihilangkan
16. Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
(1)
Lidah buaya adalah tumbuhan yang telah lama dipakai untuk menyuburkan rambut,
pemulih luka, serta untuk perawatan kulit. (2) Tumbuhan yang mendapatkan nama
Latin Aloe vera ini bisa
tumbuh dengan baik pada kawasan kering seperti negara Afrika. (3) Kegunaan
lidah buaya tidak serta merta hadir begitu saja. (4) Itu semua berlaku berkat
kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti zat kimia enzim, asam amino, dan
polisakarida.
Kalimat
utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
17. Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
Kebersihan
lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan
kenyamanan, baik di lingkungan dalam sekolah maupun lingkungan luar sekolah.
Setiap sekolah mengajari anak didiknya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar
mereka peduli kebersihan. Cara menjaga kebersihan, di antaranya membuang sampah
pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.
Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ...
A.
Sekolah mengajari anak
didiknya menjaga kebersihan lingkungan.
B. Banyak cara
menjaga kebersihan lingkungan.
C. Kebersihan sekolah banyak dilombakan.
D. Kebersihan
lingkungan sekolah penting untuk menciptakan kenyamanan.
18. Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
Pada
era global, sumber daya manusia (SDM) handal merupakan kebutuhan yang mendasar.
Usaha untuk mendapatkan SDM handal dapat dilakukan melalui berbagai cara,
misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau
kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM handal adalah
melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat
belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dan hari efektif yang pasti.
Simpulan
isi bacaan tersebut adalah…
A.
Pada era global, setiap negara membutuhkan SDM
yang handal sebagai kebutuhan mendasar.
B.
SDM yang handal dapat diupayakan melalui
berbagai cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan.
C.
SDM yang handal menjadi kebutuhan mendasar
bagi setiap negara baik negara maju maupun berkembang.
D.
Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk
menghasilkan SDM handal.
19. Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!
(1) Banyak
sekolah, terutama sekolah dasar dan menengah pertama melarang siswanya membawa
telepon seluler ke sekolah, tetapi banyak juga yang membolehkannya.
(2) Dengan
membawa telepon seluler ke sekolah, orang tua merasa nyaman karena dapat
berkomunikasi dengan anaknya jika terjadi perubahan jadwal, kondisi darurat,
dan sejenisnya.
(3) Namun,
perlu diketahui bahwa aplikasi yang terdapat di telepon seluler dapat
memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika
telepon berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran
akan terganggu.
(4) Cara
untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah
dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat.
Pendapat yang menyatakan persetujuan terdapat pada kalimat
bernomor ….
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
20. Bacalah dengan saksama teks berikut!
Lahir di Mayong dengan nama Raden Mas Panji
Sosrokartono pada hari Rabu Pahing tanggal 10 April 1877 M. Beliau adalah
putera R.M. Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Sejak kecil Sosrokartono seorang
yang cerdas dan mempunyai kemampuan membaca masa depan. Kakak dari ibu
kita Raden Adjeng
Kartini ini, setelah tamat dari Eropesche Lagere School di
Jepara, melanjutkan pendidikannya ke H.B.S. di Semarang. Pada tahun 1898
Sosrokartono lalu meneruskan sekolahnya ke negeri Belanda.
Sosro awalnya masuk di sekolah Teknik Tinggi
di Leiden. Tetapi merasa tidak cocok, sehingga pindah ke Jurusan Bahasa dan
Kesusastraan Timur. Beliau merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang
meneruskan pendidikan ke negeri Belanda, yang pada urutannya disusul oleh
putera-putera Indonesia lainnya.
Keistimewaan
tokoh tersebut adalah …
A. Sosrokartono seorang yang cerdas dan
mempunyai kemampuan membaca masa depan.
B. Sosrokartono adalah anak Bupatyi Jepara.
C. Sosrokartono
merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang meneruskan pendidikan ke negeri
Belanda.
D. Sosrokartono
adalah kakak dari ibu kita Raden Adjeng
Kartini.
21. Bacalah dengan saksama teks berikut!
Jarang sekali remaja yang mau menuliskan
pengalamannya pada buku harian. Padahal, bila remaja mau menuliskan pengalaman
yang didapatkan setiap hari, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis
baik fiksi dan nonfiksi. Pengalaman yang ditulis pada buku harian, suatu saat
dapat dikembangkan menjadi karya kreatif cerpen atau novel. Selain itu, dapat pula
dikembangkan menjadi pengalaman baru bagi remaja yang membacanya.
Pada usia remaja sedang berkembang pikiran dan
kemampuannya jangan sia-siakan pengalaman yang kalian dapat
setiap hari. Tulislah pada buku harian walau hanya garis besarnya. Gunakanlah waktu
luang untuk membaca dan merenungkan salah satu pengalaman tersebut dan uraikan
dalam bentuk fiksi atau nonfiksi.
Ringkasan
isi teks tersebut adalah...
A. Remaja
masih jarang yang menuliskan pengalamannya pada buku harian. Padahal,
pengalaman yang ditulis, dapat menjadi bahan bacaan bagi remaja lain.
B. Remaja
masih jarang yang menuliskan
pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman tersebut bisa menjadi
dasar menulis fiksi dan nonfiksi.
C. Remaja
yang menuliskan pengalamannya pada buku harian sudah semakin jarang padahal
pikiran dan kemampuan remaja sedang berkembang.
D. Remaja
hanya sesekali mau menulis pengalamannya pada buku harian. Padahal, remaja
mempunyai banyak waktu untuk menulis pengalamannya.
22. Bacalah dengan saksama kutipan fabel
berikut!
Pedagang yang merasa marah, kemudian membawa
keledainya tersebut ke pasar. Keledai tersebut dimuati keranjang yang sangat
besar berisi spons. Ketika mereka kembali tiba di tengah sungai, keledai
kembali dengan sengaja menjatuhkan diri. Namun, saat pedagang tersebut
membawanya ke pinggir sungai keledai menjadi sangat tidak nyaman karena harus
terpaksa menyeret dirinya pulang ke rumah dengan beban sepuluh kali lipat berat
sebelumnya.
Isi tersirat dalam teks fabel tersebut adalah ….
A. setiap hari keledai bekerja dengan sangat
berat
B. pedagang dan keledai saling bekerja sama
dengan baik
C. keledai bisa melaksanakan tugas dengan baik
D. pedagang ingin memberi pelajaran pada si
keledai
23. Bacalah dengan saksama kutipan cerita berikut!
Tersebutlah seorang anak Madura bernama Jaka
Tole. Karena kesaktiannya, ia berhasil menegakkan pintu gerbang Keraton
Majapahit. Jaka Tole seorang prajurit yang tangkas dan cekatan dalam memimpin
pasukan. Setiap pemberontakan terhadap Majapahit selalu berhasil ia padamkan
dengan tidak terlalu banyak memakan korban. Tidak aneh kalau Raja sangat sayang
kepadanya. Ia sering mendapat hadiah dari Raja.
Simpulan
isi dari teks tersebut adalah...
A. Jaka Tole berasal dari Madura.
B. Jaka Tole senang mendapat hadiah dari Raja.
C. Karena ketampanannya, Jaka Tole sangat
disayangi Raja.
D. Karena kesaktian dan ketangkasannya, Jaka
Tole sangat disayangi Raja.
24. Bacalah dengan saksama penggalan cerita berikut!
“Bagaimana
masalah uang sekolahmu?” tanya Mak sambil memegang surat peringatan dari sekolah
tentang tunggakan biaya pembangunan selama lima bulan.
“Bagaimana lagi Mak? Mak kan gak punya
uang. Gini aja Mak, buat kuenya yang banyak, kita jual ke pasar agar dapat uang
banyak pula,” hibur Ririn
“Tapi kan bisa rugi kalau tidak laku semua,
Rin....”
Sebab konflik penggalan teks tersebut adalah ...
A.
Jual kue di pasar tidak laku-laku.
B.
Jualan kue untuk membayar sekolah.
C.
Ririn mendapat surat peringatan dari sekolah
karena belum bayar uang pembangunan.
D.
Ingin membuat kue yang banyak, tetapi takut
tidak laku dijual ke sekolah.
25. Bacalah dengan saksama kutipan fabel
berikut!
Pedagang
yang merasa marah, kemudian membawa keledainya tersebut ke pasar.Keledai
tersebut dimuati keranjang yang sangat besar berisi spons.Ketika mereka kembali
tiba di tengah sungai, keledai kembali dengan sengaja menjatuhkan diri.Namun,
saat pedagang tersebut membawanya ke pinggir sungai keledai menjadi sangat
tidak nyaman karena harus terpaksa menyeret dirinya pulang ke rumah dengan
beban sepuluh kali lipat berat sebelumnya.
Akibat
konflik tersebut adalah ….
A.
Pedagang marah pada keledai yang menjatuhkan
bawaannya
B.
Keledai membawa beban spons yang awalnya
sangat ringan
C.
Keledai harus melewati sungai setiap kali
pergi ke pasar
D.
Keledai merasa tidak nyawan karena beban yang
dibawanya
26. Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!
(1) Dari
sekolah, seorang anak bisa mendapatkan bekal pengetahuan, yang bermanfaat
untuk membentuk karakter itu sendiri.
(2) Kesuksesan
yang dicapai seseorang tak bisa dilepaskan dari kualitas karakter pribadinya,
yang terbangun sejak lama.
(3) Salah satu
tempat yang bisa diandalkan dalam pembentukan karakter adalah sekolah.
(4) Pendidikan
karakter itu sendiri harus dimulai sejak dini.
(5)
Karakter seseorang yang telah terbentuk sejak
kecil bisa dijamin bahwa seseorang itu
dapat menhadapi segala macam tantangan hidup yang dialami.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks eksposisi jika disusun
dengan urutan ….
A.
1-2-3-4-5
B.
2-4-3-1-5
C.
1-5-4-3-2
D.
2-1-4-3-5
27. Perhatikan petunjuk
memakai bedak dingin berikut!
(1) Bersihkan wajah dengan air hangat!
(3) Keringkan dengan handuk lembut!
(2) Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!
(5) Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
(6) Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!
(4) [...]
(3) Keringkan dengan handuk lembut!
(2) Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!
(5) Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
(6) Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!
(4) [...]
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi teks prosedur tersebut adalah...
A. Ulangi sekali lagi langkah kedua!
B. Ratakan bedak agar tidak terkesan coreng-moreng!
C. Basuhlah dengan air hangat-hangat
secukupnya!
D. Siapkan handuk kering untuk menyeka bedak!
28. Perhatikan kutipan
ulasan berikut!
(1) Polemik ujian
nasional menjadi persoalan panjang. (2) Mahkamah Agung (MA) pernah mengeluarkan
putusan nomor 2596 K/PDT/2008 yang mengabulkan gugatan kelompok “korban unas”
agar pemerintah meningkatkan kualitas guru, sarana dan prasarana, akses
informasi di seluruh Indonesia sebelum mengeluarkan kebijakan unas. (3) ... (4)
Bahkan kegiatan ini seolah-olah mirip situasi darurat, karena melibatkan
pengawalan polisi sejak mencetak soal sampai penyelenggaraan unas.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut adalah...
A. Pemerintah menganggap ujian nasional
merupakan sesuatu yang sangat penting.
B. Para penggugat merasa puas atas putusan
Mahkamah Agung tersebut.
C. Akan tetapi ujian nasional tetap
dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.
D. Akhirnya pemerintah melaksanakan moratorium
ujian nasional.
29. Perhatikan kalimat
berikut!
Jalan-jalan di
kota besar perlu ... untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.
Kata bentukan
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....
A. diperluas
B. diperlebar
C. diperbaiki
D. diperpanjang
30. Perhatikan kalimat
berikut!
Hasil sawah
daerah rawa itu baik sekali, ... tidak semua orang berani menggarap tanah rawa
tersebut.
Konjungsi yang
tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....
A. padahal
B. walaupun
C. meskipun
D. akan
tetapi
31.
Perhatikan
kalimat berikut!
Di ... perumahan mewah, kami kesulitan menemukan kios ...
, padahal hari sudah beranjak sore.
Kata yang ejaannya tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A. kompleks;
fotokopi
B. kompleks;
foto kopi
C. komplek;
fotokopi
D. kompleks;
photo copy
32.
Perhatikan
kalimat berikut!
Yang sangat kita butuhkan adalah alat tulis (...) buku, pensil, penggaris, dan penghapus.
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
adalah ....
A. tanda hubung
(-)
B. titik koma (;)
C. koma (,)
D. titik dua (:)
33.
Cermati
kutipan teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Di
dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari
selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk
pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang
dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan buah mangga yang
cukup manis dan besar.
|
Kegiatan
transportasi harian relatif menimbulkan situasi amburadul. Mereka mau
berangkat kerja saja membutuhkan waktu yang berte-tele. Jalanan sumpek buthek dan udara kotor jadi langganan.
Ditambah lagi pengendara ngawur yang suka main serobot. Bahkan kadang umpatan
lamis keluar dari mulut mereka.
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut
adalah …
|
Teks I
|
Teks II
|
A
|
beragam
bahasa resmi
|
beragam
bahasa tidak resmi
|
B
|
beragam
bahasa tidak resmi
|
beragam
bahasa resmi
|
C
|
menggunakan
kata penghubung sebab
|
menggunakan
kata penghubung dan
|
D
|
menggunakan
kata penghubung dan
|
menggunakan
kata penghubung yang menguatkan
|
34.
Bacalah
dengan saksama kutipan resensi berikut!
Buku Tokyo Tower:
Antara Anak, Ibu dan Terkadang Ayah ini menceritakan perjuangan seorang ibu
dalam membesarkan anaknya dan perjuangan pemuda, bernama Mayasa, untuk
menemukan makna hidup dan bangkit dari keterpurukan untuk membahagiakan sang
Ibu. Karya Lily Franky ini memberikan arti fundamental tentang keluarga. Bagi
seorang anak yang ingin tahu cara berbuat baik pada kedua orangtuanya harus
membaca buku ini. Kandungan makna tentang beratnya perjuangan ibu dalam
membesarkan anaknya menggugah kita untuk terus berbakti kepada kedua orangtua,
terutama ibu. Sehingga kita mengetahui cara seorang anak berbuat baik kepada
kedua orangtuanya dan bisa memahami keputusan yang diambil mereka dalam
mengarahkan masa depan. Sayangnya buku ini lebih cocok untuk dibaca kalangan
dewasa karena masalah-masalah yang dibahas cenderung masalah kehidupan orang-orang
dewasa.
Berdasarkan kutipan resensi buku Tokyo Tower:
Antara Anak, Ibu dan Terkadang Ayah tersebut pernyataan yang berupa keunggulan
adalah...
A.
Buku tersebut hanya cocok untuk kalangan
dewasa saja.
B.
Mampu mengispirasi anak untuk berbakti pada
orangtuanya.
C. Memberikan
contoh realitas kehidupan kalangan remaja.
D. Menunjukkan
keberhasilan yang diraih setelah keterpurukan.
35.
Bacalah
dengan saksama kutipan resensi berikut!
Buku
Be Your Superself yang bertajuk
membangun potensi diri untuk menjadi seorang yang sukses ini membawa pembaca
untuk lebih mengenal potensi diri dan mengembangkannya menjadi
aset yang tidak didapati pada orang lain. Buku ini berisi tentang pengamatan
penulis dalam kehidupan nyata, penjabaran problem-problem dalam mencapai potensi
diri, menguatkan diri terhadap berbagai kegagalan yang terjadi, mengatasi
risiko terburuk, hingga menguak rahasia bagaimana membangun bisnis dengan
keahlian dan potensi diri. Selain itu buku ini juga menguak kesuksesan ‘Nick
Vujicic’ yang menjadi seorang yang sukses walaupun tak mempunyai anggota tubuh
yang lengkap. Buku ini mudah dipahami karena menggunakan bahasa sederhana.
Dalam buku ini terlalu banyak iklan dan promosi di bagian tengah dan akhir
buku.
Berdasarkan kutipan resensi tersebut, pernyataan yang
berisi kelemahan teks tersebut adalah...
A. Menampilkan
contoh kisah sukses orang anggota tubuhnya tidak lengkap.
B. Banyak
menggunakan ilustrasi iklan di bagian tengah dan bagian akhir buku.
C. Bahasa yang
digunakan dalam buku tersebut cenderung sederhana sehingga terkesan dangkal.
D. Menyulitkan
pembaca dalam menemukan potensi dan keunggulan diri.
36.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Aktivitas belajar bukanlah suatu kegiatan
yang dilakukan tanpa pengaruh dari faktor lain. Aktivitas belajar merupakan
kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga. Belajar tidak akan pernah
dilakukan tanpa suatu dorongan yang kuat, baik dalam dirinya, yang lebih utama
maupun dari luar sebagai upaya lain yang tidak kalah pentingnya. Faktor lain
yang mempengaruhi aktivitas belajar seseorang itu dalam pembahasan ini disebut
motivasi. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktivitas
belajar siswa. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada
motivasi, berarti tidak ada
kegiatan
belajar.
Komentar yang tepat sesuai isi kutipan teks tersebut
adalah ...
A. Ada dua hal
yang harus diperhatikan dalam belajar, yaitu dorongan dari diri
sendiri
dan orang lain.
B. Motivasi dan
semangat dapat mengalahkan kemalasan dalam belajar.
C. Kemauan diri
yang kuat untuk belajar dapat mengalahkan motivasi dari luar dirinya.
D. Motivasi
merupakan kunci utama yang mempengaruhi seseorang untuk belajar.
37.
Bacalah
kutipan teks cerpen berikut!
Cerpen I
|
Cerpen II
|
Detak yang lamban. Seperti kemarin juga. Serupa
sebelum-sebelumnya jua. Pukul dua belas tengah malam. Angin menusuk gigil.
Mencucuk sumsum dan tulang. Aku memasang jaket dan beranjak meninggalkan
rumah. Menuju jantung kota kecilku, sekaligus menceburkan diri ke dalam
malam. Berjalan di atas lintasan trotoar yang menenggelamkanku ke ruang-ruang
lengang melenakan.
Kuingat kata-kata ibu sore tadi. Di beranda tempat
kami bisa minum teh seraya menyaksikan kelopak-kelopak mawar. Bercerita dan
bersenda sambil menunggu senja tiba. Namun, sore kali ini menjadi lain.
Setelah aku bercerita panjang, akhirnya ibu berkata keras kepadaku seolah-
olah saja ia sedang disengat kalajengking.
|
Jajaran pohon bambu di belakang
rumah hanya kelihatan pucuk-pucuknya dari ruang kerja yang dibuat di lantai
dua. Ini untuk melukiskan, bagaimana rumah mereka berada di atas tanah dengan
tekstur berbukit, di mana beberapa sisi kemudian terlihat sebagai pemandangan
yang letaknya di bawah. Di seberang sana, lembah dan gunung-gunung. Tempat
tinggal mereka seolah mengapung di udara dan memang
begitulah rancangan sahabatnya, lulusan sekolah arsitektur terkemuka di
Inggris. Sahabat itu sebelumnya sampai mendesak, ingin tahu lebih tegas lagi
segi-segi hubungan dia dengan sang istri (karena itu segi paling penting
untuk mengonfigurasi tempat tinggal katanya), kebiasaan serta irama
keseharian mereka, sampai impian bahkan impian yang boleh jadi berada di
balik kehidupan yang nyata, fana.
|
Perbedaan pengunaan pola pengembangan kedua teks cerpen
tersebut adalah ....
|
Cerpen I
|
Cerpen II
|
A
|
kapan,
apa
|
di mana,
apa
|
B
|
kapan, di
mana
|
di mana,
mengapa
|
C
|
mengapa,
apa
|
apa,
mengapa
|
D
|
di mana,
mengapa
|
kapan, di
mana
|
38.
Bacalah
kutipan teks cerpen berikut!
Cerpen I
|
Cerpen II
|
Setiap orang yang sedikit banyak
kenal politik di seluruh dunia mengernyitkan keningnya, karena dendam, karena
kuatir, karena marah. Tapi Pak Kusno tersenyum senang pada hari itu. Ia telah
berhasil, apa yang disangkanya semula sesuatu yang tidak bisa, membelikan
Kusno sebuah celana pendek.
Pada
waktu itu Kusno berusia 14 tahun. Baru tamat sekolah rakyat. Sekarang hendak
melamar pekerjaan. Dan dengan celana baru, rasanya baginya segala pekerjaan
terbuka.
Ia akan membuktikan kepada ayahnya, bahwa ia adalah anak-anak yang tahu membalas guna. Pendek kata, keluarga Kusno pada hari itu bergirang hati seperti belum pernah sebelum itu. Dan kabarnya tentang Pearl Harbour tidak bergema sedikit pun juga dalam hati orang sederhana itu. |
Tadi pagi aku ngamuk. Rasanya ini
amukanku yang terdahsyat sepanjang sejarah. Kesel banget. Sumbernya, yah, siapa lagi kalau
bukan si Ijah. Itu pembantu baru yang suka bikin takjub orang serumah.
Bayangkan saja, makalah yang sudah setengah mati kubuat, seenaknya saja
dibuang ke tempat sampah. Dia tidak tahu betapa besarnya pengorbananku untuk
membuat makalah itu. Tiga malam nyaris tidak tidur, bahkan, sinetron yang
setiap Minggu malam selalu kunantikan kehadirannya, kali ini terpaksa aku cuekin.
Eh, ... tahu-tahu hasil kerja kerasku dilempar ke tempat sampah. Gimana
aku tidak kesal. Biar kamarku berantakan kaya kapal pecah, juga nggak apa-apa
asal kertas-kertas berhargaku aman. Ijah, Ijah, kamu kira gampang bikin
makalah, segampang bikin sambal terasi?
|
Perbedaan pengunaan bahasa pada kedua teks cerpen tersebut
adalah ....
|
Cerpen I
|
Cerpen II
|
A
|
menggunakan
bahasa yang mudah dipahami
|
menggunakan
bahasa yang mudah dipahami
|
B
|
menggunakan
bahasa yang sulit dipahami
|
menggunakan
bahasa yang mudah dipahami
|
C
|
menggunakan
bahasa baku
|
menggunkan
bahasa tutur
|
D
|
banyak
menggunakan majas
|
banyak
menggunakan ungkapan
|
39.
Bacalah
kutipan teks cerpen berikut dengan saksama!
(1) Angin bertiup lembut menyejuk, cuaca
terang cemerlang diterpa sinar Sang Rembulan. (2) Bintang bertaburan laksana
permata yang berserakan dalam permadani biru. (3) Di sana di laut lepas, di
tengah samudera raya, melancarkan dengan tenangnya sebuah biduk nelayan yang
sedang mengadu untung, karena mereka mencari nafkah jauh di tengah segara yang
penuh mara bahaya. (4) Bila laut mengamuk, topan mengganas, ditingkah dengan
halilintar menyambar sambung-menyambung, maka segenap jiwa raganya diserahkan
kepada Tuhan semesta alam. (5) Mereka tak kenal jemu, pantang surut, haram
baginya pulang dengan membawa tangan hampa.
Bukti latar
tempat dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A.
(1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
40.
Bacalah
teks fabel berikut dengan saksama!
(1) Sang anjing terus mengejarnya, meskipun kelinci itu semakin menjauh dari
jarak sang anjing. (2)
Namun, sang anjing tidak menyerah
begitu saja. (3) Anjing itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti
sehingga dia berusaha mengejar sang kelinci tanpa kelelahan. (4) Meskipun demikian sang kelinci yang sangat cepat
melompat menghindari kejaran anjing itu membuat anjing kehilangan jejaknya. (5) Anjing berusaha mengendus-ngendus bau sang kelinci dan
menemukan kelinci. (6)
Kini dia mengejarnya lebih cepat
dari sebelumnya tetapi sang kelinci itu tidak dapat dia kejar hingga akhirnya
anjing menyerah dan tidak melakukan pengejaran terhadap kelinci itu lagi.
Berdasarkan kutipan teks fabel tersebut, sikap semangat
untuk mempertahankan hidup terdapat pada kalimat bernomor....
A.
(1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
41.
Bacalah
kutipan teks cerpen berikut!
Kakak terus tidur di beranda, tak bergerak-gerak seperti
bayi. Napasnya lunak. Kulitnya bersih. Putih. Apa gerangan terlintas di
pikirannya sehingga mukanya begitu bersih dan tenang? Apakah dalam tidurnya dia
bertemu ayah? Di antara kami kakak paling dekat dengan ayah. Barangkali karena
perempuan, putri sulung; tapi tangannya campin pula, terampil-cekatan menangani
rumah. Ayah bangga dengannya, berharap kakak jadi guru tamat SGA. Sedangkan Kak
Lela diharapkan menjadi perawat, kalau cukup biaya.
”Kakek-nenek kalian guru. Mestinya ayah
juga. Tetapi malah juru-api kereta api.” Ayah tertawa suatu ketika. ”Syukur ada
kakak kalian, ya?” Kami mengangguk, turut bangga walaupun kakak waktu itu baru
kelas satu Sekolah Guru Atas.
Berdasarkan kutipan cerpen tersebut, watak tokoh kakak
yang patut menjadi teladan adalah ...
A. Mencermati
dari tidurnya yang nyenyak, membuktikan bahwa tokoh kakak adalah sosok yang
lembut.
B. Tokoh
kakak memang layak menjadi perawat, karena terampil dan cekatan mengurus rumah.
C. Tokoh
kakak adalah sosok yang penurut, cekatan, dan dapat membimbing adik-adiknya.
D. Kakak
merupakan sosok pekerja keras, tidak mengenal putus asa, tetapi berperangai
lembut.
42.
Perhatikan
kalimat berikut!
Saat ini pemerintah daerah berlomba-lomba membangun objek wisata baru guna mendongkrak
pendapatan daerah.
Kata lain yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak
miring pada teks tersebut adalah ....
A. destinasi
B. lokasi
C. sarana
D. prasarana
43.
Perhatikan
kalimat berikut!
Penyusunan
laporan itu saya dibantu oleh para guru.
Kalimat tersebut
akan menjadi kalimat yang efektif jika diganti menjadi...
A. Pada laporan saya, penyusunannya dibantu para
guru.
B. Dalam menyusun laporan itu, saya dibantu
oleh para guru.
C. Para guru, penyusunan laporan itu atas
bantuannya.
D. Atas bantuan para guru, laporan itu dapat
disusun.
44.
Perhatikan
data laporan berikut!
Nama kegiatan : Lomba
kebersihan
Tempat
kegiatan : SMP Mekar Jaya
Hari,
tanggal
: Sabtu, 15 Oktober 2016
Waktu
: 08.00-11.00
Peserta :
Seluruh kelas
Pemenang : Juara 1
kelas 7A, juara 2 kelas 7C, juara 3 kelas 9D
Pembagian hadiah : Senin, 17
Oktober 2016 saat upacara
Berdasarkan data tersebut, teks laporan yang
tepat adalah...
A. Di
SMP Mekar Jaya telah diadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa
mengikuti ulangan tengah semester ganjil. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah
yang diserahkan pada saat upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016.
Pemenang lomba yaitu, juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara 3 kelas 9
D. Lomba diikuti oleh seluruh kelas, yaitu kelas 7 sampai kelas 9. Lomba
dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan
pukul 11.00. Lomba berjalan tertib sesuai dengan yang diharapkan.
B. Di
SMP Mekar Jaya mengadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa
mengikuti ulangan tengah semester ganjil. Lomba diikuti oleh seluruh kelas,
yaitu kelas 7 sampai kelas 9. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober
2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00. Lomba berjalan tertib sesuai
dengan yang diharapkan. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan
pada saat upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016. Pemenang lomba
yaitu, juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara 3 kelas 9 D.
C. SMP
Mekar Jaya mengadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa mengikuti
ulangan tengah semester ganjil. Lomba diikuti oleh seluruh kelas, yaitu kelas 7
sampai kelas 9. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 mulai pukul
08.00 sampai dengan pukul 11.00. Lomba berjalan tertib sesuai dengan yang
diharapkan. Pemenang lomba yaitu, juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara
3 kelas 9 D. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan pada saat
upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016.
D. SMP
Mekar Jaya telah mengadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa mengikuti
ulangan tengah semester ganjil. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang
diserahkan pada saat upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016. Lomba
diikuti oleh seluruh kelas, yaitu kelas 7 sampai kelas 9. Lomba dilaksanakan
pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00.
Lomba berjalan tertib sesuai dengan yang diharapkan. Pemenang lomba yaitu,
juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara 3 kelas 9 D.
45.
Perhatikan
teks berikut!
Cara Mematikan Komputer
(1) Tutup semua program atau aplikasi
yang sedang aktif
(2) Klik tombol “start”
(3) Klik menu “shut down”
(4) Tunggu beberapa saat hingga komputer mati.
(5) Tekan tombol “off” pada monitor untuk mematikan monitor
(6) Cabut kabel listrik dari jala-jala
listrik
Teks prosedur tersebut jika diubah menjadi teks
eksposisi, yaitu...
A. Cara mematikan komputer. Pastikan
sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kalau Kemudian
klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse
atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut
down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah
kemudian cabut listrik dari colokannya.
B. Komputer yang sudah tidak
dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak
boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan
komputer yang benar yaitu, klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah
layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard.
Pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif.
Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar
komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.
C. Komputer yang sudah tidak
dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Kalau kita memaksakan
mematikan komputer padahal masih ada aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan
hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut hilang. Mematikan komputer tidak boleh
sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan
komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi
yang masih aktif. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah
layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard.
Selanjutnya klik menu “shut down”. Barulah kemudian cabut listrik dari
colokannya.
D. Komputer yang sudah tidak
dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak
boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan
komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi
yang masih aktif. Kalau kita memaksakan mematikan komputer padahal masih ada
aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut
hilang. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor
dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya
klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer
sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.
46.
Perhatikan teks berikut!
(1) Tidak
semua orang memiliki lahan yang luas untuk membangun rumah. (2) Keterbatasan
area tersebut justru menjadi sebuah tantangan agar menciptakan hunian mungil
dan indah. (3) Pewarnaan cat ruang dan interior menjadi kunci utama dalam
menciptakan rumah yang nyaman untuk ditempati. (4) Tak beda halnya dengan
mendesain kamar tidur atau dapur, walaupun hanya memilki space yang sempit kita harus tepat dan cermat memperhatikan detail
ruangan tersebut agar terasa lebih luas.
Kalimat bernomor (3) menjadikan paragraf tersebut tidak
padu. Agar paragraf tersebut padu, maka perbaikan kalimat bernomor (3) yang
tepat adalah...
A. Warna cat pada
ruangan harus mengesankan seolah-olah lahan tersebut luas.
B. Desain penataan
ruang dan interior harus memperhatikan luas lahan yang dimiliki.
C. Penataan ruang
dan interior harus mengesankan lahan yang luas.
D. Pemilik
rumah harus benar-benar orang yang dapat merancang hunian yang sesuai dengan
luas lahan.
47.
Perhatikan
kalimat berikut!
Para hadirin dimohon untuk berdiri.
Penggunaan kata “para” pada kalimat tersebut tidak tepat
karena ...
A. Kata “para” seharusnya dihilangkan dan
diganti dengan kata “kepada” karena ditujukan pada hadirin.
B. Kata
“para” seharusnya dihilangkan dan diganti dengan kata “semua” karena ditujukan
kepada semua yang hadir..
C. Kata
“para” sudah menunjukkan jamak, demikian juga kata “hadirin”.
D. Kata
“para” memiliki makna yang sama dengan kata “hadirin”.
48.
Perhatikan
kalimat berikut!
Saudara dipersilahkan
meninggalkan ruang ini setelah memperoleh ijin
dari Panitia.
Penulisan ejaan kata yang bercetak miring yang benar
adalah....
A. dipersilakan
– izin - panitia
B. disilahkan
– ijin - Panitia
C. disilakan
– izin - panitia
D. dipersilahkan
– izin - panitia
49.
Perhatikan
kalimat berikut!
Malam makin
larut - pekerjaan belum selesai juga.
Perbaikan tanda
baca kalimat tersebut yang benar adalah ...
A. Malam makin larut - pekerjaan belum selesai juga.
B. Malam makin larut, pekerjaan belum selesai juga.
C. Malam makin larut; pekerjaan belum selesai juga.
D. Malam makin larut: pekerjaan belum selesai juga.
50.
Perhatikan
kalimat berikut!
Alangkah merdunya suara seruling itu!.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat
tersebut adalah...
A. Tanda
baca seru (!) pada kalimat tersebut membingungkan karena kalimat tersebut sudah
diakhiri dengan tanda titik (.).
B. Tanda
baca titik (.) merupakan tanda baca untuk mengakhiri kalimat, sehingga tanda baca
seru (!) tidak diperlukan.
C. Tanda
titik (.) seharusnya diganti tanda baca seru (!) sehingga ada dua tanda baca
seru yang menunjukkan kesungguhan.
D. tanda
baca titik (.) seharusnya dihilangkan sehingga tinggal tanda baca seru (!)
karena kalimat tersebut berupa seruan yang menggambarkan kesungguhan dan
sekaligus sebagai tanda akhir kalimat.
EmoticonEmoticon