SOAL TEKS TANGGAPAN
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan
cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1)
Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan
sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih
alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada
lukisan, dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung, tetapi inti dari
lukisan, yang menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam.
(2) Ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini
istimewa.
(3)
Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan matahari sebagai
bagian dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak
unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi di balik matahari. Tampak
dalam lukisan matahari tidak di balik bukit, tetapi di atas bukit dan menutupi
bukit. (4) Keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut
pandang dia dalam berekspresi, di mana kualitas imajinasinya sebagai seorang
pelukis maestro ternama.
1.
Teks tanggapan tersebut
menanggapi ....
A. Lukisan Affandi “Kebun Cengkeh” C. Lukisan Affandi mendunia
B. Pelukis Affandi D. Affandi sang Maestro
2.
Bagian
penilaian pada teks tanggapan
tersebut ditunjukkan dengan nomor
...
A. (1) dan (2) C.
(1) dan (3)
B. (2) dan (3) D. (2) dan (4)
3.
Strukur
teks tanggapan yang benar berikut ini adalah
...
A. Konteks, deskripsi, kesimpulan C. Konteks, tanggapan, kesimpulan
B. Deskripsi, tanggapan, konteks D. Konteks, deskripsi, penilaian
4.
Kalimat pujian yang tepat berikut ini adalah ...
A. Kamu hebat untuk ukuran orang udik.
B. Tidak ada orang gunung yang sepintar kamu.
C. Tuh kan kamu terlihat cantik kalau berdandan.
D. Kamu tampak lebih ceria jika memakai baju itu.
5.
Kalimat yang menunjukkan sikap apresiatif saat menerima
pujian adalah ...
A. Ah, itu bukan apa-apa, orang lain lebih bagus
dari saya.
B. Ah, kamu main-main, jangan bercanda.
C. Terima kasih; ucapan yang memotivasi saya.
D. Masak sih,
saya ini payah.
Bacalah teks
berikut untuk soal nomor 6 s.d. 9!
(1) Karya Arsono berjudul “Lingkaran” (1995) ini,
merupakan ungkapan jiwa terdalam seniman yang dimunculkan sebagai penghayatan
pada nilai-nilai murni dari suatu karakter bentuk. Ekspresi kepadatan bentuk
bola itu terbangun dari medium besi dengan karakter yang kuat. Warna yang
berupa pamor gurat-gurat pijar api merujuk motif alam dengan sifat yang keras
dan dramatis.
(2) Arsono adalah salah satu pematung lulusan Akademi
Seni Rupa Indonesia (ASRI), yang tumbuh sesudah masa paradigma estetik
kerakyatan mulai melemah. Bersama dengan beberapa seniman lain, ia menjadi
pembuka jalan formalisme dalam dunia patung moderen Indonesia. Namun demikian,
sebagaimana yang terjadi di belahan dunia non barat yang lain, maka modernisme
dan formalisme di Indonesia masih diupayakan untuk diikatkan dengan nilai-nilai
tradisi.
(3) Oleh karena itu, dalam karya ini dapat dilihat
upaya seniman untuk memanfaatkan unsur-unsur bentuk tradisi seperti pamor keris
sebagai unsur dalam bentuk patungnya. Upaya demikian merupakan pemanfaatan
nilai-nilai lambang keadiluhungan tradisional, yang sebenarnya merupakan
anomali dalam seni modern.
(4) Dengan latar belakang paradigma estetik ini,
Arsono mampu mengolah media logam dan karakternya sebagai manifestasi nilai
spiritualitas yang bersumber dari nilai-nilai tradisi. Dalam
karya ini dapat dilihat makna simbolis dari bentuk dasar lingkaran besi yang
mempunyai esensi sebuah proses pencarian jati diri yang kuat tiada henti.
(3) Melihat idiom visual dan judul yang mengungkapkan
makna secara denotatif, karya ini secara murni ingin mengungkapkan keindahan
dan kekuatan bentuk.
6.
Struktur teks tanggapan yang
memuat konteks karya terdapat pada paragraf ke-....
A. 1 C.
3
B. 2 D.
4
7.
Deskripsi pemahat patung
lingkaran, dinyatakan pada paragraf ke-...
A. 1 C.
3
B. 2 D.
4
8.
Apakah yang akan diungkap oleh Arsono
lewat karyanya?
A. pamor berupa
gurat-gurat pijar api C.
tradisi pamor keris
B. semangat
kerakyatan yang melemah D. keindahan, kekuatan bentuk, dan jati diri
9.
Kesalahan ejaan pada paragraf
kedua adalah ....
A. modernisme –
formalisme C.
formalisme - modern
B. moderen
– non barat D.
estetik - seniman
Bacalah teks
berikut untuk menjawab soal nomor 10 s.d. 12!
Siswa
dan Sarapan
Sarapan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama siswa.
Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang tidak sarapan. Saat tiba di sekolah
para siswa beramai-ramai mengunjungi kantin sekolah. Para siswa membeli
berbagai makanan yang tersedia di kantin. Beberapa siswa ada yang membeli
gorengan, nasi, mie instan,atau minuman softdrink. Aktivitas tersebut mereka
lakukan secara rutin setiap hari. Fenomena ini mungkin telah menjadi kebiasaan.
Namun, apakah kebiasaan tersebut baik bagi tubuh kita?.
Tahukah siswa bahwa mereka berangkat ke sekolah
mempunyai tujuan utama, yakni belajar. Proses belajar memerlukan aktivitas
otak. Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan
baik. Kinerja otak yang tidak baik akan memengaruhi proses belajar. Ada
perbedaan sikap dan kesiapan antara siswa yang telah sarapan dengan yang belum
sarapan. Siswa yang telah sarapan cenderung lebih tenang. Akan tetapi, siswa
yang belum sarapan terlihat gelisah dan tidak siap menerima materi pelajaran.
Wajahnya terlihat lesu dan kurang bersemangat.
Penelitian menunjukkan siswa yang rutin sarapan
memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding siswa yang berangkat
dari rumah dengan perut kosong. Menu sarapan sebaiknya tidak berlebihan. Menu
sarapan yang bisa dikategorikan sebaga bahan bakar otak adalah kaya serat,
mengandung karbohidrat dan vitamin. Makanan dengan kadar serat tinggi dan
rendah gula akan dicerna dengan lambat sehingga menyediakan energi yang konstan
dan tidak cepat lapar. Sarapan memiliki fungsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi
tubuh. Sarapan juga dapat menurunkan berat badan.
Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan
menjadi pola disiplin untuk sarapan. Kesiapan fisik siswa harus dijaga dalam
keadaan baik. Fisik yang prima akan memberikan dampak yang baik bagi prestasi
dalam belajar. Prestasi belajar yang cemerlang merupakan jalan untuk meraih
kesuksesan.
Disadur dari: http://daunsimpor.blogspot.co.id/2015/10
10.
Tujuan teks tanggapan tersebut adalah ....
A. Mengajak
siswa untuk belajar
B. Mengajak
siswa beramai-ramai mengunjungi kantin di pagi hari
C. Memberikan informasi menu sarapan yang baik adalah yang kaya
serat, mengandung karbohidrat, dan vitamin.
D. Memberikan informasi pentingnya sarapan bagi siswa sebelum
berangkat ke sekolah
11.
Paragraf kedua dan ketiga pada teks tanggapan tersebut
menunjukkan bagian ....
A. klasifikasi C.
penilaian
B. deskripsi D.
konteks
12.
Struktur teks tanggapan yang berisi penilaian terdapat
pada paragraf ke-….
A. 1 C.
3
B. 2 D. 4
13.
Perhatikan teks berikut!
(1) Film Sintren merupakan film yang mengangkat
kehidpan masyarakat pesisir pantai utara. (2) Ceritanya sederhana, tapi
terkesan wah. (3) Sutradara memilih pemain-pemain dari alam, artinya bukan
aktris dan actor terkenal. (4) sehingga film ini Nampak seperti kehidupan
nyata. (5) Ada beberapa hal yang mengganggu, misalnya adegan Sarinah yang
menjadi Sintren nampak seperti dibuat-buat. (6) selebihnya adegan itu lucu dan
alami.
Hal
yang menyatakan bagian penilaian kelemahan terdapat pada kalimat ….
A. 2 C.
4
B. 5 D. 5
14.
Perhatikan teks berikut ini!
[....]. Meskipun pelukis masih junior, tetap menjadi
topik pembicaraan kalangan seniman yang menonton di sana.
Pujian
yang sesuai untuk melengkapi ilustrasi tersebut adalah …
A. Tidaklah mudah menciptakan karya sastra
bernilai dan bermutu.
B. Bagus sekali pameran karya seninya.
C. Karya seni lukis yang dipajang di dinding
pameran itu sangat menarik dilihat dari pewarnaannya.
D. Perpaduan
unsur modern dan tradisional membuat patung ini begitu istimewa.
15.
Kalimat pujian terhadap suatu produk terdapat dalam
kalimat …
A. Mesin cuci
merk “Total” dapat mencuci pakaian.
B. Daya listrik kecil, tetapi sinar terang
benderang.
C. Gambar
televisi kurang jernih sehingga tidak nyaman dilihat.
D. Udara AC
dingin sedingin kutub utara.
16.
Berikut ini merupakan kalimat kritik adalah ….
A. Wah, begitu indahnya Indonesia, negeri yang
kaya akan kekayaan alam. Banyak hewan dan tumbuhan yang langka tinggal di sini.
B. Kalian memang pasangan yang amat serasi,
saling melengkapi satu sama lain.
C. Orang tua hendaknya jangan melepas begitu
saja anak-anak mereka. Orang tua harus mendampingi putra-putrinya dalam
menonton acara televisi, mengingat banyak tayangan TV yang tidak patut ditonton
apalagi dicontoh putra-putri
D. Ibu, kau
memang malaikatku. Kasih sayangmu tak terbalas oleh dunia.
17.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Menentukan tema
(2) Menyusun kerangka karangan yang terdiri atas
kalimat-kalimat
(3) […]
(4) Mencermati kembali isi teks tanggapan
Pernyataan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang
langkah-langkah menulis teks tanggapan adalah ….
A. Memilih
kalimat-kalimat yang tepat
B. Menyusun
kalimat dengan kata-kata sendiri
C. Menggunakan
kalimat yang efektif
D. Menyusun dan menggabungkan kalimat sehingga
menjadi teks runtut.
18.
Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
(1) Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh
terhadap anak dan lingkungannya.
(2) Kesehatan mata,kebugaran fisik, dan pola
hidup sehat juga menjadi dampak yang tidak dapat dihindari jika anak-anak
terlslu menghabiskan waktu untuk bermain game
on line.
(3) Banyak anak menghabiskan waktu di depan
komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game
on line.
(4) Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan,
termasuk perkembangan game
on line di internet.
(5) Oleh karena itu,banyak di antara mereka
mengabaikan kehidupan nyata.
(6) Anak yang bermain game
on line secara berlebihan
dapat membuat anak menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya.
(7) Game on line dapat
menimbulkan kekerasan, kekejaman,dan tindakan lain yang sebenarnya tidak
disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
Susunan kalimat
acak tersebut sehingga menjadi teks tanggapan runtut dan padu adalaH ....
A. (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7) C. (5), (6), (7),
(3), (5), (1), (2)
B. (4), (7), (3),
(6), (5), (1), (2) D.
(4), (7), (6), (3), (5), (1), (2)
Bacalah teks tanggapan berikut untuk menjawab soal
nomor 19 dan 20!
(1) Kebun kelapa sawit memang menjanjikan
untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa
sawit. Tetapi apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan
Lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.
(2) Kebakaran hutan menjadi fenomena yang
tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatera
dan Kalimantan. Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai
ke negara lain. Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat
kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi. Namun disisi lain perluasan
perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan semakin luas. Tetapi
keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan
dua pihak.
(3)
Penyelidikan mengenai salah satu faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan
secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan
baru sehingga peran pemerintah dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia
internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan
eksplorasi hutan di Indonesia.
(4)
Alhamdulillah keluhan ini sudah ditanggapi oleh pemerintah dengan mengeluarjkan
berbagai aturan dan payung hukum dalam mengatasi kerusakan lingkungan dan
sanksi bagi yang melakukan pelanggaran. Dengan demikian kebijakan ini bisa
memberikan keuntungan bagi semua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi
penduduk dan alam.
(5) Sikap
tegas dari pemerintah ini merupakan langkah positif untuk mengatasi pelaku
kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas
terhadap pengusaha perkebunan sawit sehingga semua bisa berjalan secara
seimbang dan berkesinambungan.
19.
Berdasarkan strukturnya, bagian
deskripsi pada teks tanggapan tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) C.
(3) dan (4)
B. (2) dan (3) D
(4) dan (5)
20.
Berdasarkan strukturnya, bagian
penilian pada teks tanggapan tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) C.
(3) dan (4)
B. (2) dan (3) D
(4) dan (5)
Bacalah teks berikut untuk menjawab
soal nomor 21 dan 22!
(1) Kegiatan apel pagi diselenggarakan sebelum pelajaran
dimulai. (2) Kegiatan ini cukup baik agar siswa selalu rajin datang lebih awal
di sekolah dan siswa terbiasa disiplin. (3) Namun, kegiatan ini kadang
dikeluhkan terutama siswa yang domisilinya jauh dari sekolah. (4) Oleh karena
itu, siswa perlu diyakinkan tentang pentingnya bangun pagi.
21.
Kalimat yang
menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (1) C.
(3)
B. (2) D. (4)
22.
Kalimat tanggapan
yang tidak padu pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1) C.
(3)
B. (2) D.
(4)
23.
Bacalah teks berikut!
Anak usia di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor
hingga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas tidak hanya terjadi di Jakarta,
tetapi juga di beberapa daerah. Di beberapa daerah, anak SMP sudah diizinkan
orang tuanya mengendarai sepeda motor ke sekolah. Terutama ketika mengikuti
kegiatan di luar jam sekolah. Padahal dari sisi usia mereka belum berhak
memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
Kalimat utama pada paragraf
tersebut terdapat pada kalimat .…
A. (1) C.
(3)
B. (2) D.
(4)
24.
Bacalah kutipan teks tanggapan berikut!
Dalam upaya pencegahan pencemaran
udara, hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon
sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh hutan dalam waktu delapan jam. Komplek
industri yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia
ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang
mengelilingi kawasan industri tersebut.Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang
diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara
walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. Pohon
memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri
besar.
Ide pokok paragraf tersebut adalah
….
A. pencegahan pencemaran C. penyelamat
lingkungan
B. kemampuan hutan D.
populasi gas ozon
Bacalah paragraf berikut untuk
menjawab soal nomor 47 dan 48!
(1) Anak-anak perlu memperoleh bimbingan penggunaan
internet secara sehat. (2) Ini dimaksudkan agar anak-anak tidak tergiur dengan
janji-janji manis teman-temannya di jejaring sosial. (3) Penggunaan internet
sehat juga dimaksudkan agar tidak terjadi kasus negatif bagi anak-anak. (4)
Kasus negatif terjadi karena lemahnya pengetahuan daripada penggunaan internet
secara sehat. (5) Sebaiknya, sekolah bisa menambahkan ekstrakurikuler mengenai
cara penggunaan teknologi secara sehat agar mereka memiliki pengetahuan dan
bukan larangan.
25.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah
...
A. Perlunya ekstrakurikuler untuk mencegah dampak negatif jejaring
sosial.
B. Majunya teknologi infomatika membawa dampak bagi keselamatan
anak-anak.
C. Anak perlu
diberi bimbingan internet sehat agar terhindar dari hal yang negatif.
D. Banyak anak yang menjadi korban akibat pengetahuan intenet yang
tidak sehat.
26.
Perbaikan
terhadap kalimat nomor (4) pada teks tersebut yang tepat adalah ....
A. Kasus negatif terjadi karena lemah pengetahuannya akan penggunaan
internet secara sehat.
B. Kasus
negatif karena lemahnya pengetahuan akan penggunaan internet secara sehat,
telah terjadi.
C. Kasus negatif
terjadi karena lemahnya pengetahuan pada penggunaan internet secara sehat.
D. Kasus negatif terjadi karena lemahnya pengetahuan tentang
penggunaan internet secara sehat.
27.
Bacalah kutipan teks tanggapan berikut!
Membaca cerita-cerita yang ditulis oleh Hary B. Koriun,
kita pasti akan menemukan gaya penulisan dan tema yang khas. Baik dalam cerita
pendek maupun novel, tema kepenulisan Hary tidak jauh dari persoalan asmara yang
dikerucutkan lagi kepada kesetiaan. Bukan tema perselingkuhan yang kini banyak
disergap beberapa novelis terkemuka. Namun karena arus cerita mengalir dengan
indah maka pembaca akan menemukan kekuatan narasi, sehingga pembaca akan
terbuai dengan menjelajahi alinea demi alinea. Satu hal lagi yang akhir-akhir
ini mewarnai cerita-cerita Hary, adalah persoalan lingkungan, terutama hutan
dan sungai.
Masalah yang diungkapkan dalam
teks tersebut adalah…
A. Tema penulisan Hary berkisar pada persoalan
Asmara, kesetiaan atau perselingkuhan yang sedang yang sedang marak digandrungi
para penulis terkemuka.
B. Cerita yang ditulis oleh Hary B. Koriun,
memiliki gaya penulisan dan tema yang khas dan disukai berbagai kalangan,
terutama dalam sajiannya.
C. Bila cerita mengalir dengan indah maka
pembaca akan menemukan kekuatan narasi.
D. Kepenulisan Hari B. Koriun berkisar pada
persoalan asmara baik dalam cerita pendek maupun novel dan persoalan
lingkungan.
28.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Situs
purbakala di kawasan Kota Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi terbengkalai.
Rumput ilalang tumbuh subur di kawasan itu. Makam-makam kuno peninggalan masa
kerajaan Aceh yang dibuat sekitar abad ke-17 dan ke-18 berserak tak terurus.
Banyak yang tidak utuh dan terbelah. Sebagian batu nisan berkaligrafi musnah
terbawa tsunami atau diambil orang. Manuskrip batu nisan berserakan dan tak
diketahui lagi posisi awalnya. Padahal, tulisan kaligrafi pada nisan itu
mempunyai pesan dan/atau teks sejarah yang berguna.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
A. Semua makam kuno
di banda Aceh musnah karena terbawa tsunami.
B. Pemerintah
diharapkan segera mengumpulkan lagi peninggalan yang ada.
C. Kompleks makam
yang hilang direnovasi kembali oleh pemerintah .
D. Tulisan kaligrafi
pada nisan berisi data diri yang meninggal.
29.
Bacalah dengan saksama teks
berikut!
Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan
bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi
masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan.
Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung
Paragraf tersebut, dalam struktur
teks tanggapan adalah bagian ....
A. konteks C.
deskripsi penulis
B. deskripsi karya D. penilaian
30.
Bacalah dengan saksama teks
berikut!
Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan
tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu
tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan
melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis
sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak
jika mereka bermain game online tidak
secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan
remaja kita.
Teks tersebut merupakan jenis ...
A. eksemplum C. tanggapan
B. eksposisi D.
deskripsi
EmoticonEmoticon