Soal Teks Tanggapan

 

SOAL TEKS TANGGAPAN

 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d.

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

(1) Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan, yang menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam. (2) Ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa.

(3) Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan matahari sebagai bagian dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi di balik matahari. Tampak dalam lukisan matahari tidak di balik bukit, tetapi di atas bukit dan menutupi bukit. (4) Keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang dia dalam berekspresi, di mana kualitas imajinasinya sebagai seorang pelukis maestro ternama.

 

1.         Teks tanggapan tersebut menanggapi ....

A.   Lukisan Affandi “Kebun Cengkeh”             C. Lukisan Affandi mendunia

B.    Pelukis Affandi                                             D. Affandi sang Maestro

 

2.         Bagian penilaian pada teks tanggapan tersebut ditunjukkan dengan nomor ...

A.   (1) dan (2)                                                      C. (1) dan (3)

B.    (2) dan (3)                                                      D. (2) dan (4)

 

3.         Strukur teks tanggapan yang benar berikut ini adalah ...

A.   Konteks, deskripsi, kesimpulan                    C. Konteks, tanggapan, kesimpulan

B.    Deskripsi, tanggapan, konteks                     D. Konteks, deskripsi, penilaian

 

4.         Kalimat pujian yang tepat berikut ini adalah ...
A. Kamu hebat untuk ukuran orang udik.
B. Tidak ada orang gunung yang sepintar kamu.
C. Tuh kan kamu terlihat cantik kalau berdandan.
D. Kamu tampak lebih ceria jika memakai baju itu.

 

5.         Kalimat yang menunjukkan sikap apresiatif saat menerima pujian adalah ...
A. Ah, itu bukan apa-apa, orang lain lebih bagus dari saya.
B. Ah, kamu main-main, jangan bercanda.
C. Terima kasih; ucapan yang memotivasi saya.

D. Masak sih, saya ini payah.

 

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 6 s.d. 9!

(1) Karya Arsono berjudul “Lingkaran” (1995) ini, merupakan ungkapan jiwa terdalam seniman yang dimunculkan sebagai penghayatan pada nilai-nilai murni dari suatu karakter bentuk. Ekspresi kepadatan bentuk bola itu terbangun dari medium besi dengan karakter yang kuat. Warna yang berupa pamor gurat-gurat pijar api merujuk motif alam dengan sifat yang keras dan dramatis.

(2) Arsono adalah salah satu pematung lulusan Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), yang tumbuh sesudah masa paradigma estetik kerakyatan mulai melemah. Bersama dengan beberapa seniman lain, ia menjadi pembuka jalan formalisme dalam dunia patung moderen Indonesia. Namun demikian, sebagaimana yang terjadi di belahan dunia non barat yang lain, maka modernisme dan formalisme di Indonesia masih diupayakan untuk diikatkan dengan nilai-nilai tradisi. 

(3) Oleh karena itu, dalam karya ini dapat dilihat upaya seniman untuk memanfaatkan unsur-unsur bentuk tradisi seperti pamor keris sebagai unsur dalam bentuk patungnya. Upaya demikian merupakan pemanfaatan nilai-nilai lambang keadiluhungan tradisional, yang sebenarnya merupakan anomali dalam seni modern.

(4) Dengan latar belakang paradigma estetik ini, Arsono mampu mengolah media logam dan karakternya sebagai manifestasi nilai spiritualitas yang bersumber dari nilai-nilai tradisi. Dalam karya ini dapat dilihat makna simbolis dari bentuk dasar lingkaran besi yang mempunyai esensi sebuah proses pencarian jati diri yang kuat tiada henti. (3) Melihat idiom visual dan judul yang mengungkapkan makna secara denotatif, karya ini secara murni ingin mengungkapkan keindahan dan kekuatan bentuk.

 

6.         Struktur teks tanggapan yang memuat konteks karya terdapat pada paragraf ke-....

A.   1                                                                     C. 3

B.    2                                                                     D. 4

 

7.         Deskripsi pemahat patung lingkaran, dinyatakan pada paragraf ke-...

A.   1                                                                     C. 3

B.    2                                                                     D. 4

 

8.         Apakah yang akan diungkap oleh Arsono lewat karyanya?

A.   pamor berupa gurat-gurat pijar api             C. tradisi pamor keris

B.    semangat kerakyatan yang melemah           D. keindahan, kekuatan bentuk, dan jati diri

 

9.         Kesalahan ejaan pada paragraf kedua adalah ....

A.   modernisme – formalisme                            C. formalisme - modern

B.    moderen – non barat                                     D. estetik - seniman

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10 s.d. 12!

Siswa dan Sarapan

Sarapan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama siswa. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang tidak sarapan. Saat tiba di sekolah para siswa beramai-ramai mengunjungi kantin sekolah. Para siswa membeli berbagai makanan yang tersedia di kantin. Beberapa siswa ada yang membeli gorengan, nasi, mie instan,atau minuman softdrink. Aktivitas tersebut mereka lakukan secara rutin setiap hari. Fenomena ini mungkin telah menjadi kebiasaan. Namun, apakah kebiasaan tersebut baik bagi tubuh kita?.

Tahukah siswa bahwa mereka berangkat ke sekolah mempunyai tujuan utama, yakni belajar. Proses belajar memerlukan aktivitas otak. Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan baik. Kinerja otak yang tidak baik akan memengaruhi proses belajar. Ada perbedaan sikap dan kesiapan antara siswa yang telah sarapan dengan yang belum sarapan. Siswa yang telah sarapan cenderung lebih tenang. Akan tetapi, siswa yang belum sarapan terlihat gelisah dan tidak siap menerima materi pelajaran. Wajahnya terlihat lesu dan kurang bersemangat.

Penelitian menunjukkan siswa yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding siswa yang berangkat dari rumah dengan perut kosong. Menu sarapan sebaiknya tidak berlebihan. Menu sarapan yang bisa dikategorikan sebaga bahan bakar otak adalah kaya serat, mengandung karbohidrat dan vitamin. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat sehingga menyediakan energi yang konstan dan tidak cepat lapar. Sarapan memiliki fungsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sarapan juga dapat menurunkan berat badan.

Siswa sebaiknya mengubah kebiasaan tidak sarapan menjadi pola disiplin untuk sarapan. Kesiapan fisik siswa harus dijaga dalam keadaan baik. Fisik yang prima akan memberikan dampak yang baik bagi prestasi dalam belajar. Prestasi belajar yang cemerlang merupakan jalan untuk meraih kesuksesan.

Disadur dari: http://daunsimpor.blogspot.co.id/2015/10

10.     Tujuan teks tanggapan tersebut adalah ....

A.    Mengajak siswa untuk belajar

B.    Mengajak siswa beramai-ramai mengunjungi kantin di pagi hari

C.    Memberikan informasi menu sarapan yang baik adalah yang kaya serat, mengandung karbohidrat, dan vitamin.

D.    Memberikan informasi pentingnya sarapan bagi siswa sebelum berangkat ke sekolah

11.     Paragraf kedua dan ketiga pada teks tanggapan tersebut menunjukkan bagian ....

A.   klasifikasi                                                       C. penilaian

B.    deskripsi                                                        D. konteks

 

12.     Struktur teks tanggapan yang berisi penilaian terdapat pada paragraf ke-….

A.   1                                                                     C. 3

B.    2                                                                     D. 4

13.     Perhatikan teks berikut!

(1) Film Sintren merupakan film yang mengangkat kehidpan masyarakat pesisir pantai utara. (2) Ceritanya sederhana, tapi terkesan wah. (3) Sutradara memilih pemain-pemain dari alam, artinya bukan aktris dan actor terkenal. (4) sehingga film ini Nampak seperti kehidupan nyata. (5) Ada beberapa hal yang mengganggu, misalnya adegan Sarinah yang menjadi Sintren nampak seperti dibuat-buat. (6) selebihnya adegan itu lucu dan alami.

Hal yang menyatakan bagian penilaian kelemahan terdapat pada kalimat ….

A.   2                                                                     C. 4

B.    5                                                                     D. 5

14.     Perhatikan teks berikut ini!

[....]. Meskipun pelukis masih junior, tetap menjadi topik pembicaraan kalangan seniman yang menonton di sana.

Pujian yang sesuai untuk melengkapi ilustrasi tersebut adalah …

A.   Tidaklah mudah menciptakan karya sastra bernilai dan bermutu.

B.    Bagus sekali pameran karya seninya.

C.    Karya seni lukis yang dipajang di dinding pameran itu sangat menarik dilihat dari pewarnaannya.

D.    Perpaduan unsur modern dan tradisional membuat patung ini begitu istimewa.

 

15.     Kalimat pujian terhadap suatu produk terdapat dalam kalimat …

A.    Mesin cuci merk “Total” dapat mencuci pakaian.

B.    Daya listrik kecil, tetapi sinar terang benderang.

C.    Gambar televisi kurang jernih sehingga tidak nyaman dilihat.

D.    Udara AC dingin sedingin kutub utara.

16.     Berikut ini merupakan kalimat kritik adalah ….

A.    Wah, begitu indahnya Indonesia, negeri yang kaya akan kekayaan alam. Banyak hewan dan tumbuhan yang langka tinggal di sini.

B.    Kalian memang pasangan yang amat serasi, saling melengkapi satu sama lain. 

C.    Orang tua hendaknya jangan melepas begitu saja anak-anak mereka. Orang tua harus mendampingi putra-putrinya dalam menonton acara televisi, mengingat banyak tayangan TV yang tidak patut ditonton apalagi dicontoh putra-putri

D.    Ibu, kau memang malaikatku. Kasih sayangmu tak terbalas oleh dunia.

17.     Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Menentukan tema

(2) Menyusun kerangka karangan yang terdiri atas kalimat-kalimat

(3) […]

(4) Mencermati kembali isi teks tanggapan

Pernyataan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang langkah-langkah menulis teks tanggapan adalah ….

       A.    Memilih kalimat-kalimat yang tepat

B.    Menyusun kalimat dengan kata-kata sendiri

C.    Menggunakan kalimat yang efektif

D.    Menyusun dan menggabungkan kalimat sehingga menjadi teks runtut.

18.     Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!

(1)   Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.

(2)   Kesehatan mata,kebugaran fisik, dan pola hidup sehat juga menjadi dampak yang tidak dapat dihindari jika anak-anak terlslu menghabiskan waktu untuk bermain game on line.

(3)   Banyak anak menghabiskan waktu di depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game on line.

(4)   Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game on line di internet.

(5)   Oleh karena itu,banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata.

(6)   Anak yang bermain game on line secara berlebihan dapat membuat anak menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya.

(7)   Game on line dapat menimbulkan kekerasan, kekejaman,dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.

Susunan kalimat acak tersebut sehingga menjadi teks tanggapan runtut dan padu adalaH ....

A.   (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7)                             C. (5), (6), (7), (3), (5), (1), (2)

B.    (4), (7), (3), (6), (5), (1), (2)                             D. (4), (7), (6), (3), (5), (1), (2)

Bacalah teks tanggapan berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!

 (1) Kebun kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Tetapi apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan Lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.

 (2) Kebakaran hutan menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan. Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain. Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi. Namun disisi lain perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan semakin luas. Tetapi keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan dua pihak.

(3) Penyelidikan mengenai salah satu faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan baru sehingga peran pemerintah dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia.

(4) Alhamdulillah keluhan ini sudah ditanggapi oleh pemerintah dengan mengeluarjkan berbagai aturan dan payung hukum dalam mengatasi kerusakan lingkungan dan sanksi bagi yang melakukan pelanggaran. Dengan demikian kebijakan ini bisa memberikan keuntungan bagi semua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi penduduk dan alam.

(5) Sikap tegas dari pemerintah ini merupakan langkah positif untuk mengatasi pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas terhadap pengusaha perkebunan sawit sehingga semua bisa berjalan secara seimbang dan berkesinambungan.

 

19.     Berdasarkan strukturnya, bagian deskripsi pada teks tanggapan tersebut ditandai dengan nomor ....

A.    (1) dan (2)                                                      C. (3) dan (4)

B.    (2) dan (3)                                                      D (4) dan (5)

 

20.     Berdasarkan strukturnya, bagian penilian pada teks tanggapan tersebut ditandai dengan nomor ....

A.    (1) dan (2)                                                      C. (3) dan (4)

B.    (2) dan (3)                                                      D (4) dan (5)

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22!

(1) Kegiatan apel pagi diselenggarakan sebelum pelajaran dimulai. (2) Kegiatan ini cukup baik agar siswa selalu rajin datang lebih awal di sekolah dan siswa terbiasa disiplin. (3) Namun, kegiatan ini kadang dikeluhkan terutama siswa yang domisilinya jauh dari sekolah. (4) Oleh karena itu, siswa perlu diyakinkan tentang pentingnya bangun pagi.

 

21.     Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...

A.    (1)                                                                   C. (3)

B.    (2)                                                                   D. (4)

22.     Kalimat tanggapan yang tidak padu pada teks tersebut ditandai nomor ....

A.    (1)                                                                   C. (3)

B.    (2)                                                                   D. (4)

 

23.     Bacalah teks berikut!

Anak usia di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor hingga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di beberapa daerah. Di beberapa daerah, anak SMP sudah diizinkan orang tuanya mengendarai sepeda motor ke sekolah. Terutama ketika mengikuti kegiatan di luar jam sekolah. Padahal dari sisi usia mereka belum berhak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

 

Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat .…

A.    (1)                                                                   C. (3)

B.    (2)                                                                   D. (4)

 

24.     Bacalah kutipan teks tanggapan berikut!

Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal  polutan gas ataupun butiran padat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh hutan dalam waktu delapan jam. Komplek industri  yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut.Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar.  

 

Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. pencegahan pencemaran                                 C. penyelamat lingkungan

B. kemampuan hutan                                          D. populasi gas ozon

 

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 47 dan 48!

(1) Anak-anak perlu memperoleh bimbingan penggunaan internet secara sehat. (2) Ini dimaksudkan agar anak-anak tidak tergiur dengan janji-janji manis teman-temannya di jejaring sosial. (3) Penggunaan internet sehat juga dimaksudkan agar tidak terjadi kasus negatif bagi anak-anak. (4) Kasus negatif terjadi karena lemahnya pengetahuan daripada penggunaan internet secara sehat. (5) Sebaiknya, sekolah bisa menambahkan ekstrakurikuler mengenai cara penggunaan teknologi secara sehat agar mereka memiliki pengetahuan dan bukan larangan.

 

25.     Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

A.    Perlunya ekstrakurikuler untuk mencegah dampak negatif jejaring sosial.

B.    Majunya teknologi infomatika membawa dampak bagi keselamatan anak-anak.

C.    Anak perlu diberi bimbingan internet sehat agar terhindar dari hal yang negatif.

D.    Banyak anak yang menjadi korban akibat pengetahuan intenet yang tidak sehat.

26.     Perbaikan terhadap kalimat nomor (4) pada teks tersebut yang tepat adalah ....

A.    Kasus negatif terjadi karena lemah pengetahuannya akan penggunaan internet secara sehat.

B.    Kasus negatif karena lemahnya pengetahuan akan penggunaan internet secara sehat, telah terjadi.

C.    Kasus negatif terjadi karena lemahnya pengetahuan pada penggunaan internet secara sehat.

D.    Kasus negatif terjadi karena lemahnya pengetahuan tentang penggunaan internet secara sehat.

 

27.     Bacalah kutipan teks tanggapan berikut!

Membaca cerita-cerita yang ditulis oleh Hary B. Koriun, kita pasti akan menemukan gaya penulisan dan tema yang khas. Baik dalam cerita pendek maupun novel, tema kepenulisan Hary tidak jauh dari persoalan asmara yang dikerucutkan lagi kepada kesetiaan. Bukan tema perselingkuhan yang kini banyak disergap beberapa novelis terkemuka. Namun karena arus cerita mengalir dengan indah maka pembaca akan menemukan kekuatan narasi, sehingga pembaca akan terbuai dengan menjelajahi alinea demi alinea. Satu hal lagi yang akhir-akhir ini mewarnai cerita-cerita Hary, adalah persoalan lingkungan, terutama hutan dan sungai.

 

Masalah yang diungkapkan dalam teks tersebut adalah…

A.    Tema penulisan Hary berkisar pada persoalan Asmara, kesetiaan atau perselingkuhan yang sedang yang sedang marak digandrungi para penulis terkemuka.

B.    Cerita yang ditulis oleh Hary B. Koriun, memiliki gaya penulisan dan tema yang khas dan disukai berbagai kalangan, terutama dalam sajiannya.

C.    Bila cerita mengalir dengan indah maka pembaca akan menemukan kekuatan narasi.

D.   Kepenulisan Hari B. Koriun berkisar pada persoalan asmara baik dalam cerita pendek maupun novel dan persoalan lingkungan.

 

28.     Bacalah teks berikut dengan saksama!

Situs purbakala di kawasan Kota Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi terbengkalai. Rumput ilalang tumbuh subur di kawasan itu. Makam-makam kuno peninggalan masa kerajaan Aceh yang dibuat sekitar abad ke-17 dan ke-18 berserak tak terurus. Banyak yang tidak utuh dan terbelah. Sebagian batu nisan berkaligrafi musnah terbawa tsunami atau diambil orang. Manuskrip batu nisan berserakan dan tak diketahui lagi posisi awalnya. Padahal, tulisan kaligrafi pada nisan itu mempunyai pesan dan/atau teks sejarah yang berguna.

 

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …

A.    Semua makam kuno di banda Aceh musnah karena terbawa tsunami.

B.    Pemerintah diharapkan segera mengumpulkan lagi peninggalan yang ada.

C.    Kompleks makam yang hilang direnovasi kembali oleh pemerintah .

D.    Tulisan kaligrafi pada nisan berisi data diri yang meninggal.

 

 

29.     Bacalah dengan saksama teks berikut!

Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung

Paragraf tersebut, dalam struktur teks tanggapan adalah bagian ....

A.   konteks                                                          C. deskripsi penulis

B.    deskripsi karya                                              D. penilaian

 

30.     Bacalah dengan saksama teks berikut!

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.

 

Teks tersebut merupakan jenis ...

A.   eksemplum                                                    C. tanggapan

B.    eksposisi                                                        D. deskripsi

 

 

Previous
Next Post »