RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMP Negeri 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: IX/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Cerita Inspiratif |
KD |
: 4.12 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x 40 menit |
A. Kompetensi
Dasar
Mengungkapkan rasa simpati, empati,
kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan
struktur cerita dan aspek kebahasaan.
B. Indikator
1. Menganalisis struktur (bagian-bagian) teks
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.
2. Merancang teks cerita inspiratif tema
“kepahlawanan” dengan model (AWAL-TENGAH-AKHIR).
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks cerita
inspiratif, siswa dapat:
1. menganalisis struktur (bagian-bagian) teks
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar, dan
2. Merancang teks cerita inspiratif tema
“kepahlawanan” dengan model (AWAL-TENGAH-AKHIR).
D. Materi
Esensial
Struktur teks cerita inspiratif
E. Metode
Pembelajaran
Discovery Learning
F. Media
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Hlm.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
Guru
memberi tahu jadwal pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi,
tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca teks kiriman
guru pada WEB dengan alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
dengan nama kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS CERITA INSPIRATIF, Kode kelas 12n2p1df, passwor kelas 123456.
b. Siswa yang tidak dapat
mengakses https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
dapat membaca materi di https://online.fliphtml5.com/lutoi/ueia/
c. Siswa
tentang penulisan teks cerita inspiratif.
d.
Siswa
mengerjakan soal.
e. Siswa
memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas,
penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
G. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes
(lembar observasi)
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMP Negeri 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: IX/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Cerita Inspiratif |
KD |
: 4.12 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x 40 menit |
A. Kompetensi
Dasar
Mengungkapkan rasa simpati, empati,
kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan
struktur cerita dan aspek kebahasaan.
B. Indikator
1. Menentukan pokok-pokok cerita dari teks cerita
inspiratif.
2. Mengembangkan pokok-pokok cerita dengan
kalimat sendiri dan memperhatikan struktur teks.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks cerita
inspiratif, siswa dapat:
1. menentukan pokok-pokok cerita dari teks cerita
inspiratif, dan
2. mengembangkan pokok-pokok cerita dengan
kalimat sendiri dan memperhatikan struktur teks.
D. Materi
Esensial
Struktur teks cerita inspiratif
E. Metode
Pembelajaran
Discovery Learning
F. Media
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Hlm.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca teks kiriman
guru pada WEB dengan alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
dengan nama kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS CERITA INSPIRATIF, Kode kelas 12n2p1df, passwor kelas 123456.
b. Siswa yang tidak dapat
mengakses https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
dapat membaca materi di https://online.fliphtml5.com/lutoi/ueia/
c. Siswa menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan
pokok-pokok cerita.
g.
Secara berkelompok siswa
mendiskusikan pokok-pokok isi cerita inspiratif
h.
Siswa mengembangkan
pokok-pokok cerita dengan kalimat sendiri dan memperhatikan struktur teks.
Penutup
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas,
penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
G. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes
(lembar observasi)
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMP Negeri 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: IX/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Cerita Inspiratif |
KD |
: 4.12 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x 40 menit |
A. Kompetensi
Dasar
Mengungkapkan rasa simpati, empati,
kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan
struktur cerita dan aspek kebahasaan.
B. Indikator
1. Menyunting teks cerita inspiratif yang telah
ditulis.
2. Menuliskan kembali teks cerita inspiratif
sesuai dengan hasil suntingan.
3. Melisankan teks cerita inspiratif yang telah
ditulis kembali.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks cerita
inspiratif, siswa dapat:
1. menyunting teks cerita inspiratif yang telah
ditulis,
2. menuliskan kembali teks cerita inspiratif
sesuai dengan hasil suntingan, dan
3. melisankan teks cerita inspiratif yang telah
ditulis kembali.
D. Materi
Esensial
Struktur teks cerita inspiratif
E. Metode
Pembelajaran
Discovery Learning
F. Media
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Hlm.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca teks kiriman
guru pada WEB dengan alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
dengan nama kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS CERITA INSPIRATIF, Kode kelas 12n2p1df, passwor kelas 123456.
b. Siswa yang tidak dapat
mengakses https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
dapat membaca materi di https://online.fliphtml5.com/lutoi/ueia/
c. Siswa siswa menuliskan kembali teks cerita
inspiratif sesuai dengan hasil suntingan.
d. Siswa memotret hasil tulisan dan mengirimkan ke WA grup
kelas.
Penutup
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas,
penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
G. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes
(lembar observasi)
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
EmoticonEmoticon