RPP Mengidentifikasi Teks Cerita Inspiratif

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: IX/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Cerita Inspiratif

KD

: 3.11

 

Alokasi Waktu

: 2 x 40 menit

 

A.

Kompetensi Dasar

Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

 

Pendahuluan

Guru memberi tahu jadwal pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian

Kegiatan Inti

a.     Siswa membaca teks kiriman guru pada WEB dengan alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dengan nama kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS CERITA INSPIRATIF, Kode kelas  12n2p1df, passwor kelas 123456.

b.     Siswa yang tidak dapat mengakses https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dapat membaca materi di https://online.fliphtml5.com/lutoi/ueia/

c.      Siswa menanya tentang identifikasi teks cerita inspiratif.

d.    Siswa mengerjakan soal.

e.     Siswa memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.

Penutup

Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

 

Penilaian

1.  Penilaian sikap:

     Teknik nontes (lembar observasi)

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir

B.

Indikator

1. mengungkapkan kesan isi informasi dari teks cerita inspiratif yang dibaca;

2. mengungkapkan rasa empati dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

 

C.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tentang teks cerita inspiratif, siswa dapat:

1. mengungkapkan kesan isi informasi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar dengan benar;

2. mengungkapkan rasa empati (merasakan apa yang dirasakan orang lain) dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

 

D.

 

 

 

E.

 

 

F.

 

 

 

 

 

 

G

Materi Esensial

Identifikasi teks cerita inspiratif

Penulisan teks diskusi

 

Metode

Discovery learning

 

Media dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 118-127

 

Kegiatan Pembelajaran

 

.

 

 

 

 

 

 

 

H

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 197008101995121004

 

Batangan, 4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


Soal Pertemuan Pertama

 

Bacalah teks berikut!

Catatan Penyelesaian

Untuk membiayai pendidikannya, seorang anak miskin menjual barang dari pintu ke pintu. Suatu hari, anak laki-laki ini benar-benar lapar tapi tidak punya uang untuk membeli makanan. Dia memutuskan untuk meminta sesuatu untuk dimakan ketika ia mengetuk pintu di rumah berikutnya.

 

Vera, seorang wanita muda yang cantik membuka pintu tersebut, dan anak itu kehilangan keberaniannya. Akhirnya dia hanya meminta untuk diberi segelas air. Ia terlalu malu untuk meminta makanan. Vera membawakannya segelas susu, dan segera diminum dengan rakus oleh anak itu.

Anak itu bertanya berapa banyak dia berhutang. Namun, Vera hanya tersenyum dan berkata bahwa ibunya telah mengajarinya untuk bersikap baik kepada orang lain. Ia tidak pernah mengharapkan imbalan apa pun.

 

Anak itu meninggalkan rumah wanita muda tersebut dengan perut penuh dengan hati yang penuh kekuatan baru untuk terus melanjutkan pendidikan dan terus bekerja keras. Namun, setiap kali ia merasa ingin berhenti, ia teringat pada Vera, wanita yang telah menolongnya. Seseorang yang telah menanamkan keyakinan baru dan ketabahan di dalam dirinya.

 

Bertahun-tahun kemudian, di sebuah kota besar, seorang ahli bedah ternama Dr. Howard Kelly dipanggil untuk berkonsultasi dengan seorang wanita paruh baya yang menderita penyakit langka. Ketika wanita tersebut mengatakan kepadanya nama kota kecil di mana dia tinggal, Dr. Kelly merasa memori samar muncul dalam pikirannya. Kemudian, secara tiba-tiba Dokter itu tersadar. Dia adalah wanita yang telah memberinya segelas susu bertahun-tahun yang lalu.

 

Kemudian dokter melanjutkan konsultasi dengan menyediakan wanita itu perawatan yang terbaik dan memastikan dia mendapatkan perhatian khusus. Bahkan, ia mengerahkan seluruh kemampuannya sebagai seorang dokter untuk menyelamatkan hidup wanita tersebut.

 

Setelah lama dirawat di rumah sakit dengan melalui berbagai perawatan, wanita itu akhirnya siap untuk kembali ke rumah. Wanita itu sangat khawatir karena akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan pembayaran biaya perawatannya selama di rumah sakit. Penyakit serius yang dideritanya dan lamanya ia tinggal di rumah sakit telah menghasilkan tagihan yang cukup besar. Namun, ketika dia menerima surat tagihan, ia menemukan bahwa Dr. Kelly telah membayar seluruh tagihan tersebut dan menulis catatan kecil untuknya. Catatan itu berbunyi: “Sudah dibayar lunas dengan segelas susu”.

 

Oleh karena itu, sebaiknya kita terus berbuat kebaikan di dalam hidup kita. Seseorang perlu membantu orang lain walaupun mungkin hanya dapat memberikan bantuan kecil. Bantuan kecil yang diberikan seseorang akan sangat berarti bagi orang lain. Kita harus yakin bahwa ketika suatu saat kita mengalami kesulitan, akan datang bantuan dari orang lain. Itulah balasan dari bantuan kecil yang kita berikan di masa lalu.

 

 

Soal:

Setelah kalian membaca teks tersebut, kerjakan soal-soal berikut!

1.    Tuliskan semua pelaku pada teks tersebut!

Jawab :

2.    Kesan apa yang kamu dapatkan setelah membaca tulisan tersebut?

Jawab :

3.    Rasa empati (merasakan apa yang dirasakan orang lain) apa yang ada?

Jawab :

4.    Pelajaran apa yang kamu dapatkan dari cerita tersebut?

Jawab :

5.    Apa yang akan kamu jadikan pedoman hidup berdasarkan pelajaran yang diambil dari cerita itu?

Jawab :

6.  Tuliskan struktur teks tersebut:

a.  orientasi                        : paragraf ke- ...

b.  rangkaian peristiwa       : paragraf ke-...

c.  komplikasi                     : paragraf ke-...

d.  resolusi                          : paragraf ke-...

e.  koda                              : paragraf ke-...

 

Kemungkinan Jawaban

Setelah kalian membaca teks tersebut, kerjakan soal-soal berikut!

1.    Vera dan Dr. Howard Kelly

2.    Terharu

3.    Bahagia setelah dapat membalas budi

4.    Saling menolong

5.    sebaiknya kita terus berbuat kebaikan di dalam hidup kita. Seseorang perlu membantu orang lain walaupun mungkin hanya dapat memberikan bantuan kecil. Bantuan kecil yang diberikan seseorang akan sangat berarti bagi orang lain.

6. 

a.  orientasi                        : paragraf ke-1

b.  rangkaian peristiwa       : paragraf ke-2 s.d. 4

c.  komplikasi                     : paragraf 5 dan 6

d.  resolusi                          : paragraf 7

e.  koda                              : paragraf 8

 

 

 

 

 

 


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: IX/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Cerita Inspiratif

KD

: 4.11

 

Alokasi Waktu

: 2 x 40 menit

 


A. Kompetensi Dasar

Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

 

B. Indikator

1.  Menjelaskan struktur teks cerita inspiratif.

2.  Menjelaskan tokoh-tokoh teks cerita inspiratif

 

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks cerita inspiratif, siswa dapat:

6.    menjelaskan struktur teks cerita inspiratif, dan

7.    menjelaskan tokoh-tokoh teks cerita inspiratif.

 

D. Materi Esensial

Struktur teks cerita inspiratif

 

E.  Metode Pembelajaran

Saintifik

 

F.  Media dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm.

 

F.  Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberi tahu jadwal pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian

Kegiatan Inti

a.    Siswa membaca teks kiriman guru pada WEB dengan alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dengan nama kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS CERITA INSPIRATIF, Kode kelas  12n2p1df, passwor kelas 123456.

b.    Siswa yang tidak dapat mengakses https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dapat membaca materi di https://online.fliphtml5.com/lutoi/ueia/

c.     Siswa menanya tentang identifikasi teks cerita inspiratif.

d.   Siswa mengerjakan soal.

e.    Siswa memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.

Penutup

Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

 

G. Penilaian

1.  Penilaian sikap:

     Teknik nontes (lembar observasi)

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir.


 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 197008101995121004

 

Batangan, 4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


Bacalah dengan saksama teks berikut!

[...]

1.   Hari itu langit sangat terik, Namun, Budi tetap menarik gerobaknya. Dia susuri lorong-lorong pasar itu dengan harap ada yang membeli getuk buatan ibunya. Hari itu Budi sangat membutuhkan uang untuk biaya pengobatan ayahnya. 

2.   Sejak pagi tadi Budi mengelilingi pasar itu, tetapi tak ada seorang pun yang membeli bahkan hanya untuk menawarnya pun tidak ada. Budi hampir putus asa, pikiran-pikiran jahat pun mulai masuk ke otaknya. Namun, Budi teringat kata-kata ibunya bahwa berbuat baik dan berdoalah agar mendapat berkah dari Allah. Lalu Budi menepis semua pikiran itu dan berdoa kepada Allah agar dia bisa mendapatkan uang untuk mengobati ayahnya.

3.   Lalu Budi melanjutkan perjalananya. Pada saat Budi melewati kios-kios toko Budi melihat seorang pria yang sedang mengikuti seorang wanita tua. “Pasti orang itu akan berbuat yang tidak-tidak!” pikir Budi dan benar saja seketika pria itu merampas tas wanita itu. Wanita itu menjerit, dengan cepat kilat Budi menjegal pencuri itu hingga terjatuh. Tas itu pun terjatuh bersama si pencuri, lalu pencuri tersebut melarikan diri. Budi mengambil tas itu dan memberikannya kepada wanita itu.

4.   “Terimakasih, Nak, untung ada dirimu,” kata wanita itu memuji Budi. “Iya, lain kali hati-hati ya bu!” jawab Budi sambil meninggalkan wanita itu. “Hey, Nak tunggu, ini ada sesuatu untukmu,” kata wanita itu. “Tidak usah, Buk, aku tadi hanya kebetulan lewat,” jawab Budi. Wanita itu merasa heran dengan kebaikan Budi, lalu tanpa sengaja dia melihat gerobak getuk Budi dan berkata “Baiklah kalau kamu tidak menginginkan uang ini, biarkan saya membeli semua getukmu”. Mendengar suara itu Budi menjadi senang dan haru akhirnya dia bisa mendapatkan uang dan membelikan obat untuk ayahnya. “Terimakasih bu!” jawab Budi kepada Wanita itu.

5.   “Memang, niat untuk mencuri sebaiknya tidak kulaksanakan”, begitu batin Budi. Akhirnya, ia menyadari bahwa tidak ada kebaikan tanpa dibalas dengan kebaikan pula.

 

Soal:

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.  Bagaimana struktur teks cerita inspiratif tersebut? Tuliskan struktur beserta nomor paragrafnya!

Jawab:

2.  Siapa sajakah tokoh-tokoh teks cerita inspiratif tersebut?

Jawab:

3.  Tuliskan bukti bahwa Budi berwatak suka menolong!

Jawab:

4.  Tuliskan bukti bahwa Budi berwatak tidak punya pamrih dalam berbuat baik!

Jawab:

5.  Tuliskan dua amanat teks cerita inspiratif tersebut!

Jawab:

6.  Tuliskan judul yang sesuai dengan isi teks cerita inspiratif tersebut!

Jawab:

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: IX/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Cerita Inspiratif

KD

: 4.11

 

Alokasi Waktu

: 2 x 40 menit

 


A. Kompetensi Dasar

Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

 

B. Indikator

1.  Menjelaskan bukti watak tokoh teks cerita inspiratif.

2.  Menjelaskan amanat teks cerita inspiratif.

 

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks cerita inspiratif, siswa dapat:

1.  menjelaskan bukti watak tokoh teks cerita inspiratif dengan benar, dan

2.  menjelaskan amanat teks cerita inspiratif.

 

D. Materi Esensial

Struktur teks cerita inspiratif

 

E.  Metode Pembelajaran

Saintifik

 

F.  Media dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm.

 

F.  Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberi tahu jadwal pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian

Kegiatan Inti

f.     Siswa membaca teks kiriman guru pada WEB dengan alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dengan nama kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS CERITA INSPIRATIF, Kode kelas  12n2p1df, passwor kelas 123456.

g.    Siswa yang tidak dapat mengakses https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dapat membaca materi di https://online.fliphtml5.com/lutoi/ueia/

h.    Siswa menanya tentang identifikasi teks cerita inspiratif.

i.      Siswa mengerjakan soal.

j.      Siswa memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.

Penutup

Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

Penutup

Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

 

G. Penilaian

1.  Penilaian sikap:

     Teknik nontes (lembar observasi)

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir.


 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 197008101995121004

 

Batangan, 4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


 

Bacalah dengan saksama teks berikut!

[...]

1.    Hari itu langit sangat terik, Namun, Budi tetap menarik gerobaknya. Dia susuri lorong-lorong pasar itu dengan harap ada yang membeli getuk buatan ibunya. Hari itu Budi sangat membutuhkan uang untuk biaya pengobatan ayahnya. 

2.    Sejak pagi tadi Budi mengelilingi pasar itu, tetapi tak ada seorang pun yang membeli bahkan hanya untuk menawarnya pun tidak ada. Budi hampir putus asa, pikiran-pikiran jahat pun mulai masuk ke otaknya. Namun, Budi teringat kata-kata ibunya bahwa berbuat baik dan berdoalah agar mendapat berkah dari Allah. Lalu Budi menepis semua pikiran itu dan berdoa kepada Allah agar dia bisa mendapatkan uang untuk mengobati ayahnya.

3.    Lalu Budi melanjutkan perjalananya. Pada saat Budi melewati kios-kios toko Budi melihat seorang pria yang sedang mengikuti seorang wanita tua. “Pasti orang itu akan berbuat yang tidak-tidak!” pikir Budi dan benar saja seketika pria itu merampas tas wanita itu. Wanita itu menjerit, dengan cepat kilat Budi menjegal pencuri itu hingga terjatuh. Tas itu pun terjatuh bersama si pencuri, lalu pencuri tersebut melarikan diri. Budi mengambil tas itu dan memberikannya kepada wanita itu.

4.    “Terimakasih, Nak, untung ada dirimu,” kata wanita itu memuji Budi. “Iya, lain kali hati-hati ya bu!” jawab Budi sambil meninggalkan wanita itu. “Hey, Nak tunggu, ini ada sesuatu untukmu,” kata wanita itu. “Tidak usah, Buk, aku tadi hanya kebetulan lewat,” jawab Budi. Wanita itu merasa heran dengan kebaikan Budi, lalu tanpa sengaja dia melihat gerobak getuk Budi dan berkata “Baiklah kalau kamu tidak menginginkan uang ini, biarkan saya membeli semua getukmu”. Mendengar suara itu Budi menjadi senang dan haru akhirnya dia bisa mendapatkan uang dan membelikan obat untuk ayahnya. “Terimakasih bu!” jawab Budi kepada Wanita itu.

5.    “Memang, niat untuk mencuri sebaiknya tidak kulaksanakan”, begitu batin Budi. Akhirnya, ia menyadari bahwa tidak ada kebaikan tanpa dibalas dengan kebaikan pula.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.  Bagaimana struktur teks cerita inspiratif tersebut? Tuliskan struktur beserta nomor paragrafnya!

2.  Siapa sajakah tokoh-tokoh teks cerita inspiratif tersebut?

3.  Tuliskan bukti bahwa Budi berwatak suka menolong!

4.  Tuliskan bukti bahwa Budi berwatak tidak punya pamrih dalamberbuat baik!

5.  Tuliskan dua amanat teks cerita inspiratif tersebut!

6.  Tuliskan judul yang sesuai dengan isi teks cerita inspiratif tersebut!

 

Kemungkinan Jawaban

1.  a.  Orientasi paragraf ke-1

     b.  Perumitan peristiwa paragraf ke-2

     c.  Komplikasi paragraf ke-3

     d.  Resolusi paragraf ke-4

     d.  Koda paragraf ke-5

2.  Budi, seorang pria, seorang wanita tua, dan ibu Budi

3.  Dengan cepat kilat Budi menjegal pencuri itu hingga terjatuh. Tas itu pun terjatuh bersama si pencuri, lalu pencuri tersebut melarikan diri. Budi mengambil tas itu dan memberikannya kepada wanita itu.

4.  “Tidak usah, Buk, aku tadi hanya kebetulan lewat,” jawab Budi.

5.  a.  Niat untuk mencuri sebaiknya tidak dilaksanakan.

     b.  Berbuat baik itu sebaiknya tidak mengharapkan balasan.

6.  a.  Apa yang Ditanam Akan Dituai

b.  Kebaikan Akan Dibalas dengan Kebaikan

c.  Buat Baik Berbuah Manis

 

Pedoman Penskoran

1.  Skor maksimal soal nomor 1         : 5

2.  Skor maksimal soal nomor 2         : 4

3.  Skor maksimal soal nomor 3         : 2

4.  Skor maksimal soal nomor 4         : 2

5.  Skor maksimal soal nomor 5         : 4

6.  Skor maksimal soal nomor 6         : 3

Jumlah skor maksimal                        : 20

 

7. Nilai =

Jumlah skor yang diperoleh

X 100

Skor maksimal

 

 

 

 

Previous
Next Post »