Soal Teks Rekaman Percobaan

 

SOAL TEKS REKAMAN PERCOBAAN

 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d.

 

1.         Bacalah dengan saksama teks berikut!

Cara Membuat Bakso

1.         Giling daging hingga halus sambil masukkan es batu sedikit demi sedikit! Setelah halus, angkat!

2.         Masak air hingga mendidih, masukkan bulatan adonan bakso!

3.         Campur daging sapi, sagu, baking soda, telur, dan bumbu yang sudah dihaluskan!

4.         Tunggu hingga mengapung dan angkat!

5.         Buat bulatan adonan bakso dengan menggunakan sendok!

 

Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah …

 

A.     3-1-5-2-4                                                         

B.      3-2-1-5-4                                                         

C.     1-3-2-5-4

D.     1-3-5-2-4

 

2.         Bacalah dengan saksama teks berikut!

Panduan Membuat Rekening Tabungan dan Kartu ATM

1.     Siapkan keperluan administratif: KTP / SIM / kartu pelajar.

2.     [ ... ]

3.     Setelah semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan domisili Anda.

4.     [ ... ]

5.     Ketika giliran Anda tiba, sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan perorangan.

6.     Jika semua informasi sudah jelas isilah formulir yang diberikan.

7.     Katakan, Anda ingin mengaktifkan ATM ini.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …

 

A.     (2) Siapkan kendaraan untuk menuju Bank terdekat! (4) Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil

B.      (2) Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih. (4) Tanyakan kepada petugas, bagaimana cara mengisi formulir.

C.     (2) Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih. (4) Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.

D.     (2) Siapkan kendaraan untuk menuju Bank terdekat (4) Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.         Bacalah dengan saksama teks berikut!

Petunjuk Menyemir Sepatu

1.         Bersihkan sepatu dengan sikat pembersih!

2.         Lalu lap sepatu dengan kain yang bersih!

3.         [... ]

4.         Diamkan sepatu hingga mengering sempurna!

5.         Setelah kering, sepatu siap dikenakan!

 

Kalimat yang  tepat  untuk  melengkapi  petunjuk tersebut adalah ...

 

A.     Setelah bersih, poles dengan semir yang sesuai warna sepatu!

B.      Kemudian jemur  sepatu di tempat  yang kena panas!

C.     Sepatu  yang  telah   disemir,  siap  dikenakan kembali!

D.     Cucilah kedua sepatu hingga benar-benar bersih!

 

4.         Bacalah dengan saksama teks berikut!

Cara Membuat Kecambah Kedelai

(1) Setelah direndam, tiriskan kedelai di tempat tirisan bambu lalu tutup dengan daun pisang!

(2) Penyiraman dilakukan secara merata, pastikan lendir  yang dikeluarkan kedelai terbawa air!

(3) Kedelai yang dipilih, cuci sampai bersih!

(4) Setelah bersih, kedelai direndam selama semalam!

(5) Pilihlah kedelai yang bagus!

(6) Siramlah kedelai 5 jam sekali selama 3 hari!

(7) Kecambah sudah jadi dan siap dikonsumsi!

 

Kalimat-kalimat  tersebut  dapat disusun menjadi petunjuk   membuat  kecambah kedelai dengan urutan nomor ....

 

A. (3)-(2)-(6)-(4)-(5)-(1)-(7)                                   

B. (5)-(3)-(4)-(1)-(6)-(2)-(7)                                   

C. (3)-(5)-(2)-(3)-(1)-(6)-(7)

D. (5)-(4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(7)

 

5.         Perhatikan teks berikut!

(1) Sesampainya di TMII kami  berfoto-foto bersama teman­ teman dan ibu/bapak guru.

(2)   Kemudian kami menyewa sepeda lalu berkeliling melihat rumah adat berbagai wilayah di Indonesia.

(3)   Setelah istirahat sejenak, kami segera masuk ke dalam bus untuk melanjutkan perjalanan ke Museum Gas dan Bumi.

(4) Hari pertama studi wisata, kami mengunjungi TMII yang terletak di JakartaTimur.

(5)  Sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan kami bersenda gurau.

(6)   Lalu kami diberi penjelasan tentang cara pengolahan, penggunaan alat, dan persebarannya di Indonesia.

(7)   Sesampainya di sana kami disuguhi video tentang asal mula gas yang berasal dari bumi.

Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi paragraf laporan dengan urutan nomor ....

A.     (2)-(3)-(7)-(4)-(5)-(1)-(6)                                  

B.      (4)-(2)-(1)-(5)-(7)-(3)-(6)                                  

C.     (2)-(5)-(4)-(3)-(1)-(7)-(6)

D.     (4)-(5)-(1)-(2)-(3)-(7)-(6)

 

6.         Perhatikan teks berikut!

(1)      Biji kedelai yang telah dipilih, dicuci sampai bersih.

(2)      Lalu dilanjutkan dengan pencucian kedelai hingga benar-benar tidak ada kulitnya lagi.

(3)      Setelah 12 jam, kemudian kedelai digiling untuk memisahkannya dengan kulit kedelai.

(4)      Setelah bersih, biji kedelai direbus lalu direndam selama 12 jam.

(5)      Proses pembuatan tempe diawali dengan pemilihan biji kedelai yang baik.

(6)      Tahap terakhir, setelah bersih kacang kedelai diberi ragi dan didiamkan selama 3 hari dan hari ke-4, tempe siap dikonsumsi.

 

Urutan kalimat agar menjadi paragraf padu adalah ....

 

A. (3)-(1)-(4)-(5)-(6)-(2)

B. (3)-(1)-(6)-(4)-(5)-(2)

C. (5)-(1)-(3)-(2)-(4)-(6)

D. (5)-(1)-(4)-(3)-(2)-(6)

 

7.         Cermatilah petunjuk yang disusun acak berikut!

Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci

(1)      Masukkan cucian ke dalam tabung mesin cuci sesuai kapasitas.

(2)      Hubungkan mesin cuci dengan sumber listrik yang memadai dan pastikan kabel listrik  siap digunakan dengan baik.

(3)      Tuangkan sabun sesuai takaran yang disarankan.

(4)      Tekan tombol “start”

(5)      Tutup pintu mesin cuci.

(6)      Ketika proses pencucian selesai isi ulang air untuk siklus pembilasan (rinse) lalu tekan tombol “start”.

(7)      Pastikan mesin cuci memiliki sumber air untuk mencuci, berupa selang yang menghubungkan mesin cuci dengan keran air.

 

Urutan penggunaan mesin cuci yang tepat adalah ...

 

A.   (7) - (2) -  (1)  -  (3)  -  (5) - (4) - (6)

B.    (1) -  (7)  -  (2)  -  (4)  - (5) - (3) - (6)

C.    7) - (2) -  (3)  -  (1)  -  (5) - (4) - (6)

D.   (1) -  (7)  -  (3)  -  (2)  - (5) - (4) - (6)

 

8.         Cermatilah petunjuk rumpang berikut!

Tips Merawat Wajah agar Putih secara Alami

1)         Kupas dan cuci satu buah bengkoang.

2)         Parut dan letakkan pada mangkuk bersih.

3)         Cucilah wajah.

4)         Ambillah bengkoang lembut tadi dan ratakan di wajah dan leher.

5)         Diamkan dulu masker ini selama 15 menit hingga (...)

6)         Bersihkan wajah dan bilas dengan air bersih.

7)         Keringkan dan (...)

8)         Lakukan seminggu dua kali untuk hasil maksimal.

Isian yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ....

 

A.     (5) seluruh wajah merata; (7) tepuk-tepuklah wajah dengan tangan

B.      (5) seluruh wajah merata; (7) tepuk-tepuklah wajah dengan tangan

C.     (5)  mengering alami; (7) bilaslah dengan air bersih

D.     (5)  mengering alami; (7)  tepuk-tepuk dengan handuk bersih

 

9.         Bacalah dengan saksama teks berikut!

(1)    Ada lebih dari 22.000 meteorit yang terdokumentasi pernah ditemukan di bumi.

(2)    Ilmuwan menduga pernah ada kehidupan di planet merah pada 3,6 miliar tahun lalu.

(3)    Pada 1996, sekelompok ilmuan mengemukakan bahwa mereka menemukan bukti kuat terkait mikrofosil pada meteorit Mars yang mendarat di wilayah Antartika.

(4)    Benda luar angkasa ini diketahui memiliki komponen organik yang tertanam di dalamnya.

(5)    Penemuan meteorit tersebut merupakan hasil riset yang cukup lama dan berliku.

 

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi sebuah laporan yang baik dengan susunan ....

 

A.     (4), (5), (2), (1), (3)                                           

B.      (3), (4), (1), (5), (2)                                           

C.     (1), (4), (5), (3), (2)

D.     (2), (5), (1), (4), (3)

 

10.     Petunjuk Penempatan Lemari Es

(1)    Berikan sirkulasi udara yang cukup pada lemari es dengan jarak 20 cm atau lebih dari dinding

(2)    Jauhkan lemari es dari sumber panas secara langsung yang dapat menyebabkan penurunan efisiensi lemari es.

(3)    [ …. ]

(4)    Putarlah kaki pengatur ketinggian agar kedudukan lemari es bagian depan sedikit lebih tinggi daripada bagian belakang.

(5)    Bersihkan lemari es sebelum digunakan.

(6)    Hubungkan steker kabel daya ke sumber tegangan yang sesuai dengan spesifikasi.

 

Kalimat imperatif yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …

 

A.     Pilihlah lantai yang rata untuk menempatkan lemari es!

B.      Gunakan alas yang sesuai dengan ukuran lemari es!

C.     Siapkan tempat yang akan digunakan untuk menghubungkan aliran listrik!

D.     Posisikan lemari es tegak sejajar dengan dinding sejauh 20 cm!

 

11.     Bacalah dengan saksama petunjuk berikut!

Petunjuk Pengoperasian Lemari Es

(1)      Aturlah suhu dengan memutar pengatur suhu sesuai dengan kebutuhan!

(2)      Jangan memasukkan makanan dalam keadaan panas ke dalam lemari es!

(3)      Putar pengatur suhu pada kondisi minimum!

(4)      Tutuplah pintu lemari es dan jangan dibiarkan terbuka dalam jangka waktu yang lama!

(5)      Masukkan dan susunlah makanan ke rak atau ruang-ruang yang tersedia!

(6)      Biarkan lemari es dalam keadaan kosong selama 30 sampai 120 menit untuk menyelaraskan suhu udara di dalam!

 

Susunan kalimat yang tepat agar membentuk laporan yang utuh adalah ....

A.   (3) – ( 5) – (2) – (1) – (4) – (6)                          C. (1) – ( 3) – (6) – (2) – (5) – (4)

B.    (3) – ( 6) – (5) – (2) – (1) – (4)                          D.  (1) – ( 5) – (2) – (1) – (4) – (3)

 

12.     Bacalah petunjuk cara memasak pudding susu yang disusun acak berikut!

(1)      Tuang ke dalam cetakan dan dinginkan.

(2)      Tambahkan air sebanyak 500ml ke dalamnya dan aduk rata

(3)      Masukkan pudding susu ke dalam wadah.

(4)      Masak sambil diaduk hingga mendidih

(5)      Pudding susu siap dinikmati

(6)      Matikan kompor

 

Urutan  kalimat yang tepat teks prosedur tersebut adalah ....

A.   3-1-2-5-6-4                                                     C. 3-2-1-5-2-4

B.    3-2-4-6-1-5                                                     D. 3-4-1-3-5-4

 

13.     Perhatikan data berikut!

·       Kucing hewan kelas mamalia yang sudah populer dipelihara banyak orang.

·       Kucing merupakan binatang karnivora.

·       Jenis kucing  dikelompokkan menjadi  dua yaitu  berdasarkan asalnya (kucing kampung, anggora, dan kucing hutan)    dan garis keturunannya (kucing galur murni dan campuran).

·       Ciri fisik kucing adalah matanya yang unik, kumis yang berfungsi untuk menunjuk arah, bantalan halus pada kakinya, dan telinga kucing yang memiliki tiga tulang yang berfungsi mendeteksi suara.

 

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...

A.   Kucing merupakan hewan kelas mamalia dan binatang sejenis karnivora. Ia  memiliki ciri-ciri fisik yaitu, matanya yang unik, kumis yang berfungsi untuk menunjuk arah, bantalan halus pada kakinya, dan telinga kucing yang memiliki tiga tulang yang berfungsi mendeteksi suara. Adapun jenis kucing  dikelompokkan menjadi  dua yaitu  berdasarkan asalnya (kucing kampung, anggora, dan kucing hutan)    dan garis keturunannya (kucing galur murni dan campuran).

B.    Kucing merupakan hewan kelas mamalia dan sejenis karnivora. Ia  memiliki ciri-ciri fisik yaitu, matanya yang unik, kumis yang berfungsi untuk menunjuk arah, bantalan halus pada kakinya, dan telinga kucing yang memiliki tiga tulang yang berfungsi mendeteksi suara. Adapun jenis kucing  dikelompokkan menjadi  dua yaitu  berdasarkan asalnya (kucing kampung, anggora, dan kucing hutan)    dan garis keturunannya (kucing galur murni dan campuran).

C.    Kucing memiliki ciri-ciri fisik yaitu, matanya yang unik, kumis yang berfungsi untuk menunjuk arah, bantalan halus pada kakinya, dan telinga kucing yang memiliki tiga tulang yang berfungsi mendeteksi suara. Adapun jenis kucing dikelompokkan menjadi dua yaitu  berdasarkan asalnya.

D.   Kucing merupakan hewan kelas mamalia dan binatang sejenis karnivora yang sudah populer dipelihara banyak orang. Ia  memiliki tiga tulang yang berfungsi mendeteksi suara. Berdasarkan asalnya, kucing dikelompokkan menjadi tiga.

 


 

14.     Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!

(1)    Ada lebih dari 22.000 meteorit yang terdokumentasi pernah ditemukan di bumi.

(2)    Ilmuan menduga pernah ada kehidupan di planet merah pada 3,6 miliar tahun lalu.

(3)    Pada 1996, sekelompok ilmuan mengemukakan bahwa mereka menemukan bukti kuat terkait mikrofosil pada meteorit Mars yang mendarat di wilayah Antartika.

(4)    Benda luar angkasa ini diketahui memiliki komponen organik yang tertanam di dalamnya.

 

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi sebuah laporan yang baik jika disusun dengan urutan ....

A.   (4), (5), (2), (1), (3)                                         C. (2), (5), (1), (4), (3)

B.    (3), (4), (1), (5), (2)                                         D. (1), (4), (5), (3), (2)

 

15.     Bacalah paragraf rumpang berikut!

Lomba membaca puisi baru saja berakhir. Aku satu-satunya siswa yang dipercaya mewakili sekolahku. Rasa penasaran menyelimutiku. Jantungku berdegup kencang, keringat dingin mengalir dari dahiku. Juri telah selesai berdiskusi dan siap mengumumkan juara. [ ... ] Aku berhasil meraih juara.

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

A. Aku sangat senang mengikuti lomba ini.
B. Syukurlah usahaku selama ini tidak sia-sia.
C. Pengumuman itu sangat membahagiakan peserta.
D. Semua peserta terkejut mendengar pengumuman itu.

 

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 16 s.d. 18!

Berikut cara membuat kopi dengan cita rasa yang enak:

(1)      Panaskan dua cangkir air dengan api sedang!

(2)      Jika air sudah panas atau hampir matang masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk hingga air mendidih kemudian masukkan bubuk cokelat!

(3)      [….]

(4)      Tuangkan kopi hitam panas  tadi ke salah satu mug berukuran sedang kemudian mulailah menyaring kopi hitam ke mug yang lain.

(5)      Angkat tinggi-tinggi mug ketika menyaring dan lakukan berkali-kali sampai kopi hitam mengeluarkan busa!

(6)      Siapkan cangkir dengan gula, kemudian saring lagi untuk yang terakhir kali ke dalam cangkir  gula yang sudah disiapkan. Hias kopi dengan granule sesuka Anda!

(7)      Kopi siap disajikan!

 

16.     Tujuan penulisan teks tersebut adalah….

A.   menjelaskan cara membuat kopi dengan cita rasa yang enak

B.    cara memanaskan dua cangkir  air untuk menyeduh kopi

C.    cara menghias kopi dengan granule

D.   cara memasukkan kopi dalam air mendidih

 

17.     Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ….

A.   Aduk kopi dan bubuk cokelat hingga tercampur!

B.    Siapkan saringan kopi dari kain halus dan dua buah mug sedang!

C.    Masukkan dua sendok  makan gula pasir!

D.   Siapkan gula pasir dan krimmer!

 

18.      Penulisan kata yang tidak baku dalam teks tersebut adalah ….

A.   cangkir,  menyeduh                                      C. granule, menyeduh

B.    mug, menyeduh                                            D. mug, granule

      

19.     Bacalah teks rumpang berikut!

Pencangkokan Tanaman

Pencangkokan tumbuhan dapat dilakukan melalui cara berikut. Pertama, carilah dahan yang ukurannya sedang! Kedua, ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan dikupas kulitnya paling sedikit ± 10 cm! Ketiga, kupaslah sekeliling kulit dahan yang akan dicangkok dengan panjang kupasan ± 5 cm! Keempat, keriklah lendir atau kambium dahan tersebut dengan perlahan agar kering! Kelima, tutuplah hasil kupasan dengan tanah! Keenam, bungkuslah tanah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak jatuh!

Informasi tersurat dalam  kutipan teks tersebut adalah ...

A.    Macam tanaman yang dikembangbiakkan dengan pencangkokan.

B.    Manfaat pengembangbiakan tanaman melalui pencangkokan.

C.    Salah satu cara mencangkok adalah mengerik kambium dahan.

D.    Keuntungan dan kerugian pencangkokan tanaman.

20.     Perhatikan petunjuk memakai bedak dingin berikut!

(1) Bersihkan wajah dengan air hangat!
(2) Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!

(3) Keringkan dengan handuk lembut!
(4) [...]
(5) Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
(6) Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...

A.   Ulangi sekali lagi langkah kedua!

B.    Ratakan bedak agar tidak terkesan coreng-moreng!

C.    Basuhlah dengan air hangat-hangat secukupnya!

D.   Siapkan handuk kering untuk menyeka bedak!

 

21.     Cara Mematikan Komputer

(1)   Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif!

(2)   Klik tombol “start”!

(3)   Klik menu “shut down”!

(4)   Tunggu beberapa saat hingga komputer mati!

(5)   Tekan tombol “off” pada monitor untuk mematikan monitor!

(6)   Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik!

 

Teks tersebut jika diubah menjadi teks eksposisi, yaitu...

A.              Cara mematikan komputer. Pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kalau Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

B.               Komputer yang sudah tidak dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan komputer yang benar yaitu, klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

C.              Komputer yang sudah tidak dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Kalau kita memaksakan mematikan komputer padahal masih ada aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut hilang. Mematikan komputer tidak boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut down”. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

D.              Komputer yang sudah tidak dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kalau kita memaksakan mematikan komputer padahal masih ada aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut hilang. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

 

22.     Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!

(1)      Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan.

(2)      Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.

(3)      Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

(4)      Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara.

(5)      Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati.

 

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks laporan jika disusun dengan urutan ….

A.       2-5-4-1-3                                                        C. 3-2-5-4-1

B.        2-5-1-4-3                                                        D. 3-2-4-5-1

 

23.     Petunjuk Membuat Roti Mania

(1)   Larutkan gula dan garam dalam air!

(2)   Masukkan susu bubuk dalam tepung yang sudah disediakan!

(3)   Campurkan semuanya beserta ragi pengembang dalam air!

(4)   [...]

(5)   Masukkan margarine dan kocoklah sampai adonan mengembang!


Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...

A.   Oleskan margarine pada tempat secara keseluruhan!

B.    Tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata!

C.    Cairkan sedikit margarine dan masukkan dalam adonan!

D.   Satukan adonan pertama sampai ketiga!

 


 

24.     Bacalah dengan saksama teks berikut!

(1)      Bus tersebut menampung 40 siswa dan 4 orang guru sebagai pendamping.

(2)      Pembekalan itu disampaikan oleh kepala sekolah yang berpesan agar seluruh siswa menjaga nama baik sekolah.

(3)      Setelah semua hal teknis selesai, bus berangkat menuju lokasi wisata. 

(4)      Sebelum berangkat menuju lokasi, seluruh siswa mengikuti pembekalan terakhir.

(5)      Selanjutnya, seluruh siswa dipersilakan memasuki bus yang telah ditentukan.

(6)      Perjalanan menuju lokasi wisata sangat menyenangkan karena diisi dengan permainan.

 

Urutan kalimat agar menjadi paragraf laporan yang padu adalah ....

A.   (1)-(5)-(4)-(2)-(6)-(3)                                      C. (4)-(5)-(1)-(3)-(2)-(6)

B.    (1)-(5)-(6)-(4)-(2)-(3)                                       D. (4)-(2)-(5)-(1)-(3)-(6)

 

25.     Bacalah teks berikut!

(1) Olahraga secara rutin sangat bermanfaat bagi tubuh. 2) Akan tetapi, banyak orang yang enggan berolahraga dengan berbagai alasan. 3) Olahraga merangsang terbentuknya senyawa yang meningkatkan memori manusia. (4) Alasannya tidak mempunyai waktu, sudah lelah bekerja, dan sebagainya.

Perbaikan paragraf supaya padu dengan menghilangkan kalimat ....

A.   (1)                                                                  C. (3)

B.    (2)                                                                   D. (4)

 

B. Uraian

Buatlah teks laporan percobaan dengan tema sebagai berikut!

 

Judul                      : Buah dan Kandungan Listrik

Nama Siswa          : ……………………………………..

Pendahuluan         :

Tujuan                   :

Hipotesis                :

Bahan dan Metode            :

Data                       :

Hasil                      :

Kesimpulan           :

Rujukan                 :

Buat Laporan Percobaan “Buah dan Kandungan Listrik” ke dalam bentuk paragraf!

 

 

 

Previous
Next Post »