SOAL TEKS REKAMAN PERCOBAAN
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan
cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d.
1.
Bacalah dengan saksama teks berikut!
Cara Membuat
Bakso
1.
Giling daging hingga halus sambil
masukkan es batu sedikit demi sedikit! Setelah halus, angkat!
2.
Masak air hingga mendidih,
masukkan bulatan adonan bakso!
3.
Campur daging sapi, sagu, baking
soda, telur, dan bumbu yang sudah dihaluskan!
4.
Tunggu hingga mengapung dan
angkat!
5.
Buat bulatan adonan bakso dengan menggunakan
sendok!
Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah …
A.
3-1-5-2-4
B.
3-2-1-5-4
C.
1-3-2-5-4
D.
1-3-5-2-4
2.
Bacalah dengan saksama teks berikut!
Panduan Membuat Rekening Tabungan dan Kartu ATM
1. Siapkan
keperluan administratif: KTP / SIM / kartu pelajar.
2. [ ... ]
3. Setelah
semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan
domisili Anda.
4. [ ... ]
5. Ketika
giliran Anda tiba, sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin membuka rekening
tabungan perorangan.
6. Jika semua
informasi sudah jelas isilah formulir yang diberikan.
7. Katakan,
Anda ingin mengaktifkan ATM ini.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
A. (2) Siapkan kendaraan untuk menuju Bank terdekat! (4)
Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer
Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil
B.
(2) Persiapkan uang tunai untuk
setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum
saldo di bank yang Anda pilih. (4) Tanyakan kepada petugas, bagaimana cara
mengisi formulir.
C. (2) Persiapkan
uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas
ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih. (4) Ambil nomor antrian untuk
mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.
D. (2) Siapkan kendaraan untuk menuju Bank terdekat (4)
Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai
Anda dipanggil.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Bacalah dengan saksama teks berikut!
Petunjuk Menyemir Sepatu
1.
Bersihkan
sepatu dengan sikat pembersih!
2.
Lalu lap
sepatu dengan kain yang bersih!
3.
[... ]
4.
Diamkan
sepatu hingga mengering sempurna!
5.
Setelah
kering, sepatu siap dikenakan!
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A.
Setelah bersih, poles dengan semir yang sesuai warna sepatu!
B.
Kemudian
jemur sepatu di tempat yang kena panas!
C.
Sepatu yang
telah disemir, siap
dikenakan kembali!
D.
Cucilah
kedua sepatu hingga benar-benar bersih!
4.
Bacalah dengan saksama teks berikut!
Cara Membuat Kecambah Kedelai
(1) Setelah direndam, tiriskan kedelai di tempat tirisan
bambu lalu tutup dengan daun pisang!
(2) Penyiraman dilakukan secara merata, pastikan
lendir yang dikeluarkan kedelai terbawa
air!
(3) Kedelai yang dipilih, cuci sampai bersih!
(4) Setelah bersih, kedelai direndam selama semalam!
(5) Pilihlah kedelai yang bagus!
(6) Siramlah kedelai 5 jam sekali selama 3 hari!
(7) Kecambah sudah jadi dan siap dikonsumsi!
Kalimat-kalimat
tersebut dapat disusun menjadi
petunjuk membuat kecambah kedelai dengan urutan nomor ....
A. (3)-(2)-(6)-(4)-(5)-(1)-(7)
B. (5)-(3)-(4)-(1)-(6)-(2)-(7)
C. (3)-(5)-(2)-(3)-(1)-(6)-(7)
D. (5)-(4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(7)
5.
Perhatikan teks berikut!
(1) Sesampainya di TMII kami berfoto-foto bersama teman teman dan
ibu/bapak guru.
(2) Kemudian kami
menyewa sepeda lalu berkeliling melihat rumah adat berbagai wilayah di
Indonesia.
(3) Setelah
istirahat sejenak, kami segera masuk ke dalam bus untuk melanjutkan perjalanan
ke Museum Gas dan Bumi.
(4) Hari pertama studi wisata, kami mengunjungi TMII yang
terletak di JakartaTimur.
(5) Sepanjang
perjalanan menuju tempat tujuan kami bersenda gurau.
(6) Lalu kami
diberi penjelasan tentang cara pengolahan, penggunaan alat, dan persebarannya
di Indonesia.
(7) Sesampainya di
sana kami disuguhi video tentang asal mula gas yang berasal dari bumi.
Kalimat-kalimat
tersebut dapat disusun menjadi paragraf laporan dengan urutan nomor ....
A.
(2)-(3)-(7)-(4)-(5)-(1)-(6)
B.
(4)-(2)-(1)-(5)-(7)-(3)-(6)
C.
(2)-(5)-(4)-(3)-(1)-(7)-(6)
D.
(4)-(5)-(1)-(2)-(3)-(7)-(6)
6.
Perhatikan teks berikut!
(1) Biji kedelai yang telah dipilih, dicuci sampai bersih.
(2) Lalu dilanjutkan dengan pencucian kedelai hingga
benar-benar tidak ada kulitnya lagi.
(3) Setelah 12 jam, kemudian kedelai digiling untuk
memisahkannya dengan kulit kedelai.
(4) Setelah bersih, biji kedelai direbus lalu direndam selama
12 jam.
(5) Proses pembuatan tempe diawali dengan pemilihan biji
kedelai yang baik.
(6) Tahap terakhir, setelah bersih kacang kedelai diberi ragi
dan didiamkan selama 3 hari dan hari ke-4, tempe siap dikonsumsi.
Urutan kalimat agar menjadi
paragraf padu adalah ....
A. (3)-(1)-(4)-(5)-(6)-(2)
B. (3)-(1)-(6)-(4)-(5)-(2)
C. (5)-(1)-(3)-(2)-(4)-(6)
D. (5)-(1)-(4)-(3)-(2)-(6)
7.
Cermatilah petunjuk yang disusun acak berikut!
Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci
(1)
Masukkan cucian ke dalam tabung
mesin cuci sesuai kapasitas.
(2)
Hubungkan mesin cuci dengan
sumber listrik yang memadai dan pastikan kabel listrik siap digunakan dengan baik.
(3)
Tuangkan sabun sesuai takaran
yang disarankan.
(4)
Tekan tombol “start”
(5)
Tutup pintu mesin cuci.
(6)
Ketika proses pencucian selesai
isi ulang air untuk siklus pembilasan (rinse) lalu tekan tombol “start”.
(7)
Pastikan mesin cuci memiliki
sumber air untuk mencuci, berupa selang yang menghubungkan mesin cuci dengan
keran air.
Urutan
penggunaan mesin cuci yang tepat adalah ...
A. (7) - (2) -
(1) - (3)
- (5) - (4) - (6)
B. (1) -
(7) - (2)
- (4) - (5) - (3) - (6)
C. 7) - (2) -
(3) - (1)
- (5) - (4) - (6)
D. (1) -
(7) - (3)
- (2) - (5) - (4) - (6)
8.
Cermatilah petunjuk rumpang berikut!
Tips Merawat
Wajah agar Putih secara Alami
1)
Kupas dan
cuci satu buah bengkoang.
2)
Parut dan
letakkan pada mangkuk bersih.
3)
Cucilah
wajah.
4)
Ambillah
bengkoang lembut tadi dan ratakan di wajah dan leher.
5)
Diamkan dulu
masker ini selama 15 menit hingga (...)
6)
Bersihkan
wajah dan bilas dengan air bersih.
7)
Keringkan
dan (...)
8)
Lakukan
seminggu dua kali untuk hasil maksimal.
Isian yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut
adalah ....
A.
(5) seluruh wajah merata; (7)
tepuk-tepuklah wajah dengan tangan
B.
(5) seluruh wajah merata; (7)
tepuk-tepuklah wajah dengan tangan
C.
(5) mengering alami; (7) bilaslah dengan air
bersih
D.
(5) mengering alami; (7) tepuk-tepuk dengan handuk bersih
9.
Bacalah dengan saksama teks berikut!
(1)
Ada lebih dari 22.000 meteorit yang terdokumentasi
pernah ditemukan di bumi.
(2)
Ilmuwan menduga pernah ada kehidupan di planet merah
pada 3,6 miliar tahun lalu.
(3)
Pada 1996, sekelompok ilmuan mengemukakan bahwa mereka
menemukan bukti kuat terkait mikrofosil pada meteorit Mars yang mendarat di wilayah
Antartika.
(4)
Benda luar angkasa ini diketahui memiliki komponen
organik yang tertanam di dalamnya.
(5)
Penemuan meteorit tersebut merupakan hasil riset yang
cukup lama dan berliku.
Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi sebuah laporan yang baik dengan susunan ....
A.
(4),
(5), (2), (1), (3)
B.
(3),
(4), (1), (5), (2)
C.
(1),
(4), (5), (3), (2)
D.
(2),
(5), (1), (4), (3)
10.
Petunjuk Penempatan Lemari Es
(1)
Berikan sirkulasi udara yang
cukup pada lemari es dengan jarak 20 cm atau lebih dari dinding
(2)
Jauhkan lemari es dari sumber
panas secara langsung yang dapat menyebabkan penurunan efisiensi lemari es.
(3)
[ …. ]
(4)
Putarlah kaki pengatur ketinggian
agar kedudukan lemari es bagian depan sedikit lebih tinggi daripada bagian
belakang.
(5)
Bersihkan lemari es sebelum
digunakan.
(6)
Hubungkan steker kabel daya ke
sumber tegangan yang sesuai dengan spesifikasi.
Kalimat imperatif yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah …
A.
Pilihlah
lantai yang rata untuk menempatkan lemari es!
B.
Gunakan alas
yang sesuai dengan ukuran lemari es!
C.
Siapkan
tempat yang akan digunakan untuk menghubungkan aliran listrik!
D.
Posisikan
lemari es tegak sejajar dengan dinding sejauh 20 cm!
11.
Bacalah dengan saksama petunjuk berikut!
Petunjuk Pengoperasian Lemari Es
(1)
Aturlah suhu dengan memutar
pengatur suhu sesuai dengan kebutuhan!
(2)
Jangan memasukkan makanan dalam
keadaan panas ke dalam lemari es!
(3)
Putar pengatur suhu pada kondisi
minimum!
(4)
Tutuplah pintu lemari es dan
jangan dibiarkan terbuka dalam jangka waktu yang lama!
(5)
Masukkan dan susunlah makanan ke
rak atau ruang-ruang yang tersedia!
(6)
Biarkan lemari es dalam keadaan
kosong selama 30 sampai 120 menit untuk menyelaraskan suhu udara di dalam!
Susunan kalimat yang tepat agar membentuk laporan yang
utuh adalah ....
A. (3) – ( 5) –
(2) – (1) – (4) – (6) C.
(1) – ( 3) – (6) – (2) – (5) – (4)
B. (3)
– ( 6) – (5) – (2) – (1) – (4) D. (1) – ( 5) – (2) – (1) – (4) – (3)
12.
Bacalah petunjuk cara memasak pudding susu yang disusun
acak berikut!
(1)
Tuang ke dalam cetakan dan
dinginkan.
(2)
Tambahkan air sebanyak 500ml ke
dalamnya dan aduk rata
(3)
Masukkan pudding susu ke dalam
wadah.
(4)
Masak sambil diaduk hingga
mendidih
(5)
Pudding susu siap dinikmati
(6)
Matikan kompor
Urutan kalimat
yang tepat teks prosedur tersebut adalah ....
A. 3-1-2-5-6-4 C.
3-2-1-5-2-4
B. 3-2-4-6-1-5 D.
3-4-1-3-5-4
13.
Perhatikan data berikut!
· Kucing hewan kelas mamalia yang sudah populer
dipelihara banyak orang.
· Kucing merupakan binatang karnivora.
· Jenis kucing
dikelompokkan menjadi dua
yaitu berdasarkan asalnya (kucing kampung,
anggora, dan kucing hutan) dan garis
keturunannya (kucing galur murni dan campuran).
· Ciri fisik kucing adalah matanya yang unik, kumis yang
berfungsi untuk menunjuk arah, bantalan halus pada kakinya, dan telinga kucing
yang memiliki tiga tulang yang berfungsi mendeteksi suara.
Penulisan teks laporan yang
sesuai dengan data-data tersebut adalah ...
A. Kucing merupakan hewan kelas mamalia dan
binatang sejenis karnivora. Ia memiliki
ciri-ciri fisik yaitu, matanya yang unik, kumis yang berfungsi untuk menunjuk
arah, bantalan halus pada kakinya, dan telinga kucing yang memiliki tiga tulang
yang berfungsi mendeteksi suara. Adapun jenis kucing dikelompokkan menjadi dua yaitu
berdasarkan asalnya (kucing kampung, anggora, dan kucing hutan) dan garis keturunannya (kucing galur murni
dan campuran).
B. Kucing merupakan
hewan kelas mamalia dan sejenis karnivora. Ia
memiliki ciri-ciri fisik yaitu, matanya yang unik, kumis yang berfungsi
untuk menunjuk arah, bantalan halus pada kakinya, dan telinga kucing yang
memiliki tiga tulang yang berfungsi mendeteksi suara. Adapun jenis kucing dikelompokkan menjadi dua yaitu
berdasarkan asalnya (kucing kampung, anggora, dan kucing hutan) dan garis keturunannya (kucing galur murni
dan campuran).
C. Kucing memiliki ciri-ciri fisik yaitu,
matanya yang unik, kumis yang berfungsi untuk menunjuk arah, bantalan halus
pada kakinya, dan telinga kucing yang memiliki tiga tulang yang berfungsi
mendeteksi suara. Adapun jenis kucing dikelompokkan menjadi dua yaitu berdasarkan asalnya.
D. Kucing merupakan hewan kelas mamalia dan
binatang sejenis karnivora yang sudah populer dipelihara banyak orang. Ia memiliki tiga tulang yang berfungsi
mendeteksi suara. Berdasarkan asalnya, kucing dikelompokkan menjadi tiga.
14.
Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!
(1)
Ada lebih dari 22.000 meteorit yang terdokumentasi
pernah ditemukan di bumi.
(2)
Ilmuan menduga pernah ada kehidupan di planet merah
pada 3,6 miliar tahun lalu.
(3)
Pada 1996, sekelompok ilmuan mengemukakan bahwa mereka
menemukan bukti kuat terkait mikrofosil pada meteorit Mars yang mendarat di
wilayah Antartika.
(4)
Benda luar angkasa ini diketahui memiliki komponen
organik yang tertanam di dalamnya.
Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi sebuah laporan yang baik jika disusun dengan urutan ....
A. (4), (5), (2), (1), (3) C. (2), (5), (1), (4), (3)
B. (3), (4), (1), (5), (2) D.
(1), (4), (5), (3), (2)
15.
Bacalah paragraf rumpang berikut!
Lomba
membaca puisi baru saja berakhir. Aku satu-satunya siswa yang dipercaya
mewakili sekolahku. Rasa penasaran menyelimutiku. Jantungku berdegup kencang,
keringat dingin mengalir dari dahiku. Juri telah selesai berdiskusi dan siap
mengumumkan juara. [ ... ] Aku berhasil meraih juara.
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Aku sangat senang
mengikuti lomba ini.
B.
Syukurlah usahaku selama ini tidak sia-sia.
C. Pengumuman itu sangat membahagiakan peserta.
D. Semua peserta terkejut mendengar pengumuman
itu.
Bacalah teks
berikut, kemudian kerjakan soal nomor 16 s.d. 18!
Berikut cara membuat kopi dengan cita rasa yang enak:
(1)
Panaskan dua cangkir air dengan
api sedang!
(2)
Jika air sudah panas atau hampir
matang masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk hingga air mendidih
kemudian masukkan bubuk cokelat!
(3)
[….]
(4)
Tuangkan kopi hitam panas tadi ke salah satu mug berukuran sedang kemudian mulailah menyaring kopi hitam ke mug yang lain.
(5)
Angkat tinggi-tinggi mug ketika
menyaring dan lakukan berkali-kali sampai kopi hitam mengeluarkan busa!
(6)
Siapkan cangkir dengan gula,
kemudian saring lagi untuk yang terakhir kali ke dalam cangkir gula yang sudah disiapkan. Hias kopi dengan granule sesuka Anda!
(7) Kopi siap
disajikan!
16.
Tujuan penulisan teks tersebut
adalah….
A. menjelaskan cara membuat kopi dengan cita
rasa yang enak
B. cara memanaskan dua cangkir air untuk menyeduh kopi
C. cara menghias kopi dengan granule
D. cara memasukkan kopi dalam air mendidih
17.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ….
A. Aduk kopi dan bubuk cokelat hingga tercampur!
B. Siapkan saringan kopi dari kain halus dan
dua buah mug sedang!
C. Masukkan dua sendok makan gula pasir!
D. Siapkan gula pasir dan krimmer!
18.
Penulisan kata yang tidak baku dalam teks tersebut adalah ….
A. cangkir, menyeduh C.
granule, menyeduh
B. mug,
menyeduh D.
mug, granule
19.
Bacalah teks rumpang berikut!
Pencangkokan Tanaman
Pencangkokan tumbuhan dapat dilakukan melalui cara
berikut. Pertama, carilah dahan yang ukurannya sedang! Kedua, ukurlah jarak
antara batang pohon dan tempat yang akan dikupas kulitnya paling sedikit ± 10
cm! Ketiga, kupaslah sekeliling kulit dahan yang akan dicangkok dengan panjang
kupasan ± 5 cm! Keempat, keriklah lendir atau kambium dahan tersebut dengan
perlahan agar kering! Kelima, tutuplah hasil kupasan dengan tanah! Keenam,
bungkuslah tanah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak
jatuh!
Informasi
tersurat dalam kutipan teks tersebut
adalah ...
A. Macam tanaman yang
dikembangbiakkan dengan pencangkokan.
B. Manfaat pengembangbiakan tanaman melalui pencangkokan.
C. Salah satu
cara mencangkok adalah mengerik kambium dahan.
D.
Keuntungan dan kerugian pencangkokan
tanaman.
20. Perhatikan petunjuk memakai bedak dingin berikut!
(1) Bersihkan wajah
dengan air hangat!
(2) Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!
(3) Keringkan dengan
handuk lembut!
(4) [...]
(5) Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
(6) Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut
adalah...
A. Ulangi
sekali lagi langkah kedua!
B. Ratakan
bedak agar tidak terkesan coreng-moreng!
C. Basuhlah
dengan air hangat-hangat secukupnya!
D. Siapkan handuk kering untuk menyeka bedak!
21.
Cara Mematikan
Komputer
(1) Tutup semua
program atau aplikasi yang sedang aktif!
(2) Klik tombol
“start”!
(3) Klik menu “shut
down”!
(4) Tunggu beberapa
saat hingga komputer mati!
(5) Tekan tombol
“off” pada monitor untuk mematikan monitor!
(6) Cabut kabel
listrik dari jala-jala listrik!
Teks tersebut jika diubah menjadi teks eksposisi, yaitu...
A. Cara mematikan komputer. Pastikan
sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kalau Kemudian
klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse
atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut
down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah
kemudian cabut listrik dari colokannya.
B. Komputer yang sudah tidak
dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak
boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan
komputer yang benar yaitu, klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah
layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard.
Pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif.
Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar
komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.
C. Komputer yang sudah tidak
dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Kalau kita memaksakan
mematikan komputer padahal masih ada aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan
hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut hilang. Mematikan komputer tidak boleh
sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan
komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi
yang masih aktif. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah
layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard.
Selanjutnya klik menu “shut down”. Barulah kemudian cabut listrik dari
colokannya.
D. Komputer yang sudah tidak
dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak
boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan
komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi
yang masih aktif. Kalau kita memaksakan mematikan komputer padahal masih ada
aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut
hilang. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor
dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya
klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer
sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.
22.
Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!
(1)
Benda hidup perlu makanan dan
berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan.
(2)
Lingkungan hidup adalah segala
sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.
(3)
Jika terpelihara dengan baik,
lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram,
lahir dan batin.
(4)
Benda mati antara lain tanah,
air, api, batu, dan udara.
(5)
Lingkungan hidup ini mencakupi
benda hidup dan benda mati.
Kalimat-kalimat tersebut
akan menjadi teks laporan jika disusun dengan urutan ….
A.
2-5-4-1-3 C. 3-2-5-4-1
B.
2-5-1-4-3 D.
3-2-4-5-1
23.
Petunjuk Membuat Roti Mania
(1)
Larutkan gula dan garam dalam air!
(2) Masukkan susu bubuk dalam tepung yang sudah
disediakan!
(3)
Campurkan semuanya beserta ragi
pengembang dalam air!
(4)
[...]
(5)
Masukkan margarine dan kocoklah sampai
adonan mengembang!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A. Oleskan
margarine pada tempat secara keseluruhan!
B. Tambahkan
sedikit air dan aduk sampai merata!
C. Cairkan
sedikit margarine dan masukkan dalam adonan!
D. Satukan
adonan pertama sampai ketiga!
24. Bacalah dengan saksama teks berikut!
(1)
Bus tersebut menampung 40 siswa
dan 4 orang guru sebagai pendamping.
(2)
Pembekalan itu disampaikan oleh
kepala sekolah yang berpesan agar seluruh siswa menjaga nama baik sekolah.
(3)
Setelah semua hal teknis selesai,
bus berangkat menuju lokasi wisata.
(4)
Sebelum berangkat menuju lokasi,
seluruh siswa mengikuti pembekalan terakhir.
(5)
Selanjutnya, seluruh siswa
dipersilakan memasuki bus yang telah ditentukan.
(6)
Perjalanan menuju lokasi wisata
sangat menyenangkan karena diisi dengan permainan.
Urutan kalimat agar menjadi paragraf laporan yang padu
adalah ....
A. (1)-(5)-(4)-(2)-(6)-(3) C.
(4)-(5)-(1)-(3)-(2)-(6)
B. (1)-(5)-(6)-(4)-(2)-(3)
D. (4)-(2)-(5)-(1)-(3)-(6)
25.
Bacalah teks berikut!
(1) Olahraga secara rutin sangat bermanfaat bagi tubuh. 2)
Akan tetapi, banyak orang yang enggan berolahraga dengan berbagai alasan. 3) Olahraga
merangsang terbentuknya senyawa yang meningkatkan memori manusia. (4) Alasannya
tidak mempunyai waktu, sudah lelah bekerja, dan sebagainya.
Perbaikan paragraf supaya padu dengan menghilangkan
kalimat ....
A. (1) C. (3)
B. (2) D.
(4)
B. Uraian
Buatlah teks
laporan percobaan dengan tema sebagai berikut!
Judul :
Buah dan Kandungan Listrik
Nama Siswa :
……………………………………..
Pendahuluan :
Tujuan :
Hipotesis :
Bahan dan Metode :
Data :
Hasil :
Kesimpulan :
Rujukan :
Buat Laporan Percobaan “Buah dan Kandungan Listrik” ke dalam bentuk
paragraf!
EmoticonEmoticon