Soal Uji Coba P-1

PAKET 01
UTAMA

 




TES UJI COBA UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
 

LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas                 : IX ( Sembilan )
Hari / Tanggal    : Rabu, 29 Maret 2017
Waktu                : 07.30 –09.30 WIB ( 120 Menit )

PETUNJUK UMUM
1.    Tulislah dahulu nomor peserta dan nama Anda pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang telah disediakan!
2.    Periksa dan bacalah soal-soal lebih dahulu sebelum Anda menjawabnya!
3.    Jumlah soal sebanyak 50 butir pilihan ganda dan semuanya harus dijawab.
4.    Laporkan kepada Pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, ada yang rusak atau jumlah soalnya kurang!
5.    Kerjakan lebih dahulu soal-soal yang Anda anggap mudah!
6.    Kerjakan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK), yang telah disediakan dengan menggunakan pensil 2B!
7.    Hitamkan dengan pensil 2B pada lingkaran di bawah huruf jawaban yang Anda  paling benar!
       Contoh:
            A                   B                    C                       D
 

8.    Apabila ada jawaban yang Anda anggap salah dan Anda ingin membetulkannya, hapuslah jawaban tadi dengan karet penghapus yang baik sampai bersih, kemudian hitamkan pada lingkaran yang  benar!
       Contoh: pilihan semula
            A                   B                    C                       D


       dibetulkan menjadi
            A                   B                    C                       D


PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah salah satu jawaban yang  paling benar dengan menghitamkan lingkaran di bawah huruf jawaban yang Anda pilih!

1.      Bacalah teks berikut!
Dengan berbagai teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan dapat menjadi sumber bahan pokok makanan seperti beras, sayur-mayur, dan ikan. Dengan kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang bernilai gizi tinggi diharapkan dapat terpenuhi.
Makna kata intensifikasi pada teks tersebut adalah …
A.    memperluas lahan supaya lebih produktif
B.    cara dengan menggunakan alat yang modern
C.    kegiatan/usaha menuju ke arah yang lebih baik
D.    memberi pupuk pada lahan supaya lebih subur

2.      Bacalah dengan saksama teks berikut!
Pencangkokan Tanaman
Pencangkokan tumbuhan dapat dilakukan melalui cara berikut. Pertama, carilah dahan yang ukurannya sedang! Kedua, ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan dikupas kulitnya paling sedikit ± 10 cm! Ketiga, kupaslah sekeliling kulit dahan yang akan dicangkok dengan panjang kupasan ± 5 cm! Keempat, keriklah lendir atau kambium dahan tersebut dengan perlahan agar kering! Kelima, tutuplah hasil kupasan dengan tanah! Keenam, bungkuslah tanah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak jatuh!
Informasi tersurat dalam  kutipan teks tersebut adalah ...
A.    Macam tanaman yang dikembangbiakkan dengan pencangkokan.
B.    Manfaat pengembangbiakan tanaman melalui pencangkokan.
C.    Salah satu cara mencangkok adalah mengerik kambium dahan.
D.    Keuntungan dan kerugian pencangkokan tanaman.

3.      Bacalah dengan saksama teks berikut!
(1) Namun, jangan khawatir, walaupun tergolong jenis hama, keong mas sebenarnya dapat memberi manfaat yang positif. (2) Selain itu, keong mas juga dapat menjadi komoditas prospektif untuk menambah  penghasilan. (3) Manfaat positif dari keong emas, antara lain, dapat dijadikan sebagai pakan ternak, ikan, udang, sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat. (4) Keong mas juga berfungsi untuk obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit tremoda yang menyebabkan gatal-gatal.
Kalimat yang menyatakan pertentangan pada teks tersebut, ditandai dengan nomor
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)

4.      Bacalah dengan saksama teks berikut!
Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak mampu lagi membendung butiran air.  Matahari pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela kamarnya.

Makna kata “membendung” pada kutipan cerpen tersebut ialah ….
A.    membentengi
B.    menampung
C.    mengumpulkan
D.    menahan

5.      Bacalah dengan saksama kutipan cerpen berikut!
Danu sudah lima hari tidak masuk sekolah. Ia berusaha mencari uang bersama ayahnya untuk membiayai sekolahnya. Pada sore hari Pak Imam guru sekolahnya, datang ke rumah Danu. Pak Imam bertanya kepada Danu mengapa sudah lima hari tidak masuk sekolah. Danu berterus terang bahwa ia mencari uang bersama ayahnya untuk membiayi sekolahnya. Cukup lama mereka berbincang. Tidak lama kemudian Pak Imam berkata kepada Danu untuk terus bersekolah, dan Pak Imam akan membiayai sekolah Danu.
Sumber: http://sederhanatapimembantu.blogspot.com
Makna tersurat yang terdapat pada kutipan teks cerpen tersebut adalah ...
A.    Danu dan orang tuanya dipanggil untuk menghadap kepala sekolah.
B.    Danu dapat bantuan untuk membayar uang sekolahnya.
C.    Pihak sekolah memberikan bantuan kepada Danu.
D.    Pihak sekolah menagih uang bayaran sekolah.

6.      Bacalah dengan saksama kutipan cerpen berikut!
Di sebuah desa yang baru saja tertimpa bencana alam, duduklah seorang tua renta di bawah pohon yang hampir tumbang. Orang tua itu bernama Pak Cokro. Ia memandangi puing-puing rumah yang tak menyisakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan. Tiba-tiba, Pak Cokro bangkit lalu memukul-mukul puing-puing rumah itu dengan penuh amarah. Dia berteriak-teriak, tangannya diangkat ke atas, lalu terduduk sambil tersedu-sedu menahan tangis. Namun, tak terbendung. Air mata itu terlalu deras untuk tidak keluar dari sudut-sudut matanya yang kosong.

Kutipan teks cerita tersebut termasuk bagian ....
A.    pengenalan
B.    konflik
C.    antiklimaks
D.    penyelesaian
7.      Bacalah dengan saksama kutipan fabel berikut!
Di tengah pertandingan, Kancil dengan santainya berlari, sedangkan Zebra tengah berusaha berlari cepat. Kancil sedang mencari akal untuk membuat Zebra kalah. Berkali-kali Kancil membuat  jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat sampai pada garis finis Kancil membuat rencana lagi yaitu dengan memberikan air minum pada Zebra yang sudah dicampur dengan obat tidur. Zebra pun menolaknya dan Kancil disuruh untuk meminum air itu. Namun, Kancil tidak meminumnya. “Kenapa kamu tidak meminum air ini saja?” kata Zebra.

Kutipan fabel tersebut adalah bagian ....
A.    orientasi / pengenalan
B.    komplikasi / konflik
C.    resolusi / penyelesaian
D.    koda / pesan di akhir cerita

8.      Bacalah dengan saksama kalimat berikut!
Dalam pengolahan […] pertanian terdapat dua cara, yaitu ekstensifikasi pertanian dan intensifikasi pertanian.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A.    tanah
B.    bidang
C.    sektor
D.    lahan

9.      Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
       (1) Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. (2) Di negara ini terdapat […] yang khas seperti burung cendrawasih dan komodo. (3) Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. (4) Alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor (2) tersebut adalah ….
A.    tanaman
B.    satwa
C.    tumbuhan
D.    ternak

10.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
(1) Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. (2) Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. (3) Ia berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. (4) Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya.

Kesalahan penulisan ejaan pada paragraf teks biografi tersebut adalah ....
A.   Raden
B.   kraton
C.   hitungan
D.  berganti

11.    Bacalah dengan saksama dua berikut!
(1) Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. (2) Novel ini memberi motivasi, semangat dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat untuk sekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Kesalahan tanda baca yang terdapat pada kalimat-kalimat tersebut adalah ….
A.    tanda koma setelah kata tadi
B.    tanda titik setelah kata ini
C.    tanda koma setelah kata motivasi
D.    tanda titik setelah kata tinggi


12.    Bacalah dengan saksama kalimat berikut!
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menipu pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.

Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ….
A.    disajikan
B.    cantik
C.    menipu
D.    merasakan

13.    Bacalah dengan saksama teks berikut!
(1) Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan.(2) Buta aksara harus terus diberantas. (3) Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi dari berbagai media. (4) Bahkan kemahiran membaca siswa di sekolah, terutama di sekolah terpencil masih sangat rendah.

Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat nomor ….
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)

14.    Bacalah dengan saksama kutipan teks berikut!
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan jika orang tua dan anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobby, serta kapan dan di mana anak harus bermain game online secara proporsional, dan bertanggungjawab.

Kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam teks ulasan tersebut adalah ….
A.    penulisan kata fisik dan hobby
B.    penulisan kata hobby dan bertanggungjawab
C.    penulisan kata hobby dan game online
D.    penulisan kata game online dan proporsional

15.    Bacalah dengan saksama kalimat berikut!
Saya membeli alat tulis: ball point, penggaris dan penghapus.

Kesalahan penggunaan tanda baca tersebut adalah …
A.    tanda koma (,) seharusnya ditelakkan setelah kata penggaris
B.    tanda titik dua (:) setelah kata alat tulis, seharusnya dihilangkan
C.    tanda koma (,) setelah kata ball point seharusnya dihilangkan
D.    tanda titik (.) setelah kata penghapus seharusnya dihilangkan

16.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
(1) Lidah buaya adalah tumbuhan yang telah lama dipakai untuk menyuburkan rambut, pemulih luka, serta untuk perawatan kulit. (2) Tumbuhan yang mendapatkan nama Latin Aloe vera ini bisa tumbuh dengan baik pada kawasan kering seperti negara Afrika. (3) Kegunaan lidah buaya tidak serta merta hadir begitu saja. (4) Itu semua berlaku berkat kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti zat kimia enzim, asam amino, dan polisakarida.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)

17.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan dalam sekolah maupun lingkungan luar sekolah. Setiap sekolah mengajari anak didiknya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara menjaga kebersihan, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.
Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ...
A.      Sekolah mengajari anak didiknya menjaga kebersihan lingkungan.
B.    Banyak cara menjaga kebersihan lingkungan.
C.    Kebersihan sekolah banyak dilombakan.
D.    Kebersihan lingkungan sekolah penting untuk menciptakan kenyamanan.

18.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!
Pada era global, sumber daya manusia (SDM) handal merupakan kebutuhan yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan SDM handal dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM handal adalah melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dan hari efektif yang pasti.

Simpulan isi bacaan tersebut adalah…
A.      Pada era global, setiap negara membutuhkan SDM yang handal sebagai kebutuhan mendasar.
B.      SDM yang handal dapat diupayakan melalui berbagai cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan.
C.      SDM yang handal menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap negara baik negara maju maupun berkembang.
D.     Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk menghasilkan SDM handal.

19.    Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!
(1)   Banyak sekolah, terutama sekolah dasar dan menengah pertama melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah, tetapi banyak juga yang membolehkannya.
(2)   Dengan membawa telepon seluler ke sekolah, orang tua merasa nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya jika terjadi perubahan jadwal, kondisi darurat, dan sejenisnya.
(3)   Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi yang terdapat di telepon seluler dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan terganggu.
(4)   Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan bermusyawarah dengan orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat.

Pendapat yang menyatakan persetujuan terdapat pada kalimat bernomor ….
A.    (4)
B.    (3)
C.    (2)
D.    (1)

20.    Bacalah dengan saksama teks berikut!
Lahir di Mayong dengan nama Raden Mas Panji Sosrokartono pada hari Rabu Pahing tanggal 10 April 1877 M. Beliau adalah putera R.M. Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Sejak kecil Sosrokartono seorang yang cerdas dan mempunyai kemampuan membaca masa depan. Kakak dari ibu kita Raden Adjeng Kartini ini, setelah tamat dari Eropesche Lagere School di Jepara, melanjutkan pendidikannya ke H.B.S. di Semarang. Pada tahun 1898 Sosrokartono lalu meneruskan sekolahnya ke negeri Belanda.
Sosro awalnya masuk di sekolah Teknik Tinggi di Leiden. Tetapi merasa tidak cocok, sehingga pindah ke Jurusan Bahasa dan Kesusastraan Timur. Beliau merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang meneruskan pendidikan ke negeri Belanda, yang pada urutannya disusul oleh putera-putera Indonesia lainnya.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah …
A.    Sosrokartono seorang yang cerdas dan mempunyai kemampuan membaca masa depan.
B.    Sosrokartono adalah anak Bupatyi Jepara.
C.    Sosrokartono merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang meneruskan pendidikan ke negeri Belanda.
D.    Sosrokartono adalah kakak dari ibu kita Raden Adjeng Kartini.

21.    Bacalah dengan saksama teks berikut!
Jarang sekali remaja yang mau menuliskan pengalamannya pada buku harian. Padahal, bila remaja mau menuliskan pengalaman yang didapatkan setiap hari, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis baik fiksi dan nonfiksi. Pengalaman yang ditulis pada buku harian, suatu saat dapat dikembangkan menjadi karya kreatif cerpen atau novel. Selain itu, dapat pula dikembangkan menjadi pengalaman baru bagi remaja yang membacanya.
Pada usia remaja sedang berkembang pikiran dan kemampuannya jangan sia-siakan pengalaman yang kalian dapat setiap hari. Tulislah pada buku harian walau hanya garis besarnya. Gunakanlah waktu luang untuk membaca dan merenungkan salah satu pengalaman tersebut dan uraikan dalam bentuk fiksi atau nonfiksi.          
Ringkasan isi teks tersebut adalah...
A.    Remaja masih jarang yang menuliskan pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman yang ditulis, dapat menjadi bahan bacaan bagi remaja lain.
B.    Remaja masih jarang yang menuliskan  pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis fiksi dan nonfiksi.
C.    Remaja yang menuliskan pengalamannya pada buku harian sudah semakin jarang padahal pikiran dan kemampuan remaja sedang berkembang.
D.    Remaja hanya sesekali mau menulis pengalamannya pada buku harian. Padahal, remaja mempunyai banyak waktu untuk menulis pengalamannya.

22.    Bacalah dengan saksama kutipan fabel berikut!
Pedagang yang merasa marah, kemudian membawa keledainya tersebut ke pasar. Keledai tersebut dimuati keranjang yang sangat besar berisi spons. Ketika mereka kembali tiba di tengah sungai, keledai kembali dengan sengaja menjatuhkan diri. Namun, saat pedagang tersebut membawanya ke pinggir sungai keledai menjadi sangat tidak nyaman karena harus terpaksa menyeret dirinya pulang ke rumah dengan beban sepuluh kali lipat berat sebelumnya.

Isi tersirat dalam teks fabel tersebut adalah ….
A.    setiap hari keledai bekerja dengan sangat berat
B.    pedagang dan keledai saling bekerja sama dengan baik
C.    keledai bisa melaksanakan tugas dengan baik
D.    pedagang ingin memberi pelajaran pada si keledai

23.    Bacalah dengan saksama kutipan cerita berikut!
Tersebutlah seorang anak Madura bernama Jaka Tole. Karena kesaktiannya, ia berhasil menegakkan pintu gerbang Keraton Majapahit. Jaka Tole seorang prajurit yang tangkas dan cekatan dalam memimpin pasukan. Setiap pemberontakan terhadap Majapahit selalu berhasil ia padamkan dengan tidak terlalu banyak memakan korban. Tidak aneh kalau Raja sangat sayang kepadanya. Ia sering mendapat hadiah dari Raja.

Simpulan isi dari teks tersebut adalah...
A.    Jaka Tole berasal dari Madura.
B.    Jaka Tole senang mendapat hadiah dari Raja.
C.    Karena ketampanannya, Jaka Tole sangat disayangi Raja.
D.    Karena kesaktian dan ketangkasannya, Jaka Tole sangat disayangi Raja.

24.    Bacalah dengan saksama penggalan cerita berikut!
“Bagaimana masalah uang sekolahmu?” tanya Mak sambil memegang surat peringatan dari sekolah tentang tunggakan biaya pembangunan selama lima bulan.
      “Bagaimana lagi Mak? Mak kan gak punya uang. Gini aja Mak, buat kuenya yang banyak, kita jual ke pasar agar dapat uang banyak pula,” hibur Ririn
      “Tapi kan bisa rugi kalau tidak laku semua, Rin....”

Sebab konflik penggalan teks tersebut adalah ...
A.      Jual kue di pasar tidak laku-laku.
B.      Jualan kue untuk membayar sekolah.
C.      Ririn mendapat surat peringatan dari sekolah karena belum bayar uang pembangunan.
D.     Ingin membuat kue yang banyak, tetapi takut tidak laku dijual ke sekolah.

25.    Bacalah dengan saksama kutipan fabel berikut!
Pedagang yang merasa marah, kemudian membawa keledainya tersebut ke pasar.Keledai tersebut dimuati keranjang yang sangat besar berisi spons.Ketika mereka kembali tiba di tengah sungai, keledai kembali dengan sengaja menjatuhkan diri.Namun, saat pedagang tersebut membawanya ke pinggir sungai keledai menjadi sangat tidak nyaman karena harus terpaksa menyeret dirinya pulang ke rumah dengan beban sepuluh kali lipat berat sebelumnya.

Akibat konflik tersebut adalah ….
A.      Pedagang marah pada keledai yang menjatuhkan bawaannya
B.      Keledai membawa beban spons yang awalnya sangat ringan
C.      Keledai harus melewati sungai setiap kali pergi ke pasar
D.     Keledai merasa tidak nyawan karena beban yang dibawanya

26.    Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut!
(1)    Dari sekolah, seorang anak bisa mendapatkan bekal pengetahuan, yang bermanfaat untuk  membentuk karakter itu sendiri.
(2)    Kesuksesan yang dicapai seseorang tak bisa dilepaskan dari kualitas karakter pribadinya, yang terbangun sejak lama.
(3)    Salah satu tempat yang bisa diandalkan dalam pembentukan karakter adalah sekolah.
(4)    Pendidikan karakter itu sendiri harus dimulai sejak dini.
(5)    Karakter seseorang yang telah terbentuk sejak kecil  bisa dijamin bahwa seseorang itu dapat menhadapi segala macam tantangan hidup yang dialami.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks eksposisi jika disusun dengan urutan ….
A.      1-2-3-4-5
B.      2-4-3-1-5
C.      1-5-4-3-2
D.     2-1-4-3-5

27.    Perhatikan petunjuk memakai bedak dingin berikut!
(1) Bersihkan wajah dengan air hangat!
(3) Keringkan dengan handuk lembut!
(2) Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!
(5) Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
(6) Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!
(4) [...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur tersebut adalah...
A.    Ulangi sekali lagi langkah kedua!
B.    Ratakan bedak agar tidak terkesan coreng-moreng!
C.    Basuhlah dengan air hangat-hangat secukupnya!
D.    Siapkan handuk kering untuk menyeka bedak!

28.    Perhatikan kutipan ulasan berikut!
(1) Polemik ujian nasional menjadi persoalan panjang. (2) Mahkamah Agung (MA) pernah mengeluarkan putusan nomor 2596 K/PDT/2008 yang mengabulkan gugatan kelompok “korban unas” agar pemerintah meningkatkan kualitas guru, sarana dan prasarana, akses informasi di seluruh Indonesia sebelum mengeluarkan kebijakan unas. (3) ... (4) Bahkan kegiatan ini seolah-olah mirip situasi darurat, karena melibatkan pengawalan polisi sejak mencetak soal sampai penyelenggaraan unas.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut adalah...
A.    Pemerintah menganggap ujian nasional merupakan sesuatu yang sangat penting.
B.    Para penggugat merasa puas atas putusan Mahkamah Agung tersebut.
C.    Akan tetapi ujian nasional tetap dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.
D.    Akhirnya pemerintah melaksanakan moratorium ujian nasional.



29.    Perhatikan kalimat berikut!
Jalan-jalan di kota besar perlu ... untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....
A.    diperluas                                               
B.    diperlebar                                                
       C.    diperbaiki
       D.    diperpanjang

30.    Perhatikan kalimat berikut!
Hasil sawah daerah rawa itu baik sekali, ... tidak semua orang berani menggarap tanah rawa tersebut.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....
A.    padahal                                                 
B.    walaupun                                               
       C.    meskipun
       D.    akan tetapi

31.    Perhatikan kalimat berikut!
Di ... perumahan mewah, kami kesulitan menemukan kios ... , padahal hari sudah beranjak sore.

Kata yang ejaannya tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A.    kompleks; fotokopi                                 
B.                                                                 kompleks; foto kopi
C.    komplek; fotokopi
D.    kompleks; photo copy

32.    Perhatikan kalimat berikut!
Yang sangat kita butuhkan adalah alat tulis (...) buku, pensil, penggaris, dan penghapus.
      
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ....
A.    tanda hubung (-)                                    
B.    titik koma (;)
C.    koma (,)
D.    titik dua (:)

33.    Cermati kutipan teks berikut! 
Teks I
Teks II
Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan buah mangga yang cukup manis dan besar.
Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan situasi amburadul. Mereka mau berangkat kerja saja membutuhkan waktu yang berte-tele. Jalanan sumpek buthek dan udara kotor jadi langganan. Ditambah lagi pengendara ngawur yang suka main serobot. Bahkan kadang umpatan lamis keluar dari mulut mereka.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah …

Teks I
Teks II
A
beragam bahasa resmi
beragam bahasa tidak resmi
B
beragam bahasa tidak resmi
beragam bahasa resmi
C
menggunakan kata penghubung sebab
menggunakan kata penghubung dan
D
menggunakan kata penghubung dan
menggunakan kata penghubung yang menguatkan

34.    Bacalah dengan saksama kutipan resensi berikut!
       Buku Tokyo Tower: Antara Anak, Ibu dan Terkadang Ayah ini menceritakan perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anaknya dan perjuangan pemuda, bernama Mayasa, untuk menemukan makna hidup dan bangkit dari keterpurukan untuk membahagiakan sang Ibu. Karya Lily Franky ini memberikan arti fundamental tentang keluarga. Bagi seorang anak yang ingin tahu cara berbuat baik pada kedua orangtuanya harus membaca buku ini. Kandungan makna tentang beratnya perjuangan ibu dalam membesarkan anaknya menggugah kita untuk terus berbakti kepada kedua orangtua, terutama ibu. Sehingga kita mengetahui cara seorang anak berbuat baik kepada kedua orangtuanya dan bisa memahami keputusan yang diambil mereka dalam mengarahkan masa depan. Sayangnya buku ini lebih cocok untuk dibaca kalangan dewasa karena masalah-masalah yang dibahas cenderung masalah kehidupan orang-orang dewasa.

Berdasarkan kutipan resensi buku Tokyo Tower: Antara Anak, Ibu dan Terkadang Ayah  tersebut pernyataan yang berupa keunggulan adalah...
A.      Buku tersebut hanya cocok untuk kalangan dewasa saja.
B.      Mampu mengispirasi anak untuk berbakti pada orangtuanya.
C.    Memberikan contoh realitas kehidupan kalangan remaja.
D.    Menunjukkan keberhasilan yang diraih setelah keterpurukan.

35.    Bacalah dengan saksama kutipan resensi berikut!
                                                                     Buku Be Your Superself yang bertajuk membangun potensi diri untuk menjadi seorang yang sukses ini membawa pembaca untuk lebih mengenal potensi diri dan mengembangkannya menjadi aset yang tidak didapati pada orang lain. Buku ini berisi tentang pengamatan penulis dalam kehidupan nyata, penjabaran problem-problem dalam mencapai potensi diri, menguatkan diri terhadap berbagai kegagalan yang terjadi, mengatasi risiko terburuk, hingga menguak rahasia bagaimana membangun bisnis dengan keahlian dan potensi diri. Selain itu buku ini juga menguak kesuksesan ‘Nick Vujicic’ yang menjadi seorang yang sukses walaupun tak mempunyai anggota tubuh yang lengkap. Buku ini mudah dipahami karena menggunakan bahasa sederhana. Dalam buku ini terlalu banyak iklan dan promosi di bagian tengah dan akhir buku.

Berdasarkan kutipan resensi tersebut, pernyataan yang berisi kelemahan teks tersebut adalah...
A.    Menampilkan contoh kisah sukses orang anggota tubuhnya tidak lengkap.
B.    Banyak menggunakan ilustrasi iklan di bagian tengah dan bagian akhir buku.
C.    Bahasa yang digunakan dalam buku tersebut cenderung sederhana sehingga terkesan dangkal.
D.    Menyulitkan pembaca dalam menemukan potensi dan keunggulan diri.

36.    Bacalah kutipan teks berikut!
       Aktivitas belajar bukanlah suatu kegiatan yang dilakukan tanpa pengaruh dari faktor lain. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga. Belajar tidak akan pernah dilakukan tanpa suatu dorongan yang kuat, baik dalam dirinya, yang lebih utama maupun dari luar sebagai upaya lain yang tidak kalah pentingnya. Faktor lain yang mempengaruhi aktivitas belajar seseorang itu dalam pembahasan ini disebut motivasi. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktivitas belajar siswa. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi, berarti tidak ada
kegiatan belajar.

Komentar yang tepat sesuai isi kutipan teks tersebut adalah ...
A.    Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam belajar, yaitu dorongan dari diri sendiri dan orang lain.
B.    Motivasi dan semangat dapat mengalahkan kemalasan dalam belajar.
C.    Kemauan diri yang kuat untuk belajar dapat mengalahkan motivasi dari luar dirinya.
D.    Motivasi merupakan kunci utama yang mempengaruhi seseorang untuk belajar.

37.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Cerpen I
Cerpen II
            Detak yang lamban. Seperti kemarin juga. Serupa sebelum-sebelumnya jua. Pukul dua belas tengah malam. Angin menusuk gigil. Mencucuk sumsum dan tulang. Aku memasang jaket dan beranjak meninggalkan rumah. Menuju jantung kota kecilku, sekaligus menceburkan diri ke dalam malam. Berjalan di atas lintasan trotoar yang menenggelamkanku ke ruang-ruang lengang melenakan.
            Kuingat kata-kata ibu sore tadi. Di beranda tempat kami bisa minum teh seraya menyaksikan kelopak-kelopak mawar. Bercerita dan bersenda sambil menunggu senja tiba. Namun, sore kali ini menjadi lain. Setelah aku bercerita panjang, akhirnya ibu berkata keras kepadaku seolah- olah saja ia sedang disengat kalajengking.
            Jajaran pohon bambu di belakang rumah hanya kelihatan pucuk-pucuknya dari ruang kerja yang dibuat di lantai dua. Ini untuk melukiskan, bagaimana rumah mereka berada di atas tanah dengan tekstur berbukit, di mana beberapa sisi kemudian terlihat sebagai pemandangan yang letaknya di bawah. Di seberang sana, lembah dan gunung-gunung. Tempat tinggal mereka seolah mengapung di udara dan memang begitulah rancangan sahabatnya, lulusan sekolah arsitektur terkemuka di Inggris. Sahabat itu sebelumnya sampai mendesak, ingin tahu lebih tegas lagi segi-segi hubungan dia dengan sang istri (karena itu segi paling penting untuk mengonfigurasi tempat tinggal katanya), kebiasaan serta irama keseharian mereka, sampai impian bahkan impian yang boleh jadi berada di balik kehidupan yang nyata, fana.

Perbedaan pengunaan pola pengembangan kedua teks cerpen tersebut adalah ....

Cerpen I
Cerpen II
A
kapan, apa
di mana, apa
B
kapan, di mana
di mana, mengapa
C
mengapa, apa
apa, mengapa
D
di mana, mengapa
kapan, di mana

38.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Cerpen I
Cerpen II
            Setiap orang yang sedikit banyak kenal politik di seluruh dunia mengernyitkan keningnya, karena dendam, karena kuatir, karena marah. Tapi Pak Kusno tersenyum senang pada hari itu. Ia telah berhasil, apa yang disangkanya semula sesuatu yang tidak bisa, membelikan Kusno sebuah celana pendek.
         Pada waktu itu Kusno berusia 14 tahun. Baru tamat sekolah rakyat. Sekarang hendak melamar pekerjaan. Dan dengan celana baru, rasanya baginya segala pekerjaan terbuka.
Ia akan membuktikan kepada ayahnya, bahwa ia adalah anak-anak yang tahu membalas guna. Pendek kata, keluarga Kusno pada hari itu bergirang hati seperti belum pernah sebelum itu. Dan kabarnya tentang Pearl Harbour tidak bergema sedikit pun juga dalam hati orang sederhana itu.

            Tadi pagi aku ngamuk. Rasanya ini amukanku yang terdahsyat sepanjang sejarah. Kesel banget. Sumbernya, yah, siapa lagi kalau bukan si Ijah. Itu pembantu baru yang suka bikin takjub orang serumah. Bayangkan saja, makalah yang sudah setengah mati kubuat, seenaknya saja dibuang ke tempat sampah. Dia tidak tahu betapa besarnya pengorbananku untuk membuat makalah itu. Tiga malam nyaris tidak tidur, bahkan, sinetron yang setiap Minggu malam selalu kunantikan kehadirannya, kali ini terpaksa aku cuekin. Eh, ... tahu-tahu hasil kerja kerasku dilempar ke tempat sampah. Gimana aku tidak kesal. Biar kamarku berantakan kaya kapal pecah, juga nggak apa-apa asal kertas-kertas berhargaku aman. Ijah, Ijah, kamu kira gampang bikin makalah, segampang bikin sambal terasi?

Perbedaan pengunaan bahasa pada kedua teks cerpen tersebut adalah ....

Cerpen I
Cerpen II
A
menggunakan bahasa yang mudah dipahami
menggunakan bahasa yang mudah dipahami
B
menggunakan bahasa yang sulit dipahami
menggunakan bahasa yang mudah dipahami
C
menggunakan bahasa baku
menggunkan bahasa tutur
D
banyak menggunakan majas
banyak menggunakan ungkapan

39.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan saksama!
       (1) Angin bertiup lembut menyejuk, cuaca terang cemerlang diterpa sinar Sang Rembulan. (2) Bintang bertaburan laksana permata yang berserakan dalam permadani biru. (3) Di sana di laut lepas, di tengah samudera raya, melancarkan dengan tenangnya sebuah biduk nelayan yang sedang mengadu untung, karena mereka mencari nafkah jauh di tengah segara yang penuh mara bahaya. (4) Bila laut mengamuk, topan mengganas, ditingkah dengan halilintar menyambar sambung-menyambung, maka segenap jiwa raganya diserahkan kepada Tuhan semesta alam. (5) Mereka tak kenal jemu, pantang surut, haram baginya pulang dengan membawa tangan hampa.

Bukti latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A.    (1)                                                        
B.    (2)                                                        
       C.    (3)
       D.    (4)

40.    Bacalah teks fabel berikut dengan saksama!
 (1) Sang anjing terus mengejarnya, meskipun kelinci itu semakin menjauh dari jarak sang anjing. (2) Namun, sang anjing tidak menyerah begitu saja. (3) Anjing itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti sehingga dia berusaha mengejar sang kelinci tanpa kelelahan. (4) Meskipun demikian sang kelinci yang sangat cepat melompat menghindari kejaran anjing itu membuat anjing kehilangan jejaknya. (5) Anjing berusaha mengendus-ngendus bau sang kelinci dan menemukan kelinci. (6) Kini dia mengejarnya lebih cepat dari sebelumnya tetapi sang kelinci itu tidak dapat dia kejar hingga akhirnya anjing menyerah dan tidak melakukan pengejaran terhadap kelinci itu lagi.
Berdasarkan kutipan teks fabel tersebut, sikap semangat untuk mempertahankan hidup terdapat pada kalimat bernomor....
A.    (1)                                                        
B.    (2)                                                        
C.    (3)
D.    (4)

41.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
       Kakak terus tidur di beranda, tak bergerak-gerak seperti bayi. Napasnya lunak. Kulitnya bersih. Putih. Apa gerangan terlintas di pikirannya sehingga mukanya begitu bersih dan tenang? Apakah dalam tidurnya dia bertemu ayah? Di antara kami kakak paling dekat dengan ayah. Barangkali karena perempuan, putri sulung; tapi tangannya campin pula, terampil-cekatan menangani rumah. Ayah bangga dengannya, berharap kakak jadi guru tamat SGA. Sedangkan Kak Lela diharapkan menjadi perawat, kalau cukup biaya.
       ”Kakek-nenek kalian guru. Mestinya ayah juga. Tetapi malah juru-api kereta api.” Ayah tertawa suatu ketika. ”Syukur ada kakak kalian, ya?” Kami mengangguk, turut bangga walaupun kakak waktu itu baru kelas satu Sekolah Guru Atas.

Berdasarkan kutipan cerpen tersebut, watak tokoh kakak yang patut menjadi teladan adalah ...
A.    Mencermati dari tidurnya yang nyenyak, membuktikan bahwa tokoh kakak adalah sosok yang lembut.
B.    Tokoh kakak memang layak menjadi perawat, karena terampil dan cekatan mengurus rumah.
C.    Tokoh kakak adalah sosok yang penurut, cekatan, dan dapat membimbing adik-adiknya.
D.    Kakak merupakan sosok pekerja keras, tidak mengenal putus asa, tetapi berperangai lembut.

42.    Perhatikan kalimat berikut!
Saat ini pemerintah daerah berlomba-lomba membangun objek wisata baru guna mendongkrak pendapatan daerah.

Kata lain yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A.    destinasi                                                
B.    lokasi                                                    
C.    sarana
D.    prasarana

43.    Perhatikan kalimat berikut!
Penyusunan laporan itu saya dibantu oleh para guru.

Kalimat tersebut akan menjadi kalimat yang efektif jika diganti menjadi...
A.    Pada laporan saya, penyusunannya dibantu para guru.
B.    Dalam menyusun laporan itu, saya dibantu oleh para guru.
C.    Para guru, penyusunan laporan itu atas bantuannya.
D.    Atas bantuan para guru, laporan itu dapat disusun.



44.    Perhatikan data laporan berikut!

Nama kegiatan              : Lomba kebersihan
Tempat kegiatan           : SMP Mekar Jaya
Hari, tanggal                 : Sabtu, 15 Oktober 2016
Waktu                          : 08.00-11.00
Peserta                         : Seluruh kelas
Pemenang                    : Juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, juara 3 kelas 9D
Pembagian hadiah         : Senin, 17 Oktober 2016 saat upacara         

Berdasarkan data tersebut, teks laporan yang tepat adalah...
       A.         Di SMP Mekar Jaya telah diadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa mengikuti ulangan tengah semester ganjil. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan pada saat upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016. Pemenang lomba yaitu, juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara 3 kelas 9 D. Lomba diikuti oleh seluruh kelas, yaitu kelas 7 sampai kelas 9. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00. Lomba berjalan tertib sesuai dengan yang diharapkan.

       B.         Di SMP Mekar Jaya mengadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa mengikuti ulangan tengah semester ganjil. Lomba diikuti oleh seluruh kelas, yaitu kelas 7 sampai kelas 9. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00. Lomba berjalan tertib sesuai dengan yang diharapkan. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan pada saat upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016. Pemenang lomba yaitu, juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara 3 kelas 9 D.

       C.         SMP Mekar Jaya mengadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa mengikuti ulangan tengah semester ganjil. Lomba diikuti oleh seluruh kelas, yaitu kelas 7 sampai kelas 9. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00. Lomba berjalan tertib sesuai dengan yang diharapkan. Pemenang lomba yaitu, juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara 3 kelas 9 D. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan pada saat upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016.

       D.         SMP Mekar Jaya telah mengadakan lomba kebersihan antarkelas setelah para siswa mengikuti ulangan tengah semester ganjil. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan pada saat upacara bendera pada hari Senin, 17 Oktober 2016. Lomba diikuti oleh seluruh kelas, yaitu kelas 7 sampai kelas 9. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00. Lomba berjalan tertib sesuai dengan yang diharapkan. Pemenang lomba yaitu, juara 1 kelas 7A, juara 2 kelas 7C, dan juara 3 kelas 9 D.

45.    Perhatikan teks berikut!
Cara Mematikan Komputer
(1)   Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif
(2)   Klik tombol “start”
(3)   Klik menu “shut down”
(4)   Tunggu beberapa saat hingga komputer mati.
(5)   Tekan tombol “off” pada monitor untuk mematikan monitor
(6)   Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik

Teks prosedur tersebut jika diubah menjadi teks eksposisi, yaitu...
A.               Cara mematikan komputer. Pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kalau Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

B.               Komputer yang sudah tidak dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan komputer yang benar yaitu, klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

C.               Komputer yang sudah tidak dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Kalau kita memaksakan mematikan komputer padahal masih ada aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut hilang. Mematikan komputer tidak boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut down”. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

D.               Komputer yang sudah tidak dipergunakan harus dimatikan agar menghemat listrik. Mematikan komputer tidak boleh sembarangan, misalnya langsung mencabut kabel listrik. Prosedur mematikan komputer yang benar yaitu, pastikan sudah tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih aktif. Kalau kita memaksakan mematikan komputer padahal masih ada aplikasi yang aktif maka ada kemungkinan hasil pekerjaan pada aplikasi tersebut hilang. Kemudian klik tombol “start” yang berada pada pojok bawah layar monitor dengan mouse atau menekan tombol “start” yang ada pada keyboard. Selanjutnya klik menu “shut down” dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar komputer sudah mati. Barulah kemudian cabut listrik dari colokannya.

46.    Perhatikan teks berikut!
       (1) Tidak semua orang memiliki lahan yang luas untuk membangun rumah. (2) Keterbatasan area tersebut justru menjadi sebuah tantangan agar menciptakan hunian mungil dan indah. (3) Pewarnaan cat ruang dan interior menjadi kunci utama dalam menciptakan rumah yang nyaman untuk ditempati. (4) Tak beda halnya dengan mendesain kamar tidur atau dapur, walaupun hanya memilki space yang sempit kita harus tepat dan cermat memperhatikan detail ruangan tersebut agar terasa lebih luas.

Kalimat bernomor (3) menjadikan paragraf tersebut tidak padu. Agar paragraf tersebut padu, maka perbaikan kalimat bernomor (3) yang tepat adalah...
A.    Warna cat pada ruangan harus mengesankan seolah-olah lahan tersebut luas.
B.    Desain penataan ruang dan interior harus memperhatikan luas lahan yang dimiliki.
C.    Penataan ruang dan interior harus mengesankan lahan yang luas.
D.    Pemilik rumah harus benar-benar orang yang dapat merancang hunian yang sesuai dengan luas lahan.

47.    Perhatikan kalimat berikut!
Para hadirin dimohon untuk berdiri.

Penggunaan kata “para” pada kalimat tersebut tidak tepat karena ...
       A.    Kata “para” seharusnya dihilangkan dan diganti dengan kata “kepada” karena ditujukan pada hadirin.
B.    Kata “para” seharusnya dihilangkan dan diganti dengan kata “semua” karena ditujukan kepada semua yang hadir..
       C.    Kata “para” sudah menunjukkan jamak, demikian juga kata “hadirin”.
       D.    Kata “para” memiliki makna yang sama dengan kata “hadirin”.

48.    Perhatikan kalimat berikut!
Saudara dipersilahkan meninggalkan ruang ini setelah memperoleh ijin dari Panitia.

Penulisan ejaan kata yang bercetak miring yang benar adalah....
       A.    dipersilakan – izin - panitia
       B.    disilahkan – ijin -  Panitia
       C.    disilakan – izin - panitia
       D.    dipersilahkan – izin - panitia



49.    Perhatikan kalimat berikut!
Malam makin larut - pekerjaan belum selesai juga.

Perbaikan tanda baca kalimat tersebut yang benar adalah ...
A.    Malam makin larut - pekerjaan belum selesai juga.
B.    Malam makin larut, pekerjaan belum selesai juga.
C.    Malam makin larut; pekerjaan belum selesai juga.
D.    Malam makin larut: pekerjaan belum selesai juga.

50.    Perhatikan kalimat berikut!
Alangkah merdunya suara seruling itu!.

Alasan kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah...
A.    Tanda baca seru (!) pada kalimat tersebut membingungkan karena kalimat tersebut sudah diakhiri dengan tanda titik (.).
B.    Tanda baca titik (.) merupakan tanda baca untuk mengakhiri kalimat, sehingga tanda baca seru (!) tidak diperlukan.
C.    Tanda titik (.) seharusnya diganti tanda baca seru (!) sehingga ada dua tanda baca seru yang menunjukkan kesungguhan.
D.    tanda baca titik (.) seharusnya dihilangkan sehingga tinggal tanda baca seru (!) karena kalimat tersebut berupa seruan yang menggambarkan kesungguhan dan sekaligus sebagai tanda akhir kalimat.


Previous
Next Post »