RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah Mata
Pelajaran Materi
Pokook |
: SMP Negeri 1 Batangan : Bahasa
Indonesia : Teks Eksplanasi |
Kelas
/ Semester Tahun
Pelajaran Waktu |
: VIII/2 : 2020/2021 :
1 x pertemuan (2 JP) |
A. Kompetensi Dasar
3.9 Mengidentifikasi
informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca.
B. Indikator
1. Menjelaskan pengertian teks eksplanasi,
2. menganalisis
ciri-ciri teks eksplanasi,
3. menganalisis gagasan
umum,
4. menganalisis
informasi dari teks ekplanasi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran
berlangsung, siswa dapat:
1. menjelaskan pengertian
teks eksplanasi dengan benar,
2. menganalisis
ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan pola/ struktur teks eksplanasi dengan
benar,
3. menganalisis gagasan
umum dalam teks eksplanasi dengan benar,
4. menganalisis
informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan
isi secara tertulis.
D. Materi Esensial
Teks
Eksplanasi
E. Metode
Saintifik
F. Media dan Sumber Belajar
Buku Siswa hlm.
...
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
Guru memberi tahu jadwal
pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar,
skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca teks berjudul
kiriman guru yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS EKSPLANASI, Kode Kelas: 121erxip Password
kelas: 123456
b. Siswa menanya tentang
identifikasi teks eksplanasi.
c. Siswa mengidentifikasi
gagasan pokok tiap paragraf.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e.
Siswa
memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup
Guru
menyimpulkan pelajaran, melakukan refleksi, memberi tugas pada siswa,
menyampaikan rencana pelajaran yang akan datang, dan menutup pembelajaran.
H. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes (lembar observasi)
2. Penilaian pengetahuan:
Teknik tes
(tes tertulis)
Soal
terlampir
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd. NIP - |
Lampiran 1 Materi Pelajaran
1.
Pengertian Teks Eksplanasi
Teks
eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya,
dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang
terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.
Kejadian yang terjadi disekitar kita pantas nya tidak hanya kita amati dan
rasakan saja, tetapi sekaligus digunakan sebagai pembelajaran. Mengapa kejadian
tersebut bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi kejadian seperti itu.
2.
Tujuan Teks eksplanasi:
3.
Ciri-Ciri
Teks Eksplanasi
a.
Informasi
yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
b.
Hal yang
dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan
ilmu pengetahuan.
c.
Sifatnya
informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal
yang dibahas.
d.
Menggunakan
kata penanda urutan.
e.
Fokus pada
hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa
bumi, hujan, dan lainnya.
Contoh
Teks Eksplanasi
Banjir
Mendengar kata banjir memang
sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Banjir adalah fenomena alam
yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada
daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia.
Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh
fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air
pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna
lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan
bangunan pengendali banjir.
Penyebab
Alami Banjir
Sebagai akibat perubahan tata guna
lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung
sungai menjadi berkurang. Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi
aliran permukaan (run-off) di atas tanah dan sebagian meresap
ke dalam tanah, yang tentunya bergantung pada kondisi tanahnya. Ketika suatu
kawasan hutan diubah menjadi permukiman, hutan yang bisa menahan aliran
permukaan cukup besar diganti menjadi permukiman dengan resistensi aliran
permukaan kecil. Akibatnya ada aliran permukaan tanah menuju sungai dan hal ini
berakibat adanya peningkatan debit aliran sungai yang besar.
Banjir di ibukota (Sumber:
dream.co.id)
Penyebab Banjir karena Faktor Sosial
Perubahan tata guna lahan
merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya. Apabila
suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman,
debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka
20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis permukiman. Demikian pula untuk
perubahan yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan.
Deforestasi, degradasi lingkungan dan pembangunan kota yang penuh dengan
bangunan beton dan jalan-jalan aspal tanpa memperhitungkan drainase, daerah
resapan, dan tanpa memperhatikan data intensitas hujan dapat menyebabkan
bencana alam banjir.
Pembuangan sampah di DAS
membuat sungai tersumbat sampah. Jika air melimpah, air akan keluar dari sungai
karena daya tampung saluran berkurang. Kawasan padat penduduk di sepanjang
sungai/drainase dapat menjadi penghambat aliran dan daya tampung sungai.
Masalah kawasan kumuh dikenal sangat penting sebagai faktor sosial terhadap
masalah banjir daerah perkotaan.
Lampiran 2 Soal
Bacalah teks berikut!
PELANGI
Pelangi atau rainbow
adalah peristiwa optik dan meteorologi dimana terdapat kumpulan cahaya
warna-warni paralel satu dengan yang lainnya yang muncul di langit atau di
media lainnya. Di langit, pelangi terlihat seperti busur cahaya yang mengarah
ke cakrawala ketika hujan ringan, selain itu pelangi juga bisa dilihat di
sekeliling air terjun.
Terdapat 4 siklus yang membentuk pelangi ini, antara lain:
Pembiasan sinar matahari. Pelangi terbentuk karena terdapat pembiasan sinar
cahaya matahari yang dibelokkan ketika sedang menuju satu medium ke medium
lainnya oleh tetesan air yang terdapat pada atmosfer.
Sinar matahari melewati tetesan air. Ketika cahaya
matahari melalui tetesan air, cahaya matahari tersebut akan dibelokkan yang
membuat warna-warna tadi berpisah dengan sendirinya.
Pembelokkan cahaya. Setiap warna-warna pelangi akan
dibelokkan pada sudut yang tidak sama yang mana membuat warna pelangi menjadi
semakin indah.
Terbentuklah warna pelangi. Warna yang dibelokkan pertama
kali adalah warna ungu, sedangkan untuk warna terakhir yang dibelokkan adalah
warna merah. Warna pelangi terlihat utuh disebabkan oleh geometri optik dalam
proses penguraian warna.
Pelangi cuma bisa kita jumpai ketika hujan bebarengan
dengan matahari bersinar, namun dari sisi yang berlawanan dengan kita. Kita harus
berada diantara matahari dan tetesan air dengan matahari dibelakang kita. Maka
kita dan pusat busur pelangi harus berada disatu garis lurus.
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Apakah
yang dimaksud dengan teks eksplanasi?
Jawab : _____________________________________________________________________
2.
Mengapa
teks bertema pelangi tersebut dinamakan teks eksplanasi?
Jawab :
_____________________________________________________________________
3.
Tulislah
ciri-ciri teks bertema pelangi tersebut sehingga dinamakan teks eksplanasi!
Jawab :
_____________________________________________________________________
4.
Carilah
kata tidak baku pada teks tersebut kemudian ubahlah menjadi kata baku.
Jawab :
_____________________________________________________________________
5.
Apakah
fungsi fakta pada teks tersebut?
Jawab :
_____________________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah Mata
Pelajaran Materi
Pokook |
: SMP Negeri 1 Batangan : Bahasa
Indonesia : Teks Eksplanasi |
Kelas
/ Semester Tahun
Pelajaran Waktu |
: VIII/2 : 2020/2021 :
1 x pertemuan (2 JP) |
A. Kompetensi Dasar
4.9 Meringkas isi
teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam
sumber yang didengar dan dibaca
B. Indikator
1. menentukan gagasan pokok teks eksplanasi,
2. menentukan
cara meringkas teks eksplanasi,
3. meringkas teks eksplanasi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat:
1. menentukan gagasan pokok teks eksplanasi dengan benar,
2. menentukan cara
meringkas teks eksplanasi
dengan benar,
3. meringkas teks eksplanasi dengan benar,
D. Materi Esensial
Teks
Eksplanasi
E. Metode
Saintifik
F. Media dan Sumber Belajar
Buku Siswa hlm.
...
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
Guru memberi tahu jadwal
pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar,
skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca materi Kegiatan
Belajar 2 yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS EKSPLANASI, Kode Kelas: 121erxip Password
kelas: 123456
b. Siswa menanya tentang
cara meringkas teks eksplanasi.
c. Siswa melakukan
brainstorming lewat WA grup.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e.
Siswa
memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup
Guru
menyimpulkan pelajaran, melakukan refleksi, memberi tugas pada siswa,
menyampaikan rencana pelajaran yang akan datang, dan menutup pembelajaran.
H. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes (lembar observasi)
2. Penilaian pengetahuan:
Teknik tes
(tes tertulis)
Soal
terlampir
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd. NIP - |
Lampiran
RPP Meringkas Teks eksplanasi
Materi
Pelajaran
Gagasan Pokok Teks Eksplanasi
Gagasan utama yang disebut juga
dengan gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran
adalah suatu topik yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah teks.
Dalam setiap paragraf pasti memiliki
sebuah gagasan utama yang terletak baik secara tersurat maupun secara tersirat.
Secara tersurat, gagasan utama dapat dilihat pada kalimat utama yang biasanya
terletak pada bagian awal, akhir atau awal dan akhir paragraf. Sedangkan secara
tersirat, gagasan utama terletak tersirat di dalam seluruh kalimat pada
paragraf.
Cara
menentukan gagasan pokok teks eksplanasi
a.
Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks
tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau
dibicarakan di dalam teks.
b.
Strategi yang kedua adalah menemukan kalimat utama pada
setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang telah kita ketahui, kalimat utama adalah
kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Sedangkan kalimat
penjelas adalah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut. Oleh
karena itu, untuk menemukan kalimat utama adalah dengan melihat kalimat utama
yang diukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam sebuah
teks.
c.
Bacalah teks tersebut dengan cermat, dengan demikian kita
dapat menentukan manakah kalimat-kalimat utama di dalam setiap paragaf
tersebut. Agar bisa menemukan kalimat utama dengan mudah, berikut ini adalah
ciri – ciri kalimat utama dalam paragraf :
Ciri kalimat utama :
1)
Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih
lanjut.
2)
Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri
sendiri.
3)
Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat
lainnya.
4)
Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
5)
Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan
kata-kata kunci berikut ini : Sebagai kesimpulan, Yang penting, oleh karena
itu, Jadi, Oleh sebab itu, Dengan demikian
Setelah
menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, maka carilah inti kalimat
tersebut dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja, lalu simpulkanlah
gagasan - gagasan utamanya.
Soal
Bacalah kembali teks Pelangi
kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1.
Tentukan gagasan pokok pada teks tersebut!
2.
Berdasarkan
gagasan pokok yang telah kalian tentukan, susunlah ringkasannya. Gunakan
kata-kata sendiri. Perhatikan pula kepaduan antarkalimatnya dan penggunaan kata
baku yang tepat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah Mata
Pelajaran Materi
Pokook |
: SMP Negeri 1 Batangan : Bahasa
Indonesia : Teks Eksplanasi |
Kelas
/ Semester Tahun
Pelajaran Waktu |
: VIII/2 : 2020/2021 :
1 x pertemuan (2 JP) |
A. Kompetensi Dasar
3.10 Menelaah
teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca.
B. Indikator
1. menentukan gagasan pokok teks eksplanasi,
2. menentukan cara meringkas teks eksplanasi,
3. meringkas teks
eksplanasi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat:
1. menentukan gagasan pokok teks eksplanasi dengan
benar,
2. menentukan cara meringkas teks eksplanasi dengan
benar,
3. meringkas teks
eksplanasi dengan benar,
D. Materi Esensial
Teks
Eksplanasi
E. Metode
Saintifik
F. Media dan Sumber Belajar
Buku Siswa hlm.
...
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
Guru memberi tahu jadwal
pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar,
skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca materi Kegiatan
Belajar 2 yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS EKSPLANASI, Kode Kelas: 121erxip Password
kelas: 123456
b. Siswa menanya tentang
cara meringkas teks eksplanasi.
c. Siswa melakukan
brainstorming lewat WA grup.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e.
Siswa
memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup
Guru
menyimpulkan pelajaran, melakukan refleksi, memberi tugas pada siswa,
menyampaikan rencana pelajaran yang akan datang, dan menutup pembelajaran.
H. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes (lembar observasi)
2. Penilaian pengetahuan:
Teknik tes
(tes tertulis)
Soal
terlampir
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah Mata
Pelajaran Materi
Pokook |
: SMP Negeri 1 Batangan : Bahasa
Indonesia : Teks Eksplanasi |
Kelas
/ Semester Tahun
Pelajaran Waktu |
: VIII/2 : 2020/2021 :
1 x pertemuan (2 JP) |
A. Kompetensi Dasar
3.10 Menelaah
teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca.
B. Indikator
1. Menentukan
isi teks eksplanasi,
2. menentukan struktur teks eksplanasi,
3. menentukan fitur kebahasaan teks
eksplanasi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat:
1. menentukan isi teks eksplanasi,
2. menentukan struktur teks eksplanasi.
3. menentukan fitur kebahasaan teks
eksplanasi.
D. Materi Esensial
Teks
Eksplanasi
E. Metode
Saintifik
F. Media dan Sumber Belajar
Buku Siswa hlm.
...
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
Guru memberi tahu jadwal
pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar,
skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca materi Kegiatan
Belajar 2 yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS EKSPLANASI, Kode Kelas: 121erxip Password
kelas: 123456
f. Siswa menanya tentang
struktur teks eksplanasi.
g. Siswa melakukan
brainstorming lewat WA grup.
h. Siswa mengerjakan
soal.
i.
Siswa
memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup
Guru
menyimpulkan pelajaran, melakukan refleksi, memberi tugas pada siswa,
menyampaikan rencana pelajaran yang akan datang, dan menutup pembelajaran.
H. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes (lembar observasi)
2. Penilaian pengetahuan:
Teknik tes
(tes tertulis)
Soal
terlampir
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd. NIP - |
Lampiran
RPP Menelaah teks ekplanasi
Materi
1. Isi Teks Eksplanasi
Cermati teks eksplanasi kompleks berikut!
Bahaya Rokok
Rokok adalah gulungan tembakau yang
dibungkus dengan daun nipah atau kertas. Ukuran rokok bisa bervariasi, ada yang
70 hingga 120 mm dengan diameter kira-kira 10 mm. Rokok dibakar pada salah satu
ujung dan dihisap dengan ujung lainnya agar asapnya bisa dihirup.
Saat ini pemerintah tengah gencar
menggalakkan tentang bahaya rokok yang ditulis di setiap bungkusnya. Rokok
memang dapat menimbulkan masalah kesehatan, antara lain menyebabkan kanker,
penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan masih banyak lagi.
Hal tersebut dikarenakan dalam
sebatang rokok terdapat sangat banyak zat berbahaya. Seperti nikotin yang
mengakibatkan kecanduan, merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat
membeku, dan mengeraskan dinding arteri.
Secara kasatmata nampak bahwa
paru-paru perokok perlahan-lahan akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
Belum lagi masalah kesehatan lain serta pencemaran lingkungan yang ditimbulkan
oleh rokok. Karena itu kesadaran akan bahaya rokok harus semakin ditingkatkan.
Bila
kita perhatikan teks eksplanasi
tersebut, kita akan mengetahui sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa
lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain
sesudahnya. Peristiwa dalam teks tersebut dijelaskan bahwa penyakit kanker, penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan masih
banyak lagi diakibatkan oleh rokok.
Struktur Teks Eksplanasi
Salah satu perbedaan mendasar yang dimiliki oleh jenis
teks eksplanasi ini adanya struktur runtut dalam pembuatannya. Berikut ini
adalah urutan struktur tersebut.
1. Bagian Pembuka (Identifikasi Fenomena)
Bagian pembuka ini berisikan kalimat
yang pernyataan umum dari seorang penulis tentang suatu pokok bahasan. Pada
teks “Bahaya Merokok” bagian pembuka ditandai dengan kalimat : Rokok adalah
gulungan tembakau yang dibungkus dengan daun nipah atau kertas.
2. Bagian Isi (Rangkaian kejadian)
Struktur teks eksplanasi
berikutnya adalah bagian isi. Bagian ini berisikan penjelasan dari pokok
bahasan yang lebih detail. Pada teks “Bahaya Merokok” bagian isi ditandai
dengan kalimat : Saat ini pemerintah tengah gencar menggalakkan tentang bahaya
rokok yang ditulis di setiap bungkusnya karena rokok memang dapat menimbulkan
masalah kesehatan.
3. Bagian Penutup (Ulasan)
Struktur teks eksplanasi yang
ketiga adalah bagian penutup. Bagian teks ini berisi kesimpulan dari fenomena yang
sedang dibahas. Pada teks “Bahaya Merokok” bagian penutup ditandai dengan
kalimat : Belum lagi masalah kesehatan lain serta pencemaran lingkungan yang
ditimbulkan oleh rokok. Karena itu kesadaran akan bahaya rokok harus semakin
ditingkatkan.
Soal
Cermati teks berikut dengan
saksama!
Petir
Pernyataan Umum:
Petir adalah suatu fenomena alam yang terjadi karena
adanya perbedaan potensial atau muatan yang ada pada awan dan bumi atau
dengan awan yang lainnya, sehingga di langit tampak kilatan cahaya yang terang
menyilaukan.
Gejala
alam ini biasanya terjadi ketika musim hujan pada langit dan terkadang terlihat
menembus hingga sampai ke bumi.
Deretan Penjelasan Sebab Akibat:
Petir terjadi akibat adanya perbedaan muatan yang ada
di awan. Muatan di awan ini bergerak secara terus menerus dan teratur, sehingga
selama proses bergerak ini, muatan berinteraksi satu sama lain dengan muatan
pada awan lain.
Interaksi
ini menjadikan muatan negatif berkumpul di satu sisi saja, semisal di bagian
atas atau di bagian bawah. Adapun muatan positif juga berkumpul di satu sisi,
tepatnya di sisi sebaliknya dari muatan negatif.
Hal ini berarti terjadi perbedaan potensial yang ada
pada awan dan bumi. Jika perbedaan muatan potensial cukup besar, pembuangan
muatan negatif (elektron) pun akan berlangsung dari awan ke bumi atau
sebaliknya agar tercapai kesetimbangan. Ketika proses pembuangan muatan inilah,
terjadi ledakan suara yang diiringi dengan nampaknya kilatan cahaya amat terang
.
Petir
lebih sering muncul ketika musim hujan karena aliran udara yang lebih besar
akibat ada kadar air yang terdapat di dalam udara relatif lebih tinggi.
Interpretasi:
Petir umumnya di musim hujan ketika terjadapa aliran
udara lebih tinggi. Aliran udara yang tinggi membuat perbedaan potensial atau
muatan lebih besar sehingga lebih mudah memunculkan petir.
Jawablah pertanyaan berikut
dengan tepat!
1.
Tentukan
isi teks eksplanasi “Petir” tersebut!
Jawab : ______________________________________________________________________
2.
Tentukan
struktur teks eksplanasi “Petir” tersebut!
Jawab : ______________________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah Mata
Pelajaran Materi
Pokook |
: SMP Negeri 1 Batangan : Bahasa
Indonesia : Teks Eksplanasi |
Kelas
/ Semester Tahun
Pelajaran Waktu |
: VIII/2 : 2020/2021 : 2
x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi Dasar
4.10 Menyajikan
informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu
fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,
atau aspek lisan.
B. Indikator
1. mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan peserta
didik tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi,
2. menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola yang telah
dirancang,
3. memotrer tulisan teks eksplanasi dan mengirimkan ke guru.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat:
1. mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan peserta
didik tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi,
2. menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola yang telah
dirancang,
3. memotrer tulisan teks eksplanasi dan mengirimkan ke guru.
D. Materi Esensial
Teks
Eksplanasi
E. Metode
Saintifik
F. Media dan Sumber Belajar
Buku Siswa hlm.
...
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberi tahu jadwal
pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar,
skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan
Inti
a. Siswa membaca materi Kegiatan
Belajar 2 yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS EKSPLANASI, Kode Kelas: 121erxip Password
kelas: 123456
b. Siswa menanya tentang
cara menulis teks eksplanasi.
c. Siswa melakukan
brainstorming lewat WA grup.
d. Siswa menentukan tema
teks eksplanasi.
e. Siswa membuat kerangka
teks eksplanasi.
f. Siswa mengembangkan
kerangka karangan.
g.
Siswa
memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup
Guru
menyimpulkan pelajaran, melakukan refleksi, memberi tugas pada siswa,
menyampaikan rencana pelajaran yang akan datang, dan menutup pembelajaran.
H. Penilaian
1. Penilaian sikap:
Teknik nontes (lembar observasi)
2. Penilaian pengetahuan:
Teknik tes
(tes tertulis)
Soal
terlampir
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Batangan, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd. NIP - |
Lampiran
RPP Menulis Teks Eksplanasi
Materi
Contoh teks eksplanasi merupakan suatu teks yang membahas tentang “Mengapa" dan
“Bagaimana" peristiwa terjadi. Pembahasannya berkaitan dengan suatu proses
kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Intinya,
teks eksplanasi membahas tentang segala hal mengenai fenomena sosial maupun
alam.
Eksplanasi sendiri berasal dari bahasa Inggris
“Explanation", artinya tindakan menjelaskan atau menerangkan sebuah
pernyataan atau fakta.
Peristiwa yang terjadi tentu selalu memiliki hubungan
sebab akibat dan sebuah proses. Peristiwa tersebut dapat kita tulis dalam
bentuk karya teks eksplanasi untuk mengetahui segala proses dan sebab akibat
terjadinya fenomena tersebut. Melalui tulisan teks eksplanasi anda dapat
menuangkan data informasi kepada pembaca mengenai berbagai problematika yang
terdapat dalam reaitas nyata. Berikut contoh teks eksplanasi tentang banjir.
1. Identifikasi
Fenomena
Banjir merupakan suatu gejala alam, secara langsung
mempengaruhi kehidupan manusia. Mampu menimbulkan kerusakan secara fisik,
mental, maupun materil. Banjir adalah luapan air secara besar, dapat
menggenangi dan menerjang suatu daerah-daerah dan masuk ke pemukiman warga. Hal
ini karena sungai sudah tidak mampu menampung air.
Banjir sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Pasalnya,
di Indonesia pun banyak mengalami peristiwa ini khususnya di kota-kota besar
yang notabene jauh dari pepohonan yang mampu meresapkan air hujan ke pohon.
Ditopang lagi limbah-limbah yang sudah sering dibuang sembarangan. Oleh karena
itu, mestinya kita perlu mengetauhi penyebab dan akibat terjadinya banjir.
Harapannya agar nanti kita dapat berantisipasi dan menjaga dengan sebaik
mungkin.
2. Rangkaian
Kejadian
Banjir terjadi tidak mungkin datang begitu saja tanpa
penyebab. Terjadinya banjir setidaknya disebabkan oleh dua factor. Faktor yang
mempengaruhinya yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam merupakan
curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan
laut, adanya pasang naik air laut, dan daerah terletak pada cekungan sehingga
jalan keluar air menjadi sempit.
Faktor manusia adalah segala hal yang disebabkan oleh
manusia seperti penebangan hutan dengan sembaranan, tidak melakukan reboisasi,
buang sampah tidak pada tempatnya, dan sebagainya sehingga saluran air
tersumbat dan kemudian air meluap.
Banjir mengakibatkan kerugian besar bagi manusia. Ulah
manusia membuat bumi protes sehingga menghukum manusia itu sendiri. Banyak
barang-barang berharga yang terendam banjir dan terbawa arus, banyak korban
baik nyawa maupun sekedar sakit, sarana publik porak-poranda, dan lain-lain.
3. Ulasan
Banjir merupakan fenomena alam yang berdampak negative.
Banjir disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Agar tidak terjadi banjir
kembali mestinya sebagai manusia kita dapat memperlakukan alam dengan baik dan
menjauhi segala penyebab terjadinya banjir. Agar alam tidak marah pada manusia.
Lampiran
Soal RPP Menulis Teks Eksplanasi
Bacalah teks berikut!
Seni Batik Tulis Solo
Batik adalah salah satu hasil karya seni budaya
tradisional khas yang berasal dari Indonesia. Ada banyak daerah di Indonesia
yang mampu menghasilkan karya batik. Salah satu yang paling populer adalah
batik tulis dari Solo dengan motifnya yang khas berwarna soga.
Batik bisa diidentikkan dengan suatu motif tersendiri.
Tapi para budayawan banyak yang menyebut bahwa batik adalah karya seni berupa
kain bermotif khas, yang dibuat dengan cara menchanting menggunakan malam pada
kain, lalu diolah dengan proses tertentu sehingga menghasilkan suatu corak yang
khas.
Saat ini, batik ada banyak macamnya. Tapi batik yang dianggap
memiliki seni budaya dan masih tradisional adalah batik tulis. Batik tulis khas
Solo memiliki kekhasan tersendiri yang berbeda dari batik tulis daerah lain.
Seni batik tulis khas Solo dapat dilihat dari warna dan
coraknya. Warna batik khas Solo didominasi warna gelap atau warna soga dengan
pola motif yang biasanya mengambil dari alam, seperti tumbuh -tumbuhan dan
hewan.
Pembuatan batik tulis diawali dengan cara menggambar pola
pada kain mori putih. Lalu kain mori ditutupi malam yang dipanaskan sesuai dengan
pola yang sudah digambar. Proses peletakkan malam dilakukan dengan menggunakan
chanting. Selanjutnya, malam dicelup dengan pewarna khas dan dilorot. Jika
ingin diberikan warna lain, kain mori tadi bisa diberi malam lagi dan dilorot
lagi sampai didapatkan warna dan pola yang sesuai.
Batik tulis khas Solo dibuat dengan teknik khusus.
Pola-pola yang dibuat juga khas. Pola khas Solo yang berwarna soga ini memiliki
kesan yang anggun. Karena proses pembuatannya yang panjang dan polanya yang
cantik, batik tulis Solo banyak disukai meskipun harganya mahal.
Cermati teks eksplanasi di
atas kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Tentukan gagasan
pokok masing-masing paragraf di atas.
a. Berdasarkan gagasan
pokok tersebut buatlah teks eksplanasi tentang batik secara ringkas.
b. Catatlah
peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan kalian, misalnya bencana banjir,
tanah longsor atau bencana alam lainnya.
2. Kembangkan peristiwa
yang kalian catat tersebut menjadi teks eksplanasi dengan memerhatikan kaidah
teks eksplanasi yang benar.
EmoticonEmoticon