RPP Menulis Teks Diskusi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: IX/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Diskusi

KD

: 4.10

 

Alokasi Waktu

: 2 x 40 menit

 

A.

Kompetensi Dasar 4.10

Menyajikan gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gestur, pelafalan).

G.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberi tahu jadwal pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.

B.

Indikator

1.    Mengidentifikasi masalah yang perlu didiskusikan

2.    Menentukan masalah yang perlu didiskusikan

3.    Merancang penulisan teks diskusi

 

 Kegiatan Inti

a.       Siswa membaca teks berjudul kiriman guru yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Nama Kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS DISKUSI

Kode Kelas: 12lhcjqx

Password kelas: 123456

b.      Siswa yang kesulitan masuk akun https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dapat membaca materi Kegiatan-1.1 di: https://online.fliphtml5.com/lutoi/zvkt/?

c.       Siswa menanya tentang cara menulis diskusi.

d.      Guru dan siswa berdiskusi lewat grup WA

C.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tentang teks diskusi, siswa dapat:

1.    mengidentifikasi masalah yang perlu didiskusikan dengan benar;

2.    menentukan masalah yang perlu didiskusikan

3.    merancang penulisan teks diskusi

 

D.

Materi Esensial

Model Teks Diskusi

Penulisan teks diskusi

 

E.

Metode

Discovery learning

 

Penutup

Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

F.

Media dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 118-127.

 

H.

Penilaian

1.  Penilaian sikap:

     Teknik nontes (lembar observasi)

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 19700610 199512 1 004

 

Batangan, 4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: IX/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Diskusi

KD

: 4.10

 

Alokasi Waktu

: 2 x 40 menit

 

A.

Kompetensi Dasar 4.10

Menyajikan gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gestur, pelafalan).

G.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberi tahu jadwal pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.

B.

Indikator

4.    Mengidentifikasi masalah yang perlu didiskusikan

5.    Menentukan masalah yang perlu didiskusikan

6.    Merancang penulisan teks diskusi

 

 Kegiatan Inti

e.       Siswa membaca teks berjudul kiriman guru yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Nama Kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS DISKUSI

Kode Kelas: 12lhcjqx

Password kelas: 123456

f.        Siswa yang kesulitan masuk akun https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dapat membaca materi Kegiatan-1.1 di: https://online.fliphtml5.com/lutoi/zvkt/?

g.      Siswa menuliskan kerangka karangan.

h.      Siswa memotret hasil penulisan kerangka karangan dan mengirimkan lewat WA grup.

C.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tentang teks diskusi, siswa dapat:

4.    mengidentifikasi masalah yang perlu didiskusikan dengan benar;

5.    menentukan masalah yang perlu didiskusikan

6.    merancang penulisan teks diskusi

 

D.

Materi Esensial

Model Teks Diskusi

Penulisan teks diskusi

 

E.

Metode

Discovery learning

 

Penutup

Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

F.

Media dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 118-127.

 

H.

Penilaian

1.  Penilaian sikap:

     Teknik nontes (lembar observasi)

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 19700610 199512 1 004

 

Batangan, 4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: IX/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Diskusi

KD

: 4.10

 

Alokasi Waktu

: 2 x 40 menit

 

A.

Kompetensi Dasar 4.10

Menyajikan gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gestur, pelafalan).

G.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Guru memberi tahu jadwal pertemuan lewat grup WA, melakukan presensi, apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.

B.

Indikator

7.    Mengidentifikasi masalah yang perlu didiskusikan

8.    Menentukan masalah yang perlu didiskusikan

9.    Merancang penulisan teks diskusi

 

 Kegiatan Inti

i.        Siswa membaca teks berjudul kiriman guru yang dimuat di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Nama Kelas: KELAS IX SMPN 1 BATANGAN TEKS DISKUSI

Kode Kelas: 12lhcjqx

Password kelas: 123456

j.         Siswa yang kesulitan masuk akun https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ dapat membaca materi Kegiatan-1.1 di: https://online.fliphtml5.com/lutoi/zvkt/?

k.      Siswa mengembangkan karangan sesuai dengan kerangka.

l.        Siswa menyunting karangan.

m.    Siswa menulis ulang karangan kemudian memotret karangan dan mengiirmkan ke guru.

C.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tentang teks diskusi, siswa dapat:

7.    mengidentifikasi masalah yang perlu didiskusikan dengan benar;

8.    menentukan masalah yang perlu didiskusikan

9.    merancang penulisan teks diskusi

 

D.

Materi Esensial

Model Teks Diskusi

Penulisan teks diskusi

 

E.

Metode

Discovery learning

 

Penutup

Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

F.

Media dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 118-127.

 

H.

Penilaian

1.  Penilaian sikap:

     Teknik nontes (lembar observasi)

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 19700610 199512 1 004

 

Batangan, 4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 

Previous
Next Post »