RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMP Negeri 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Ulasan |
KD |
: 3.10 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel,
dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan.
B. Indikator
1. Mengidentifikasi teks
ulasan,
2. mengidentifikasi
struktur teks ulasan teks ulasan,
3. mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks ulasan.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. mengidentifikasi teks
ulasan secara benar;
2. mengidentifikasi
struktur teks ulasan teks ulasan secara benar; dan
3. mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks ulasan secara benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca teks berjudul
kiriman guru yang dimuat pada Kegiatan 1 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS ULASAN,
Kode Kelas: 1cm4faz
Password kelas:
123456,
IDDiklat D202101000006
b. Siswa menanya tentang
identifikasi teks ulasan.
c. Siswa mengidentifikasi
gagasan pokok tiap paragraf.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
Lampiran RPP
Mengidentifikasi Teks Ulasan
Bacalah Teks 1 berikut!
1. Identitas
Judul : Sang Pemimpi
Pemain : Vikri Setiawan, Lukman Sardi, Zulfanny,Rendy Ahmad ,
Nazriel Ilham
Sutradara : Riri Riza
Produser : Mira Lesmana
Penulis : Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
Rilis : 17 Desember 2009
Durasi : 120 menit
2. Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia tahun 2009 yang
diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya
Andrea Hirata. Film Sang Pemimpi adalah sekuel dari Film Laskar Pelangi yang
menceritakan tentang kehidupannya di Belitong pada masa SMA.
3. Tiga tokoh utama dalam film ini adalah Ikal, Arai dan
Jimbron. Ikal tidak lain adalah Andrea Hirata sendiri, sedangkan Arai adalah
saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu ketika masih kecil. Arai disebut
sebagai simpai keramat, karena dalam keluarganya ia adalah orang terakhir yang
masih hidup dan ia pun diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal. Jimbron merupakan
teman Arai dan Ikal yang sangat terobsesi dengan kuda dan gagap bila sedang
antusias terhadap sesuatu atau ketika gugup. Ketiganya melewati kisah
persahabatan yang terjalin dari kecil hingga mereka bersekolah di SMA Negeri
Manggar, SMA Negeri pertama yang berdiri di Belitong.
4. Demi memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai harus bekerja
sebagai kuli di pelabuhan ikan pada dini hari dan pergi ke sekolah setelahnya.
Namun begitu, mereka tetap gigih belajar sehingga selalu berada dalam peringkat
lima teratas dari 160 murid di sekolahnya. Sekolah tersebut berada 30 kilometer
dari rumah Ikal dan Arai sehingga mereka harus menyewa kamar dan hidup jauh
dari orang tuanya
5. Pada bukunya, Andrea Hirata menceritakan bahwa Ikal dan
kedua temannya adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak
Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar tersebut. Namun berbeda dengan guru
yang bernama Pak Balia, ialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada
muridnya, terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
6. Di dalam film tersebut, selama masa SMA, banyak kenakalan
yang dilakukan oleh Arai dan Ikal. Mereka pernah mengejek Pak Mustar saat
upacara bendera sehingga Pak Mustar marah. Mereka juga pernah menyusup ke
bioskop yang tidak mengizinkan anak sekolah untuk masuk dan menonton film
dewasa tersebut. Pak Mustar mengetahui hal tersebut sehingga Ikal dan Arai
diberi hukuman keesokan harinya di sekolah.
7. Film ini mempunyai kelebihan yaitu menceritakan
persahabatan dan setia kawan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan
yang begitu mendalam, serta kisahnya yang mengharukan. Hidup mandiri dan
terpisah dari orang tua dengan latar belakang kondisi ekonomi yang sangat
terbatas namun mempunyai cita-cita yang besar.
Sumber:
https://semuacontoh.blogspot.com/2017/03/contoh-teks-ulasan-sang-
pemimpi.html
Soal
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan
teks ulasan?
Jawab
: ______________________________________________________________
2. Sebutkan
karya/produk/objek yang bisa dibuat teks ulasan?
Jawab
: ______________________________________________________________
3. Sebutkan ciri-ciri teks
ulasan?
Jawab
: ______________________________________________________________
4. Karya/produk/objek apa
yang diulas pada teks 1?
Jawab
: _________________________________________________________
5. Apakah teks 1 dapat
disebut sebagai teks ulasan? Jelasakan alasan kamu?
Jawab : _________________________________________________________
Lampiran
pertemuan kedua
Soal
Pertemuan Kedua
Jawablah pertanyaan di bawah
ini!
Tuliskan 5 pendapat atau
opini berdasarkan dengan fakta yang diinterpretasikan dari teks 1!
Jawab :
1.________________________________________________________________
2.________________________________________________________________
3.________________________________________________________________
4.________________________________________________________________
5.________________________________________________________________
Bacalah dengan saksama teks
berikut!
Teks 2
Cerita novel Laskar Pelangi terjadi di sebuah Desa Gantung,
Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai saat sekolah Muhammadiyah terancam
akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak mencapai siswa baru sejumlah
10 anak. Saat itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, namun tepat
ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun
dan ibunya datang mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.
Mulai dari sanalah dimulai cerita . Mulai dari penempatan
tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka luar biasa
di mana A Kiong yang malah cengar-cengir saat ditanyakan namanya oleh guru
mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang
diprotes keras Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman
cinta pertama Ikal, hingga pertaruhan.
Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan oleh Bu Muslimah
akan kesenangan mereka pada pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah
dengan berbagai cara. Contohnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan
kawan-kawannya karena kesenangannya terhadap okultisme yang membuahkan
kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang
yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang
berijazah juga terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi
mengarungi hari-hari dengan menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah
sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein
kecil itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, yang dilanjutkan dengan
kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong
kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan
oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota
sepuluh Laskar Pelangi ini!
Sumber
: https://materibelajar.co.id/sinopsis/
SOAL
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Karya/produk/objek apa yang dibahas pada teks 2?
Jawab
: ____________________________________________________________
2. Apakah teks 2 dapat
disebut teks ulasan? Jelaskan?
Jawab
: ____________________________________________________________
3. Apakah teks 2 dapat
disebut sebagai sinopsis? Jelaskan?
Jawab
: ____________________________________________________________
4. Apakah yang dimaksud
sinopsis?
Jawab
: _______________________________________________________
5. Jelaskan perbedaan teks
ulasan dan sinopsis berdasarkan pembahasan teks 1 dan 2!
Jawab :
_______________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMP Negeri 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Ulasan |
KD |
: 4.10 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menceritakan
kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel,
karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
B. Indikator
1. menentukan penyataan yang sesuai dengan isi
teks ulasan,
2. menemukan kelebihan yang terdapat pada teks
ulasan,
3. menemukan kekurangan yang terdapat pada teks
ulasan,
4.
menuliskan sinonim kata pada kalimat,
5.
menceritakan kembali isi teks ulasan.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. menentukan penyataan yang sesuai dengan isi
teks ulasan dengan benar,
2. menemukan kelebihan yang terdapat pada teks
ulasan dengan benar,
3. menemukan kekurangan yang terdapat pada teks
ulasan dengan benar,
4. menuliskan sinonim kata pada kalimat dengan
benar,
5. menceritakan kembali isi teks ulasan dengan
benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada Kegiatan 2 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS ULASAN,
Kode Kelas: 1cm4faz
Password kelas:
123456,
IDDiklat D202101000006
b. Siswa menanya tentang
penceritaan kembali teks ulasan.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
Lampiran RPP Menjelaskan Kembali
Isi Teks Ulasan
Kegiatan 2.1 Membaca Teks
Perhatikan teks di bawah
ini!
Teks 3
1. Identitas
Judul : Bunga Rampai
Penulis Naskah : DN Pertiwi
Sutradara : Aisyah Isnaeni
Genre : Drama
Pemain : Iqra Al-Fikri dan
Ismi Laila
2. Bunga
Rampai adalah drama karya DN Pertiwi yang bercerita mengenai kehidupan seorang
gadis yang tinggal di pesisir Tanjung Balai. Drama ini menceritakan tentang
kehidupan Laila yang memiliki mimpi tinggi, tetapi adat keluarga yang
berpendapat bahwa perempuan hanya boleh tinggal di rumah mengekangnya. Fikri,
seorang pemuda bermata bening yang ingin membantu Laila keluar dari kungkungan
adat yang menjerat Laila. Mereka berusaha membuktikan bahwa perempuan juga bisa
bermimpi.
3. Drama
ini masih mengangkat tema patriarki yang kental di sebuah negeri yang merdeka.
Sesuatu yang agaknya sudah ‘mainstream’ di kalangan Indonesia. Tema-tema
seperti ini sebenarnya sudah tidak menjanjikan lagi, sebab perempuan lebih
condong untukk dimuliakan dan memiliki keputusan sendiri tentang masa depannya.
4. Drama
ini sudah tidak terhubung dengan keadaan sekitar dengan jalan cerita yang
sepertinya mengulang kembali kehidupan Kartini tetapi ala modern.
5. Kelebihan
dari drama ini adalah naskahnya yang segar dengan pergantian adegan yang apik.
Akting dari para aktor dan aktris juga tata musiknya membuat ke-main stream-an
drama ini tidak begitu terasa.
6. Dengan
naskah sekuat itu, penulis seharusnya bisa mengubah poin cerita dengan tidak
berkisah mengenai perempuan yang ingin mengejar mimpinya. Temanya itulah yang
merupakan kekurangan dari cerita ini. Plot dan jalinan cerita, serta alurnya
sudah mantap, hanya temanya yang biasa yang membuat drama ini terkesan
stensilan.
7. Secara
keseluruhan, drama ini mendapat nilai 7/10 dari saya sebagai penikmat drama
panggung sejati.
Sumber:
https://voi.co.id/contoh-teks-ulasa
Kegiatan 2.2 Menjawab
Pertanyaan
Setelah kalian membaca teks
ulasan tersebut, tentukan pernyataan pernyataan berikut yang sesuai dengan isi
teks!
1.
Bunga Rampai adalah drama karya DN Pertiwi yang bercerita
mengenai kehidupan seorang nenek yang tinggal di pesisir Tanjung Balai. (sesuai
/ tidak sesuai)
2.
Drama ini menceritakan tentang kehidupan Laila yang memiliki
mimpi tinggi, tetapi adat keluarga yang berpendapat bahwa perempuan hanya boleh
tinggal di rumah mengekangnya. (sesuai / tidak sesuai)
3.
Drama ini masih mengangkat tema percintaan yang kental di
sebuah negeri yang merdeka. (sesuai / tidak sesuai)
4.
Secara keseluruhan, drama ini mendapat nilai 5/10 dari saya
sebagai penikmat drama panggung sejati. (sesuai / tidak sesuai)
5.
Temanya itulah yang merupakan kekurangan dari cerita ini.
(sesuai / tidak sesuai)
6.
Plot dan jalinan cerita, serta alurnya sudah mantap, hanya
temanya yang biasa yang membuat drama ini terkesan stensilan. (sesuai / tidak
sesuai)
7.
Kelemahan dari drama ini adalah naskahnya yang segar dengan
pergantian adegan yang apik. Akting dari para aktor dan aktris juga tata
musiknya membuat ke-main stream-an drama ini tidak begitu terasa. (sesuai /
tidak sesuai)
8.
Drama ini sudah tidak terhubung dengan keadaan sekitar dengan
jalan cerita yang sepertinya mengulang kembali kehidupan Kartini tetapi ala
modern. (sesuai / tidak sesuai)
9.
Bunga Rampai adalah drama yang ditulis oleh Aisyah Isnaeni
dan disutradarai oleh DN Pertiwi. (sesuai / tidak sesuai)
10.
Karya yang bergenre film ini dimainkan oleh Iqra Al-Fikri dan
Ismi Laila. (sesuai / tidak sesuai)
Kegiatan 2.3
Menemukan Kelebihan dan Kelemahan Teks Ulasan
Perhatikan teks
berikut!
Teks 4
1. Kotak merupakan salah satu
band di Indonesia dengan tiga personil. Tantri sebagai vokalis, Chua sebagai
bassist dan Cello sebagai gitaris. Album lagu kotak yang kedua bernama Kotak
Kedua. Album ini dirilis pada tahun 2008. Album lagu Kotak Kedua merupakan
album kedua yang diluncurkan Band Kotak. Album ini dirilis melalui Warner Music
Group.
2. Di dalam album Kotak
Kedua terdapat dua belas lagu. Lagu-lagunya yaitu Beraksi, Kosong Toejoeh,
Tinggalkan Saja, Berbeda, Lagi-Lagi, Tetap Ada, Masih Cinta, Terluka, Mencintai
Ku dan Dia, Bayang Abadi, dan Rock Never Dies, serta Kembali Untukmu. Album
lagu yang dirilis Juni 2008 ini pernah mendapat penghargaan AMI Award untuk
Album Rock Terbaik.
3. Secara keseluruhan, album
ini menarik banyak perhatian masyarakat. Dengan hal itu dapat dikatakan album
Kotak Kedua ini sukses. Hal itu dilihat dari penghargaan yang diraih. Selain
itu, lagu-lagu di dalamnya juga tetap eksis dan diminati pecinta musik hingga
kini. Padahal, jika dihitung usia album lagu Kotak Kedua sudah sepuluh tahun
lamanya.
4. Dengan keunikan dan
keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli. Bagi
pecinta musik rock, melewatkan album ini dapat menjadi suatu kesalahan.
Lagu-lagu di dalamnya sangat ekspresif. Selain itu, lagu-lagunya juga
memberikan semangat tersendiri. Sehingga, bagi pecinta musik khususnya pecinta
musik rock sangat dianjurkan membelinya.
Sumber
: https://thegorbalsla.com/contoh-teks-ulasan/
Teks 5
Puisi berjudul Ibu merupakan
hasil karya Cantika Ayu. Puisi ini telah diterbitkan di majalah kalangan usia
menengah. Isi dari puisi Ibu tentang do’a seorang anak untuk ibunya. Di dalam
puisi ini juga diungkap ucapan terima kasih atas jasa-jasa seorang Ibu.
Digambarkan dalam puisi, Ibu merupakan seseorang yang selalu ada untuk putra
dan putrinya.
Pada bait pertama hingga
bait ketiga, penulis mengungkapkan do’a do’a untuk Ibu. Seorang anak berharap
senyum sang Ibu tak pernah pudar dan juga bahagianya jangan sampai hilang.
Selain itu, ia juga berdo’a agar disetiap langkah Ibu selalu dalam tuntunan
Tuhan. Digambarkan pula walaupun Ibu orang yang banyak bicara, seorang anak
tetap berharap rezeki Ibu mengalir deras.
Puisi ini menggambarkan
betapa rasa kasih seorang anak kepada ibunya. Cinta kasih dan segala yang telah
diberi sang Ibu tidak akan dapat terbalaskan. Namun, ucapan terima kasih saja
dirasa tak cukup. Sehingga, do’a do’a tulus seorang anak harus tetap
dipanjatkan. Keunggulan puisi ini yaitu isinya menceritakan tentang kehidupan
sehari-hari yang dialami ibu dan anak.
Walaupun ada beberapa
kekurangan, secara keseluruhan, puisi “Ibu” layak dibaca. Puisi ini juga dapat
dijadikan referensi untuk membuat puisi dengan tema yang sama. Kata-kata
disetiap baitnya mampu membuat pembaca sadar betapa besar pengorbanan seorang
Ibu. Puisi ini juga dapat dijadikan motivasi setiap anak agar tidak menyakiti
hati seorang Ibu dan harus menjadi anak yang membanggakan.
Sumber :
https://thegorbalsla.com/contoh-teks-ulasan/
Teks 6
a. Judul Buku :Cinta
Brontosaurus
b. Pengarang : Raditya Dika
c. Genre : Komedi,
Percintaan
d. Penerbit : Gagas Media
e. Tahun Terbit : 2006
f. Tebal Buku : 160 Halaman.
Dika adalah seorang penulis
yang baru saja putus cinta dengan Nina, pacarnya. Semenjak putus cinta, dia
percaya bahwa cinta bisa kadaluarsa. Kosasih, agen naskah Dika, mencoba untuk
membuat Dika yakin terhadap cinta kembali. Seperti Kosasih yakin dengan
istrinya Wanda. Usaha ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan absurd
yang berdatangan.
Namun, cinta datang tanpa
persiapan. Seperti saat Dika bertemu dengan Jessica, seorang perempuan yang
jalan pikirannya sama anehnya dengan Dika. Semakin Dika kenal dengan Jessica,
semakin dia bertanya: apa benar cinta bisa kadaluarsa? Di sisi yang lain, Mr.
Soe Lim menawarkan untuk memfilmkan buku Dika yang berjudul Cinta Brontosaurus.
Tertarik, Dika berusaha
untuk menulis skrip film tersebut. Masalah mulai timbul ketika di tengah jalan,
Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika. Naskah diubah menjadi film
horror yang sedang laku. Buku ini adalah perjalanan Dika untuk memahami cinta,
yang justru dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan
keluarganya sendiri.
Tampilan cover buku sangat
menarik. Selain itu di dalam nya juga jangan mendukung buku ini sehingga
terlihat lebih ceria. Sedangkan isi buku ini sangat bagus mulai dari komedi,
kisah cinta, hingga kehidupan sehari-hari sang tokoh. Kisah ini sangat sesuai
dengan kehidupan remaja masa kini yang pastinya menarik untuk di tonton. Bahasa
dibuku ini kebanyakan menggunakan bahasa gaul seperti, loe, gue, dsb. Bahkan
mungkin bahasa yang digunakan tidak mencakup Bahasa Indonesia yang baik. Namun,
itu semua sudah sesuai dengan tema dan isi buku yaitu tentang kehidupan remaja.
Kelebihan buku ini yaitu
menggunakan tema yang memiliki banyak peminat.Dan banyak menampilkan kelucuan
yang mengundang tawa.Sedangkan kekurangan buku ini yaitu pada akhir cerita
sangat mengambang dan membuat penasaran. Dan juga ada kata-kata yang agak
vulgar dan tidak disensor.
Buku Cinta Brontosaurus
memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dibalik semua itu buku ini memilik
daya tarik yang besar. Hal itu dikarenakan penulisnya adalah seorang penulis
yang sudah di kenal banyak orang yaitu Raditya Dika. Raditya Dika memiliki jiwa
yang humoris. Hal itu sangat sesuai dengan apa yang ia dituliskan di dalam
buku.
Sumber :
https://thegorbalsla.com/contoh-teks-ulasan/
Kegiatan 2.4 Menjawab
Pertanyaan
Setelah kalian membaca
beberapa teks ulasan tersebut, lengkapi tabel di bawah ini!
Kegiatan 2.5 Menulis Sinonim
Kata
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMP Negeri 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Ulasan |
KD |
: 3.11 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menelaah
struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni
daerah) yang diperdengarkan dan dibaca.
B. Indikator
1.
menentukan struktur teks ulasan,
2. menentukan kaidah kebahasaan teks ulasan.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1.
menentukan struktur teks ulasan dengan
benar,
2. menentukan kaidah kebahasaan teks ulasan
dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada Kegiatan 2 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS ULASAN,
Kode Kelas: 1cm4faz
Password kelas:
123456,
IDDiklat D202101000006
b. Siswa menanya tentang
teks ulasan.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
Lampiran RPP Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan
Materi
1. Struktur Teks Ulasan
a. Identitas Karya
berisi hal-hal yang berhubungan identitas karya yang diulas.
Misal karya yang
diulas sebuah buku, identitas karya berupa judul buku, pengarang, penerbit,
tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.
b. Orientasi berisi
gambaran umum dari karya yang diulas.
c. Sinopsis berisi
ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya yang diulas.
d. Analisis berisi
penjelasan unsur-unsur karya yang diulas.
Misal karya yang diulas sebuah cerpen/novel, analisis berupa
unsur-unsur cerita seperti tema, penokohan, alur, dan unsur cerita yang lain.
e. Evaluasi berisi
kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas.
f. Rekomendasi berisi
saran-saran kepada pembaca berhubungan dengan karya yang diulas.
2.
Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
a. Menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni,
yaitu
b. Menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak,
kemudian, akhirnya.
c. Menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab.
d. Menggunakan pernyataan berupa saran atau rekomendasi di
akhir teks, seperti jangan, harus, hendaknya.
Kegiatan 3.1 Membaca
Teks
Perhatikan teks
berikut ini!
Teks 8
Berlayar dengan
Perahu Kertas
1. Identitas
Judul
Buku : Perahu Kertas
Penulis
: Dewi Lestari (“Dee”)
Editor
: Hermawan Aksan
Tanggal
Terbit : Agustus 2009
Penerbit
: Bentang Pustaka
Tebal
: 444 Halaman, 20 cm
ISBN
: 978-979-1227-78-0
2. Dewi Lestari, yang
bernama pena Dee, lahir di Bandung, 20 Januari 1976. Novel Perahu Kertas ini
sudah lebih dulu dilansir dalam versi digital (WAP) pada April 2008, dan kini
diterbitkan atas kerja sama antara Truedee Books dan Bentang Pustaka. Naskah
yang awalnya ditulis pada 1996 dan sempat ‘mati suri’ selama 11 tahun ini
akhirnya ditulis ulang oleh Dee pada akhir 2007, menjadikan Perahu Kertas
sebagai novel pertamanya yang bergenre populer. Perahu Kertas adalah karya Dee
yang keenam sesudah Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh, Supernova: Akar,
Supernova: Petir, Filosofi Kopi, dan Rectooverso.
3. Sejatinya, Perahu
Kertas adalah sebuah benang merah atas beberapa peristiwa kompleks yang terjadi
di dalam hidup Kugy. Kugy adalah perempuan aneh yang ingin menjadi juru dongeng
dan hobi membaca. Dia kuliah di Bandung jurusan sastra bersama dengan Noni,
sahabatnya sejak kecil.
4. Di Bandung, dia
bertemu Keenan yang merupakan sepupu Eko, pacar dan sahabat Kugy juga. Kilas
balik, Keenan adalah seorang pemuda berjiwa seniman tetapi dipaksa untuk kuliah
di jurusan yang tidak dia senangi oleh Ayahnya yang menganggap melukis hanya
buang-buang waktu.
5. Dalam perkenalan
ini, sebenarnya telah digambarkan bahwa Keenan menyukai kepribadian Kugy yang
apa adanya. Hanya saja, saat itu Kugy memiliki Joshua sebagai pacarnya. Dan
Kugy juga belum menyadari perasaannya kepada Keenan. Hingga Keenan berkenalan
dengan Wardah dan Luhde, kemudian Kugy bertemu dengan Remi yang baik hati.
Akhir kisah mereka sungguh berputar seperti sebuah komidi dengan lagu yang
menyayat hati.
6. Perahu Kertas adalah
perpaduan apik natara cerita cinta dengan mimpi-mimpi yang tertunda. Kugy yang
ingin menjaadi penulis dongeng harus dipatahkan oleh kenyataan bahwa uang lebih
menjamin daripada sekedar mimpi. Sedangkan Keenan yang ingin menjadi pelukis
harus dibelokkan oleh Ayahnya sendiri.
7. Dua orang pemimpi
yang bertemu tentu membuat keduanya langsung cocok dan akrab. Sayang saja,
waktu mempermainkan keduanya hingga sulit untuk tahu siapa yang menyakiti
siapa.
8. Sebenarnya, ini
adalah kisah percintaan yang paling ribet, nyebelin, sekaligus paling manis dan
realistis. Kita semua tahu bahwa cinta memang memiliki jalannya sendiri.
9. Keenan sempat bersama Wardah dan memiliki hubungan yang
serius dengan Luhde. Demikian pula Kugy yang sempat bersama Joshua dan
menjalani hubungan serius dengan Remi. Tetapi semesta menunjukkan keajaibannya
dengan mempertemukan mereka melalui jalan yang terjal.
10. Selain cerita soal percintaannya yang manis, Perahu
Kertas juga menyuguhkan cerita 2 orang pemimpi yang saling bekerja sama untuk
membuktikan pada dunia bahwa semua mimpi berhak untuk diraih. Cerita bagaimana
Kugy dan Keenan memiliki mimpi yang ditertawakan banyak orang tentu adalah
kisah yang terjadi pada nyaris semua individu bernama remaja yang tinggal di
Indonesia. Terutama bagi mereka yang memiliki mimpi tidak jelas di bidang seni
dan sastra. Mereka pasti akan merasakan hubungan erat dengan cerita ini.
11. Buku ini memiliki gaya bahasa yang ringan dan sangat
dekat dengan para remaja. Memiliki banyak pesan dan motivasi, tetapi tidak
menggurui sehingga akan mudah diterima semua kalangan. Selain itu, novel ini
memiliki alur yang ringan sekaligus realistis.
12. Satu hal yang menjadi kekurangan dari buku ini adalah ada
begitu banyak plot yang terjadi. Sehingga jika pembaca tidak fokus, akan mudah
sekali disesatkan atau bingung dengan apa yang terjadi. Meskipun demikian, plot
yang banyak ini terjalin rapi sehingga tidak menjadi gangguan yang nyata.
Halaman yang terlalu tebal juga tidak begitu terasa karena gaya bahasanya yang
ringan. Tetapi tetap saja, halaman yang terlalu tebal tentu tidak ramah bagi
mereka yang baru saja mulai membaca.
13. Secara keseluruhan, buku ini sangat bagus dibaca sebagai
bacaan ringan. Bagi kamu yang sedang kehilangan motivasi, sangat disarankan
membaca buku ini agar menemukan semangat kembali untuk menggapai mimpi-mimpi.
Sumber
: https://voi.co.id/contoh-teks-ulasan/#ftoc-heading-30
Kegiatan
3.2 Menjawab Pertanyaan
1.
Identitas Karya paragraf ke- ... karena ...
2.
Orientasi paragraf ke- ... karena ...
3.
Sinopsis paragraf ke- ... karena ...
4.
Analisis paragraf ke- ... alasannya ...
5.
Evaluasi paragraf ke- ... karena ...
6.
Rekomendasi paragraf ke- ... karena ...
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
3.3 Menganalisis Struktur Teks Ulasan
Menempati
struktur apakah kalimat-kalimat berikut?
1. Bahasa novel ini
mengalir lancar dan mudah dipahami, menempati struktur ...
2. Novel banyak
memberikan pelajaran kepada pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai
bergaul dengan orang lain, menempati struktur ...
3. Atheis merupakan
salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun
1969, menempati struktur ...
4. Judul : Atheis.
Pengarang : Achdiat K.Mihardja, menempati struktur ...
5. Novel ini
menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh, menempati struktur ...
6. Dengan keunikan
dan keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli,
menempati struktur ...
7. Hingga akhirnya,
Bella menemui titik terang keberadaan ibunya, menempati struktur ...
8. Cerpen ini
memiliki akhir yang menyedihkan. Alurnya jelas dan ceritanya ringkas, menempati
struktur ...
9. Drama ini masih
mengangkat tema patriarki yang kental di sebuah negeri yang merdeka, menempati
struktur ...
10. Dengan keunikan dan
keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli, menempati
struktur ...
Kegiatan
3.4 Menganalisis Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
Perhatikan
teks berikut ini!
Teks 9
Menatap Keindahan Laskar Pelangi
1. Identitas
Judul : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Tahun Terbit : 2005
Jumlah Halaman : 529 halaman
ISBN : 979-3062-79-7
Penerbit : Bentang Pustaka
2. Laskar Pelangi
merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan pertama kali pada
tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka, Yogyakarta. Novel tersebut merupakan
buku pertama dari tetralogi Laskar Pelangi. Ketiga novel berikutnya yaitu Sang
Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Selama dua tahun sejak penerbitannya,
September 2005—November 2007, Laskar Pelangi telah mengalami cetak ulang hingga
empat belas kali. Novel tersebut mampu menarik perhatian dan banyak mendapat
pujian, bahkan novel tersebut mencapai best seller di Indonesia dan Malaysia.
3. Buku ini bercerita tentang perjuangan 10 siswa miskin di
Belitong yang sekolah di SD Muhammadiyah yang terancam tutup. Sepuluh orang itu
adalah Ikal, Lintang, Sahara, Harun, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, dan
Trapani. Diceritakan awalnya SD Muhammadiyah ini nyaris menolak kehadiran
murid-murid ini untuk belajar karena jumlah muridnya tidak mencukupi 10 orang.
Lalu datanglah Harun yang ingin bersekolah melengkapi formasi ‘Laskar Pelangi’ ini.
4. Meskipun sekolah di
sekolah yang miskin, 10 orang Laskar Pelangi adalah murid-murid yang jenius.
Contohnya Lintang yang sangat pintar di ilmu perhitungan dan Mahar yang pintar
di bidang kesenian. Mereka menonjol di bidangnya masing-masing, hanya saja
tidak terekspos karena kemiskinan sekolahnya.
5. Buku ini bercerita
tentang perjuangan Lintang yang harus menempuh jarak puluhan kilometer hanya
untuk sekolah. Bercerita tentang masing-masing kelebihan anak-anak ini, dan
bagaimana mereka berjuang di olimpiade dan mendapatkan peringkat satu.
6. Bercerita tentang
persahabatan yang menyentuh hati, perjuangan untuk melanjutkan sekolah, dan
bagaimana perjuangan itu terkadang tidak sesuai dengan kenyataan.
7. Buku ini membawa
semangat masa muda dan perjuangan tidak kenal lelah kepada orang yang
membacanya. Memang buku ini adalah sebuah novel dan bukan buku motivasi, tetapi
cerita yang ada di dalam buku ini sangat memotivasi orang-orang yang
menontonnya. Gaya bercerita Andrea Hirata juga cukup menghibur dan menyenangkan.
8. Terlalu banyak
istilah teknis yang ada di dalam buku ini dan catatan kaki yang bisa menghambat
imajinasi pembaca.
9. Secara keseluruhan,
Laskar Pelangi adalah buku yang cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama
pelajar. Karena mengajarkan arti kerja keras, rasa syukur, dan bagaimana
memandang hidup ini dari sisinya yang terindah.
Sumber :
https://voi.co.id/contoh-teks-ulasan/#ftoc-heading-30
Kegiatan
3.5 Menjawab Pertanyaan
1. Tuliskan kalimat
yang menggunakan konjungsi penerang!
2. Tuliskan kalimat
yang menggunakan konjungsi temporal!
3. Tuliskan kalimat
yang menggunakan konjungsi penyebab!
4. Tuliskan kalimat yang menggunakan pernyataan berupa saran
atau rekomendasi di akhir teks!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMP Negeri 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Ulasan |
KD |
: 4.11 |
|
Alokasi Waktu |
: 3 x pertemuan (6 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menyajikan tanggapan tentang
kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam
bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.
B. Indikator
1. menentukan langkah-langkah penyusunan teks
ulasan dengan benar,
2.
menulis teks ulasan dengan benar,
3.
menyunting teks ulasan dengan benar.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. menentukan langkah-langkah penyusunan teks
ulasan dengan benar,
2.
menulis teks ulasan dengan benar,
3.
menyunting teks ulasan dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
f. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada Kegiatan 2 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/
Nama Kelas: KELAS VIII
TEKS ULASAN,
Kode Kelas: 1cm4faz
Password kelas:
123456,
IDDiklat D202101000006
g. Siswa menanya penulisan
teks ulasan.
h. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
i. Siswa mengerjakan
soal.
j. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah, Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran, Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
Lampiran RPP Menulis Teks Ulasan
Materi
A. Menulis Teks Ulasan
Menulis
teks ulasan haruslah berstruktur. Agar berstruktur, penulis harus melakukan
langkah-langkah. Adapun langkah-langkah menulis ulasan buku adalah sebagai
berikut.
1. Mencari dan
menentukan buku yang akan diresensi.
2. Membaca buku itu
dengan saksama.
3. Mengidentifikasi atau menandai bagian-bagian buku yang
dirasa menarik dan menjadi kelebihannya maupun kekurangannnya.
4. Membuat ikhtisar dan
mencatat isi buku secara garis besar.
5. Menuliskan pendapat
pribadi sebagai tanggapan atau penilaian atas isi buku.
6. Memadukan ikhtisar
dan tanggapan pribadi menjadi sebuah tulisan yang utuh.
7. Menuliskan data-data
terbitan dan fisik buku.
Selain
langkah-langkah tersebut, penulis ulasan juga harus mengetahui hal-hal yang
harus diungkapkan dalam ulasan buku. Berikut hal-hal yang perlu diungkapkan.
1. Identitas buku, yang
meliputi:
a. judul
b. nama pengarang
c. kota dan nama penerbit
d. tahun atau edisi penerbitan
e. tebal buku
2. Isi buku yang penting atau menarik
3. Bahasa pengarang
4. Keunggulan
5. Kelemahan
6. rekomendasi
B. Menyunting Teks Ulasan
Menyunting teks
adalah memperbaiki teks sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa yang sesuai. Sebuah
teks disunting karena ingin menjaga kualitas teks tersebut. Untuk dapat
menyunting teks diperlukan pengetahuan tentang struktur, isi, bahasa, dan
ejaan. Tujuan dari menyunting teks adalah untuk menyajikan teks yang baik dan
benar sesuai dengan kaidah EYD.
Soal
Menyusun Teks Ulasan dari Teks yang
Disusun Acak
Susunlah
teks yang tertulis secara acak/ tidak urut di bawah ini sesuai urutan yang
tepat, struktur yang benar dengan memerhatikan pemakaian huruf kapital dan
tanda baca yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia!
1. karang setan adalah novel ke-19 dari seri petualangan lima
sekawan karya enid blyton, seorang penulis berkebangsaan inggris. novel ini
menceritakan tentang kisah petualangan dari lima sekawan yang berlibur ke
sebuah mercusuar milik si utik yang berada di atas karang setan. ada dongeng
yang menceritakan bahwa terdapat harta karun yang disembunyikan di sana. lima
sekawan pun memutuskan untuk menyelidiki ke sekeliling gua. lima sekawan
terdiri dari julian, dick, george, anne, dan seekor anjing bernama timmy.
petualangan mereka kali ini semakin seru dengan ditemani oleh si utik dan
monyetnya, si iseng.
2. agar ayah george dan temannya dapat bekerja dengan tenang
maka diputuskan lima sekawan bersama utik dan iseng agar pergi berlibur ke
mercusuar milik utik, yang merupakan hadiah ulang tahun dari ayahnya. tetapi
rupanya mercusuar itu dulu dipakai oleh seorang pencuri ulung untuk
menyembunyikan kapal-kapal. kedua anak pencuri itu sampai sekarang masih
mencari tempat persembunyian harta rampasan ayahnya.
3. selanjutnya, pembaca akan terkagum dengan berbagai
petualangan dan tantangan yang dihadapi oleh lima sekawan dan utik di karang
setan. di setiap bab, buku ini, dari awal hingga akhir saling terhubung dengan
erat dan merupakan kesatuan utuh yang saling melengkapi.
4. Identitas
judul : karang setan
penulis : enid blyton
jenis buku : fiksi
penerbit : gramedia pustaka utama
cetakan xiv : desember 2011
tebal : 192 halaman
5. meskipun disebut
sebagai novel ke-19 dari seri petualangan lima sekawan, novel ini sama sekali
tidak berhubungan satu sama lain. setiap seri petualangan lima sekawan memiliki
cerita yang berbeda dan di tempat yang berbeda juga. novel-novel tersebut hanya
memiliki kesamaan dalam tokoh, yaitu lima sekawan.
6. novel disajikan
dengan bahasa yang sangat apik dan menarik sehingga membuat pembaca seolah-olah
ikut berpetualang bersama lima sekawan ke karang setan. kekonyolan iseng si
monyet dan timmy si anjing membuat cerita semakin seru. hanya satu kekurangan
buku ini yaitu penyelesaiannnya yang kurang mengesankan. namun, kekurangan
tersebut dapat dianggap sebagai angin lalu dan pembaca dibuat terhanyut dengan
cara penulis menyajikan cerita.
7. dengan
mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini merupakan buku yang
sangat menarik dan cocok untuk dibaca saat memiliki waktu luang. buku ini
menggambarkan tentang sebuah petualangan yang dipenuhi banyak rintangan. di
dalam buku in, terdapat pelajaran tentang semangat, kerja keras, dan sifat
pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan yang dihadapi.
8. karena merasa
terganggu oleh kedatangan lima sekawan dan si utik, maka mereka mengurung jadi
kelima anak itu, utik, timmy dan si iseng di dalam mercusuar.
9. pada bab pertama,
enid blyton menceritakan bahwa teman pak quentin, ayah george, akan berkunjung
ke pondok kirrin untuk menyelesaikan pekerjaan. mereka berdua senang bekerja
dalam kesunyian, dan di saat yang bersamaan lima sekawan juga akan datang untuk
berlibur. pastinya pondok kirrin akan sangat ramai oleh anak-anak dan ditambah
dengan teman pak quentin yang membawa serta anaknya, utik, dan monyetnya,
iseng.
10. ada apa dengan
karang setan?
Soal kedua
Menyunting Teks Ulasan
Bacalah dengan saksama teks ulasan film berikut!
Identitas
Judul film :
Habibie dan Ainun
Tahun :
2012
Sutradara :
Hanung Bramantyo
Film Habibie dan
Ainun diangkat dari kisah nyata mantan presiden Indonesia Bj. Habibie. Kisah
tersebut di tulis langsung oleh dia, semasa hidupnya. Kemudian sang sutradara
tertarik mengangkat cerita dia dan dibuatnya film layar lebar. Film Habibie dan
Ainun ini di bintangi oleh artis berbakat reza rahardian dengan bunga citra
lestari.
Habibie dan Ainun
dulunya adalah teman SMP ketika tahun 1962. Kemudian mereka dipertemukan
kembali di Kota Bandung. Saat itulah, Habibie langsung menyukai Ainun. Begitu
juga Ainun yang membalas perasaan beliau. Tidak lama mereka langsung menikah
dan menetap di Jerman.
Habibie dan Ainun
senantiasa mencintai tanah air dengan berbagai pengorbanan yang telah
dilakukan. Tidak hanya itu, perjalanan cinta mereka berdua juga patut diacungi
jempol. Namun Perjalanan mereka tidaklah mulus. Banyak konflik yang mereka
hadapi selama memimpin negara Indonesia. Bahkan mantan presiden Susilo dan
istri sempat menitikan air mata saat menonton.
Pada film Habibie dan
Ainun dirangkai dengan sangat baik. Kemudian ambisi dan kecerdasan beliau
disajikan dengan sangat baik. Hal ini akan membuat generasi muda terpacu untuk
mengikuti jejak beliau. Tidak hanya oleh generasi muda saja, para pejabat dan
pengusaha juga dapat mengikuti keteladanan beliau.
Para pemain film
Habibie dan Ainun membawakan karakternya dengan sangat baik. Khususnya Reza
Rahardian yang membawakan peran dengan sangat baik. Sehingga tidak heran bila
para pemain film Habibie dan Ainun menyabet berbagai penghargaan.
Pada film Habibie dan
Ainun banyak sekali yang dapat dipetik. Mulai dari kegigihan, kecerdasan,
kesetiaan, dan juga pengorbanan. Hal ini dapat dilihat ketika Habibie selalu
mendampingi Ainun yang tengah sakit. Sehingga tidak heran bila banyak para
penonton yang meneteskan air mata ketika menonton film ini.
Sumber:
https://sekolahnesia.com/contoh-teks-ulasan-film/
Setelah
kalian membaca teks ulasan film Merah Putih tersebut, jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih (ya / tidak)
a. Apakah identitas film sudah lengkap? (ya / tidak)
b. Apakah terdapat analisis film? (ya / tidak)
c. Apakah terdapat evaluasi film? (ya / tidak)
d. Apakah terdapat rekomendasi film? (ya / tidak)
e. Apakah unsur-unsur pada struktur teks itu sudah tersusun
secara sistematis? (ya / tidak)
f. Apakah ada kata konjungsi penerang di dalam teks itu? (ya
/ tidak)
g. Apakah ada konjungsi temporal di dalam teks itu? (ya /
tidak)
h. Apakah ada kesalahan pemilihan kata di dalamnya? (ya /
tidak)
i. Apakah ada kesalahan penulisan kata pada teks tersebut?
(ya / tidak)
j. Apakah ada kesalahan penulisan huruf kapital pada teks
tersebut? (ya / tidak)
Pertemuan Ketiga
Soal
Tuliskan sebuah teks ulasan dengan
struktur:
1.
Identitas buku, yang meliputi:
a. judul
b. nama pengarang
c. kota dan nama penerbit
d. tahun atau edisi penerbitan
e. tebal buku
2.
Isi buku yang penting atau menarik
3.
Bahasa pengarang
4.
Keunggulan
5.
Kelemahan
6.
rekomendasi
EmoticonEmoticon