RPP Teks Ulasan (online)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: VIII/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Ulasan

KD

: 3.10

 

Alokasi Waktu

: 2 x pertemuan (4 JP)

 


A. Kompetensi Dasar

Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan.

 

B. Indikator

1.    Mengidentifikasi teks ulasan,

2.    mengidentifikasi struktur teks ulasan teks ulasan,

3.    mengidentifikasi ciri kebahasaan teks ulasan.

 

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:

1.    mengidentifikasi teks ulasan secara benar;

2.    mengidentifikasi struktur teks ulasan teks ulasan secara benar; dan

3.    mengidentifikasi ciri kebahasaan teks ulasan secara benar.

 

D. Alat dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

E.  Skrenario Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.

 

Kegiatan Inti (60 menit)

a.     Siswa membaca teks berjudul kiriman guru yang dimuat pada Kegiatan 1 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Nama Kelas: KELAS VIII TEKS ULASAN,  

Kode Kelas: 1cm4faz

Password kelas: 123456,

IDDiklat D202101000006

b.    Siswa menanya tentang identifikasi teks ulasan.

c.     Siswa mengidentifikasi gagasan pokok tiap paragraf.

d.    Siswa mengerjakan soal.

e.     Siswa memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.

 

Penutup (10 menit)

Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

 

F. Penilaian

1.  Penilaian sikap: Teknik nontes.

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir.


 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 19700610 199512 1 004

 

Pati,  4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


Lampiran RPP Mengidentifikasi Teks Ulasan

 

Bacalah Teks 1 berikut!

1. Identitas

Judul : Sang Pemimpi

Pemain : Vikri Setiawan, Lukman Sardi, Zulfanny,Rendy Ahmad , Nazriel Ilham

Sutradara : Riri Riza

Produser : Mira Lesmana

Penulis : Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana

Rilis : 17 Desember 2009

Durasi : 120 menit

2. Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia tahun 2009 yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film Sang Pemimpi adalah sekuel dari Film Laskar Pelangi yang menceritakan tentang kehidupannya di Belitong pada masa SMA.

3. Tiga tokoh utama dalam film ini adalah Ikal, Arai dan Jimbron. Ikal tidak lain adalah Andrea Hirata sendiri, sedangkan Arai adalah saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu ketika masih kecil. Arai disebut sebagai simpai keramat, karena dalam keluarganya ia adalah orang terakhir yang masih hidup dan ia pun diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal. Jimbron merupakan teman Arai dan Ikal yang sangat terobsesi dengan kuda dan gagap bila sedang antusias terhadap sesuatu atau ketika gugup. Ketiganya melewati kisah persahabatan yang terjalin dari kecil hingga mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang berdiri di Belitong.

4. Demi memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan pada dini hari dan pergi ke sekolah setelahnya. Namun begitu, mereka tetap gigih belajar sehingga selalu berada dalam peringkat lima teratas dari 160 murid di sekolahnya. Sekolah tersebut berada 30 kilometer dari rumah Ikal dan Arai sehingga mereka harus menyewa kamar dan hidup jauh dari orang tuanya

5. Pada bukunya, Andrea Hirata menceritakan bahwa Ikal dan kedua temannya adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar tersebut. Namun berbeda dengan guru yang bernama Pak Balia, ialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada muridnya, terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.

6. Di dalam film tersebut, selama masa SMA, banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Ikal. Mereka pernah mengejek Pak Mustar saat upacara bendera sehingga Pak Mustar marah. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop yang tidak mengizinkan anak sekolah untuk masuk dan menonton film dewasa tersebut. Pak Mustar mengetahui hal tersebut sehingga Ikal dan Arai diberi hukuman keesokan harinya di sekolah.

7. Film ini mempunyai kelebihan yaitu menceritakan persahabatan dan setia kawan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam, serta kisahnya yang mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dengan latar belakang kondisi ekonomi yang sangat terbatas namun mempunyai cita-cita yang besar.

Sumber: https://semuacontoh.blogspot.com/2017/03/contoh-teks-ulasan-sang- pemimpi.html

 

Soal

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apa yang dimaksud dengan teks ulasan?

Jawab : ______________________________________________________________

2. Sebutkan karya/produk/objek yang bisa dibuat teks ulasan?

Jawab : ______________________________________________________________

3. Sebutkan ciri-ciri teks ulasan?

Jawab : ______________________________________________________________

4. Karya/produk/objek apa yang diulas pada teks 1?

Jawab : _________________________________________________________

5. Apakah teks 1 dapat disebut sebagai teks ulasan? Jelasakan alasan kamu?

Jawab : _________________________________________________________

Lampiran pertemuan kedua

Soal Pertemuan Kedua

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Tuliskan 5 pendapat atau opini berdasarkan dengan fakta yang diinterpretasikan dari teks 1!

Jawab :

1.________________________________________________________________

2.________________________________________________________________

3.________________________________________________________________

4.________________________________________________________________

5.________________________________________________________________

 

 

Bacalah dengan saksama teks berikut!

Teks 2

Cerita novel Laskar Pelangi terjadi di sebuah Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai saat sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Saat itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, namun tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

Mulai dari sanalah dimulai cerita . Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir saat ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, hingga pertaruhan.

Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan oleh Bu Muslimah akan kesenangan mereka pada pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Contohnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya terhadap okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah juga terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari dengan menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein kecil itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, yang dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

 

Sumber : https://materibelajar.co.id/sinopsis/

 

SOAL

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Karya/produk/objek apa yang dibahas pada teks 2?

Jawab : ____________________________________________________________

2. Apakah teks 2 dapat disebut teks ulasan? Jelaskan?

Jawab : ____________________________________________________________

3. Apakah teks 2 dapat disebut sebagai sinopsis? Jelaskan?

Jawab : ____________________________________________________________

4. Apakah yang dimaksud sinopsis?

Jawab : _______________________________________________________

5. Jelaskan perbedaan teks ulasan dan sinopsis berdasarkan pembahasan teks 1 dan 2!

Jawab : _______________________________________________________


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: VIII/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Ulasan

KD

: 4.10

 

Alokasi Waktu

: 2 x pertemuan (4 JP)

 


A. Kompetensi Dasar

Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

 

B. Indikator

1.  menentukan penyataan yang sesuai dengan isi teks ulasan,

2.  menemukan kelebihan yang terdapat pada teks ulasan,

3.  menemukan kekurangan yang terdapat pada teks ulasan,

4. menuliskan sinonim kata pada kalimat,

5. menceritakan kembali isi teks ulasan.

 

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:

1.  menentukan penyataan yang sesuai dengan isi teks ulasan dengan benar,

2.  menemukan kelebihan yang terdapat pada teks ulasan dengan benar,

3.  menemukan kekurangan yang terdapat pada teks ulasan dengan benar,

4.  menuliskan sinonim kata pada kalimat dengan benar,

5.  menceritakan kembali isi teks ulasan dengan benar.

 

D. Alat dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

E.  Skrenario Pembelajaran

Pendahuluan

Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.

 

Kegiatan Inti (60 menit)

a.    Siswa membaca materi kiriman guru yang dimuat pada Kegiatan 2 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Nama Kelas: KELAS VIII TEKS ULASAN,  

Kode Kelas: 1cm4faz

Password kelas: 123456,

IDDiklat D202101000006

b.    Siswa menanya tentang penceritaan kembali teks ulasan.

c.     Siswa dan guru melakukan brainstorming.

d.   Siswa mengerjakan soal.

e.    Siswa memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.

 

Penutup (10 menit)

Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

 

F. Penilaian

1.  Penilaian sikap: Teknik nontes.

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir.


 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 19700610 199512 1 004

 

Pati,  4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


Lampiran RPP Menjelaskan Kembali Isi Teks Ulasan

 

Kegiatan 2.1 Membaca Teks

Perhatikan teks di bawah ini!

Teks 3

1.    Identitas

Judul : Bunga Rampai

Penulis Naskah : DN Pertiwi

Sutradara : Aisyah Isnaeni

Genre : Drama

Pemain : Iqra Al-Fikri dan Ismi Laila

2.    Bunga Rampai adalah drama karya DN Pertiwi yang bercerita mengenai kehidupan seorang gadis yang tinggal di pesisir Tanjung Balai. Drama ini menceritakan tentang kehidupan Laila yang memiliki mimpi tinggi, tetapi adat keluarga yang berpendapat bahwa perempuan hanya boleh tinggal di rumah mengekangnya. Fikri, seorang pemuda bermata bening yang ingin membantu Laila keluar dari kungkungan adat yang menjerat Laila. Mereka berusaha membuktikan bahwa perempuan juga bisa bermimpi.

3.    Drama ini masih mengangkat tema patriarki yang kental di sebuah negeri yang merdeka. Sesuatu yang agaknya sudah ‘mainstream’ di kalangan Indonesia. Tema-tema seperti ini sebenarnya sudah tidak menjanjikan lagi, sebab perempuan lebih condong untukk dimuliakan dan memiliki keputusan sendiri tentang masa depannya.

4.    Drama ini sudah tidak terhubung dengan keadaan sekitar dengan jalan cerita yang sepertinya mengulang kembali kehidupan Kartini tetapi ala modern.

5.    Kelebihan dari drama ini adalah naskahnya yang segar dengan pergantian adegan yang apik. Akting dari para aktor dan aktris juga tata musiknya membuat ke-main stream-an drama ini tidak begitu terasa.

6.    Dengan naskah sekuat itu, penulis seharusnya bisa mengubah poin cerita dengan tidak berkisah mengenai perempuan yang ingin mengejar mimpinya. Temanya itulah yang merupakan kekurangan dari cerita ini. Plot dan jalinan cerita, serta alurnya sudah mantap, hanya temanya yang biasa yang membuat drama ini terkesan stensilan.

7.    Secara keseluruhan, drama ini mendapat nilai 7/10 dari saya sebagai penikmat drama panggung sejati.

Sumber: https://voi.co.id/contoh-teks-ulasa

 

Kegiatan 2.2 Menjawab Pertanyaan

Setelah kalian membaca teks ulasan tersebut, tentukan pernyataan pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks!

 

1.         Bunga Rampai adalah drama karya DN Pertiwi yang bercerita mengenai kehidupan seorang nenek yang tinggal di pesisir Tanjung Balai. (sesuai / tidak sesuai)

2.         Drama ini menceritakan tentang kehidupan Laila yang memiliki mimpi tinggi, tetapi adat keluarga yang berpendapat bahwa perempuan hanya boleh tinggal di rumah mengekangnya. (sesuai / tidak sesuai)

3.         Drama ini masih mengangkat tema percintaan yang kental di sebuah negeri yang merdeka. (sesuai / tidak sesuai)

4.         Secara keseluruhan, drama ini mendapat nilai 5/10 dari saya sebagai penikmat drama panggung sejati. (sesuai / tidak sesuai)

5.         Temanya itulah yang merupakan kekurangan dari cerita ini. (sesuai / tidak sesuai)

6.         Plot dan jalinan cerita, serta alurnya sudah mantap, hanya temanya yang biasa yang membuat drama ini terkesan stensilan. (sesuai / tidak sesuai)

7.         Kelemahan dari drama ini adalah naskahnya yang segar dengan pergantian adegan yang apik. Akting dari para aktor dan aktris juga tata musiknya membuat ke-main stream-an drama ini tidak begitu terasa. (sesuai / tidak sesuai)

8.         Drama ini sudah tidak terhubung dengan keadaan sekitar dengan jalan cerita yang sepertinya mengulang kembali kehidupan Kartini tetapi ala modern. (sesuai / tidak sesuai)

9.         Bunga Rampai adalah drama yang ditulis oleh Aisyah Isnaeni dan disutradarai oleh DN Pertiwi. (sesuai / tidak sesuai)

10.     Karya yang bergenre film ini dimainkan oleh Iqra Al-Fikri dan Ismi Laila. (sesuai / tidak sesuai)

 

Kegiatan 2.3 Menemukan Kelebihan dan Kelemahan Teks Ulasan

Perhatikan teks berikut!

Teks 4

1. Kotak merupakan salah satu band di Indonesia dengan tiga personil. Tantri sebagai vokalis, Chua sebagai bassist dan Cello sebagai gitaris. Album lagu kotak yang kedua bernama Kotak Kedua. Album ini dirilis pada tahun 2008. Album lagu Kotak Kedua merupakan album kedua yang diluncurkan Band Kotak. Album ini dirilis melalui Warner Music Group.

2. Di dalam album Kotak Kedua terdapat dua belas lagu. Lagu-lagunya yaitu Beraksi, Kosong Toejoeh, Tinggalkan Saja, Berbeda, Lagi-Lagi, Tetap Ada, Masih Cinta, Terluka, Mencintai Ku dan Dia, Bayang Abadi, dan Rock Never Dies, serta Kembali Untukmu. Album lagu yang dirilis Juni 2008 ini pernah mendapat penghargaan AMI Award untuk Album Rock Terbaik.

3. Secara keseluruhan, album ini menarik banyak perhatian masyarakat. Dengan hal itu dapat dikatakan album Kotak Kedua ini sukses. Hal itu dilihat dari penghargaan yang diraih. Selain itu, lagu-lagu di dalamnya juga tetap eksis dan diminati pecinta musik hingga kini. Padahal, jika dihitung usia album lagu Kotak Kedua sudah sepuluh tahun lamanya.

4. Dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli. Bagi pecinta musik rock, melewatkan album ini dapat menjadi suatu kesalahan. Lagu-lagu di dalamnya sangat ekspresif. Selain itu, lagu-lagunya juga memberikan semangat tersendiri. Sehingga, bagi pecinta musik khususnya pecinta musik rock sangat dianjurkan membelinya.

Sumber : https://thegorbalsla.com/contoh-teks-ulasan/

 

Teks 5

Puisi berjudul Ibu merupakan hasil karya Cantika Ayu. Puisi ini telah diterbitkan di majalah kalangan usia menengah. Isi dari puisi Ibu tentang do’a seorang anak untuk ibunya. Di dalam puisi ini juga diungkap ucapan terima kasih atas jasa-jasa seorang Ibu. Digambarkan dalam puisi, Ibu merupakan seseorang yang selalu ada untuk putra dan putrinya.

Pada bait pertama hingga bait ketiga, penulis mengungkapkan do’a do’a untuk Ibu. Seorang anak berharap senyum sang Ibu tak pernah pudar dan juga bahagianya jangan sampai hilang. Selain itu, ia juga berdo’a agar disetiap langkah Ibu selalu dalam tuntunan Tuhan. Digambarkan pula walaupun Ibu orang yang banyak bicara, seorang anak tetap berharap rezeki Ibu mengalir deras.

Puisi ini menggambarkan betapa rasa kasih seorang anak kepada ibunya. Cinta kasih dan segala yang telah diberi sang Ibu tidak akan dapat terbalaskan. Namun, ucapan terima kasih saja dirasa tak cukup. Sehingga, do’a do’a tulus seorang anak harus tetap dipanjatkan. Keunggulan puisi ini yaitu isinya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang dialami ibu dan anak.

Walaupun ada beberapa kekurangan, secara keseluruhan, puisi “Ibu” layak dibaca. Puisi ini juga dapat dijadikan referensi untuk membuat puisi dengan tema yang sama. Kata-kata disetiap baitnya mampu membuat pembaca sadar betapa besar pengorbanan seorang Ibu. Puisi ini juga dapat dijadikan motivasi setiap anak agar tidak menyakiti hati seorang Ibu dan harus menjadi anak yang membanggakan.

Sumber : https://thegorbalsla.com/contoh-teks-ulasan/

 

Teks 6

a. Judul Buku :Cinta Brontosaurus

b. Pengarang : Raditya Dika

c. Genre : Komedi, Percintaan

d. Penerbit : Gagas Media

e. Tahun Terbit : 2006

f. Tebal Buku : 160 Halaman.

Dika adalah seorang penulis yang baru saja putus cinta dengan Nina, pacarnya. Semenjak putus cinta, dia percaya bahwa cinta bisa kadaluarsa. Kosasih, agen naskah Dika, mencoba untuk membuat Dika yakin terhadap cinta kembali. Seperti Kosasih yakin dengan istrinya Wanda. Usaha ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan absurd yang berdatangan.

Namun, cinta datang tanpa persiapan. Seperti saat Dika bertemu dengan Jessica, seorang perempuan yang jalan pikirannya sama anehnya dengan Dika. Semakin Dika kenal dengan Jessica, semakin dia bertanya: apa benar cinta bisa kadaluarsa? Di sisi yang lain, Mr. Soe Lim menawarkan untuk memfilmkan buku Dika yang berjudul Cinta Brontosaurus.

Tertarik, Dika berusaha untuk menulis skrip film tersebut. Masalah mulai timbul ketika di tengah jalan, Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika. Naskah diubah menjadi film horror yang sedang laku. Buku ini adalah perjalanan Dika untuk memahami cinta, yang justru dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan keluarganya sendiri.

Tampilan cover buku sangat menarik. Selain itu di dalam nya juga jangan mendukung buku ini sehingga terlihat lebih ceria. Sedangkan isi buku ini sangat bagus mulai dari komedi, kisah cinta, hingga kehidupan sehari-hari sang tokoh. Kisah ini sangat sesuai dengan kehidupan remaja masa kini yang pastinya menarik untuk di tonton. Bahasa dibuku ini kebanyakan menggunakan bahasa gaul seperti, loe, gue, dsb. Bahkan mungkin bahasa yang digunakan tidak mencakup Bahasa Indonesia yang baik. Namun, itu semua sudah sesuai dengan tema dan isi buku yaitu tentang kehidupan remaja.

Kelebihan buku ini yaitu menggunakan tema yang memiliki banyak peminat.Dan banyak menampilkan kelucuan yang mengundang tawa.Sedangkan kekurangan buku ini yaitu pada akhir cerita sangat mengambang dan membuat penasaran. Dan juga ada kata-kata yang agak vulgar dan tidak disensor.

Buku Cinta Brontosaurus memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dibalik semua itu buku ini memilik daya tarik yang besar. Hal itu dikarenakan penulisnya adalah seorang penulis yang sudah di kenal banyak orang yaitu Raditya Dika. Raditya Dika memiliki jiwa yang humoris. Hal itu sangat sesuai dengan apa yang ia dituliskan di dalam buku.

Sumber : https://thegorbalsla.com/contoh-teks-ulasan/

 

Kegiatan 2.4 Menjawab Pertanyaan

Setelah kalian membaca beberapa teks ulasan tersebut, lengkapi tabel di bawah ini!

 

 


Kegiatan 2.5 Menulis Sinonim Kata

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: VIII/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Ulasan

KD

: 3.11

 

Alokasi Waktu

: 2 x pertemuan (4 JP)

 


A. Kompetensi Dasar

Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca.

 

B. Indikator

1. menentukan struktur teks ulasan,

2.  menentukan kaidah kebahasaan teks ulasan.

 

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:

1. menentukan struktur teks ulasan dengan benar,

2.  menentukan kaidah kebahasaan teks ulasan dengan benar.

 

D. Alat dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

E.  Skrenario Pembelajaran

Pendahuluan

Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.

 

Kegiatan Inti (60 menit)

a.    Siswa membaca materi kiriman guru yang dimuat pada Kegiatan 2 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Nama Kelas: KELAS VIII TEKS ULASAN,  

Kode Kelas: 1cm4faz

Password kelas: 123456,

IDDiklat D202101000006

b.    Siswa menanya tentang teks ulasan.

c.     Siswa dan guru melakukan brainstorming.

d.   Siswa mengerjakan soal.

e.    Siswa memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.

 

Penutup (10 menit)

Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

 

F. Penilaian

1.  Penilaian sikap: Teknik nontes.

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir.


 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 19700610 199512 1 004

 

Pati,  4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


Lampiran RPP Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan

Materi

1.  Struktur Teks Ulasan

a. Identitas Karya berisi hal-hal yang berhubungan identitas karya yang diulas.

     Misal karya yang diulas sebuah buku, identitas karya berupa judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

b. Orientasi berisi gambaran umum dari karya yang diulas.

c. Sinopsis berisi ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya yang diulas.

d. Analisis berisi penjelasan unsur-unsur karya yang diulas.

Misal karya yang diulas sebuah cerpen/novel, analisis berupa unsur-unsur cerita seperti tema, penokohan, alur, dan unsur cerita yang lain.

e. Evaluasi berisi kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas.

f.   Rekomendasi berisi saran-saran kepada pembaca berhubungan dengan karya yang diulas.

2. Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

a. Menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu

b. Menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.

c. Menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab.

d. Menggunakan pernyataan berupa saran atau rekomendasi di akhir teks, seperti jangan, harus, hendaknya.

 

Kegiatan 3.1 Membaca Teks

Perhatikan teks berikut ini!

Teks 8

Berlayar dengan Perahu Kertas

1. Identitas

Judul Buku : Perahu Kertas

Penulis : Dewi Lestari (“Dee”)

Editor : Hermawan Aksan

Tanggal Terbit : Agustus 2009

Penerbit : Bentang Pustaka

Tebal : 444 Halaman, 20 cm

ISBN : 978-979-1227-78-0

2.  Dewi Lestari, yang bernama pena Dee, lahir di Bandung, 20 Januari 1976. Novel Perahu Kertas ini sudah lebih dulu dilansir dalam versi digital (WAP) pada April 2008, dan kini diterbitkan atas kerja sama antara Truedee Books dan Bentang Pustaka. Naskah yang awalnya ditulis pada 1996 dan sempat ‘mati suri’ selama 11 tahun ini akhirnya ditulis ulang oleh Dee pada akhir 2007, menjadikan Perahu Kertas sebagai novel pertamanya yang bergenre populer. Perahu Kertas adalah karya Dee yang keenam sesudah Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh, Supernova: Akar, Supernova: Petir, Filosofi Kopi, dan Rectooverso.

3.  Sejatinya, Perahu Kertas adalah sebuah benang merah atas beberapa peristiwa kompleks yang terjadi di dalam hidup Kugy. Kugy adalah perempuan aneh yang ingin menjadi juru dongeng dan hobi membaca. Dia kuliah di Bandung jurusan sastra bersama dengan Noni, sahabatnya sejak kecil.

4.  Di Bandung, dia bertemu Keenan yang merupakan sepupu Eko, pacar dan sahabat Kugy juga. Kilas balik, Keenan adalah seorang pemuda berjiwa seniman tetapi dipaksa untuk kuliah di jurusan yang tidak dia senangi oleh Ayahnya yang menganggap melukis hanya buang-buang waktu.

5.  Dalam perkenalan ini, sebenarnya telah digambarkan bahwa Keenan menyukai kepribadian Kugy yang apa adanya. Hanya saja, saat itu Kugy memiliki Joshua sebagai pacarnya. Dan Kugy juga belum menyadari perasaannya kepada Keenan. Hingga Keenan berkenalan dengan Wardah dan Luhde, kemudian Kugy bertemu dengan Remi yang baik hati. Akhir kisah mereka sungguh berputar seperti sebuah komidi dengan lagu yang menyayat hati.

6.  Perahu Kertas adalah perpaduan apik natara cerita cinta dengan mimpi-mimpi yang tertunda. Kugy yang ingin menjaadi penulis dongeng harus dipatahkan oleh kenyataan bahwa uang lebih menjamin daripada sekedar mimpi. Sedangkan Keenan yang ingin menjadi pelukis harus dibelokkan oleh Ayahnya sendiri.

7. Dua orang pemimpi yang bertemu tentu membuat keduanya langsung cocok dan akrab. Sayang saja, waktu mempermainkan keduanya hingga sulit untuk tahu siapa yang menyakiti siapa.

8. Sebenarnya, ini adalah kisah percintaan yang paling ribet, nyebelin, sekaligus paling manis dan realistis. Kita semua tahu bahwa cinta memang memiliki jalannya sendiri.

9. Keenan sempat bersama Wardah dan memiliki hubungan yang serius dengan Luhde. Demikian pula Kugy yang sempat bersama Joshua dan menjalani hubungan serius dengan Remi. Tetapi semesta menunjukkan keajaibannya dengan mempertemukan mereka melalui jalan yang terjal.

10. Selain cerita soal percintaannya yang manis, Perahu Kertas juga menyuguhkan cerita 2 orang pemimpi yang saling bekerja sama untuk membuktikan pada dunia bahwa semua mimpi berhak untuk diraih. Cerita bagaimana Kugy dan Keenan memiliki mimpi yang ditertawakan banyak orang tentu adalah kisah yang terjadi pada nyaris semua individu bernama remaja yang tinggal di Indonesia. Terutama bagi mereka yang memiliki mimpi tidak jelas di bidang seni dan sastra. Mereka pasti akan merasakan hubungan erat dengan cerita ini.

11. Buku ini memiliki gaya bahasa yang ringan dan sangat dekat dengan para remaja. Memiliki banyak pesan dan motivasi, tetapi tidak menggurui sehingga akan mudah diterima semua kalangan. Selain itu, novel ini memiliki alur yang ringan sekaligus realistis.

12. Satu hal yang menjadi kekurangan dari buku ini adalah ada begitu banyak plot yang terjadi. Sehingga jika pembaca tidak fokus, akan mudah sekali disesatkan atau bingung dengan apa yang terjadi. Meskipun demikian, plot yang banyak ini terjalin rapi sehingga tidak menjadi gangguan yang nyata. Halaman yang terlalu tebal juga tidak begitu terasa karena gaya bahasanya yang ringan. Tetapi tetap saja, halaman yang terlalu tebal tentu tidak ramah bagi mereka yang baru saja mulai membaca.

13. Secara keseluruhan, buku ini sangat bagus dibaca sebagai bacaan ringan. Bagi kamu yang sedang kehilangan motivasi, sangat disarankan membaca buku ini agar menemukan semangat kembali untuk menggapai mimpi-mimpi.

Sumber : https://voi.co.id/contoh-teks-ulasan/#ftoc-heading-30

 

Kegiatan 3.2 Menjawab Pertanyaan

1. Identitas Karya paragraf ke- ... karena ...

2. Orientasi paragraf ke- ... karena ...

3. Sinopsis paragraf ke- ... karena ...

4. Analisis paragraf ke- ... alasannya ...

5. Evaluasi paragraf ke- ... karena ...

6. Rekomendasi paragraf ke- ... karena ...

 

Pertemuan Kedua

Kegiatan 3.3 Menganalisis Struktur Teks Ulasan

Menempati struktur apakah kalimat-kalimat berikut?

1.    Bahasa novel ini mengalir lancar dan mudah dipahami, menempati struktur ...

2.    Novel banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain, menempati struktur ...

3.    Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969, menempati struktur ...

4.    Judul : Atheis. Pengarang : Achdiat K.Mihardja, menempati struktur ...

5.    Novel ini menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh, menempati struktur ...

6.    Dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli, menempati struktur ...

7.    Hingga akhirnya, Bella menemui titik terang keberadaan ibunya, menempati struktur ...

8.    Cerpen ini memiliki akhir yang menyedihkan. Alurnya jelas dan ceritanya ringkas, menempati struktur ...

9.    Drama ini masih mengangkat tema patriarki yang kental di sebuah negeri yang merdeka, menempati struktur ...

10. Dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli, menempati struktur ...

 

Kegiatan 3.4 Menganalisis Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Perhatikan teks berikut ini!

Teks 9

Menatap Keindahan Laskar Pelangi

1. Identitas

Judul                    : Laskar Pelangi

Penulis                : Andrea Hirata

Tahun Terbit       : 2005

Jumlah Halaman : 529 halaman

ISBN                    : 979-3062-79-7

Penerbit               : Bentang Pustaka

2. Laskar Pelangi merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka, Yogyakarta. Novel tersebut merupakan buku pertama dari tetralogi Laskar Pelangi. Ketiga novel berikutnya yaitu Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Selama dua tahun sejak penerbitannya, September 2005—November 2007, Laskar Pelangi telah mengalami cetak ulang hingga empat belas kali. Novel tersebut mampu menarik perhatian dan banyak mendapat pujian, bahkan novel tersebut mencapai best seller di Indonesia dan Malaysia.

3. Buku ini bercerita tentang perjuangan 10 siswa miskin di Belitong yang sekolah di SD Muhammadiyah yang terancam tutup. Sepuluh orang itu adalah Ikal, Lintang, Sahara, Harun, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, dan Trapani. Diceritakan awalnya SD Muhammadiyah ini nyaris menolak kehadiran murid-murid ini untuk belajar karena jumlah muridnya tidak mencukupi 10 orang. Lalu datanglah Harun yang ingin bersekolah melengkapi formasi ‘Laskar Pelangi’ ini.

4.  Meskipun sekolah di sekolah yang miskin, 10 orang Laskar Pelangi adalah murid-murid yang jenius. Contohnya Lintang yang sangat pintar di ilmu perhitungan dan Mahar yang pintar di bidang kesenian. Mereka menonjol di bidangnya masing-masing, hanya saja tidak terekspos karena kemiskinan sekolahnya.

5.  Buku ini bercerita tentang perjuangan Lintang yang harus menempuh jarak puluhan kilometer hanya untuk sekolah. Bercerita tentang masing-masing kelebihan anak-anak ini, dan bagaimana mereka berjuang di olimpiade dan mendapatkan peringkat satu.

6.  Bercerita tentang persahabatan yang menyentuh hati, perjuangan untuk melanjutkan sekolah, dan bagaimana perjuangan itu terkadang tidak sesuai dengan kenyataan.

7. Buku ini membawa semangat masa muda dan perjuangan tidak kenal lelah kepada orang yang membacanya. Memang buku ini adalah sebuah novel dan bukan buku motivasi, tetapi cerita yang ada di dalam buku ini sangat memotivasi orang-orang yang menontonnya. Gaya bercerita Andrea Hirata juga cukup menghibur dan menyenangkan.

8. Terlalu banyak istilah teknis yang ada di dalam buku ini dan catatan kaki yang bisa menghambat imajinasi pembaca.

9. Secara keseluruhan, Laskar Pelangi adalah buku yang cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama pelajar. Karena mengajarkan arti kerja keras, rasa syukur, dan bagaimana memandang hidup ini dari sisinya yang terindah.

Sumber : https://voi.co.id/contoh-teks-ulasan/#ftoc-heading-30

 


Kegiatan 3.5 Menjawab Pertanyaan

1. Tuliskan kalimat yang menggunakan konjungsi penerang!

2. Tuliskan kalimat yang menggunakan konjungsi temporal!

3. Tuliskan kalimat yang menggunakan konjungsi penyebab!

4. Tuliskan kalimat yang menggunakan pernyataan berupa saran atau rekomendasi di akhir teks!


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

: SMP Negeri 1 Batangan

 

Kelas/Semester

: VIII/2

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

 

Materi Pokok

: Teks Ulasan

KD

: 4.11

 

Alokasi Waktu

: 3 x pertemuan (6 JP)

 


A. Kompetensi Dasar

Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.

 

B. Indikator

1.  menentukan langkah-langkah penyusunan teks ulasan dengan benar,

2. menulis teks ulasan dengan benar,

3. menyunting teks ulasan dengan benar.

 

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:

1.  menentukan langkah-langkah penyusunan teks ulasan dengan benar,

2. menulis teks ulasan dengan benar,

3. menyunting teks ulasan dengan benar.

 

D. Alat dan Sumber Belajar

Trianto, Agus. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

E.  Skrenario Pembelajaran

Pendahuluan

Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario pembelajaran, dan skenario penilaian.

 

Kegiatan Inti (60 menit)

f.     Siswa membaca materi kiriman guru yang dimuat pada Kegiatan 2 di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Nama Kelas: KELAS VIII TEKS ULASAN,  

Kode Kelas: 1cm4faz

Password kelas: 123456,

IDDiklat D202101000006

g.    Siswa menanya penulisan teks ulasan.

h.    Siswa dan guru melakukan brainstorming.

i.      Siswa mengerjakan soal.

j.      Siswa memotret hasil pekerjaan dan mengirimkan ke guru.

 

Penutup (10 menit)

Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.

 

F. Penilaian

1.  Penilaian sikap: Teknik nontes.

2.  Penilaian pengetahuan:

     Teknik tes (tes tertulis)

Soal terlampir.


 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Harun Sudjijanto, S. Pd., M. Si.

Pembina Tingkat I

NIP 19700610 199512 1 004

 

Pati,  4 Januari 2021

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP -

 


Lampiran RPP Menulis  Teks Ulasan

Materi

A. Menulis Teks Ulasan

Menulis teks ulasan haruslah berstruktur. Agar berstruktur, penulis harus melakukan langkah-langkah. Adapun langkah-langkah menulis ulasan buku adalah sebagai berikut.

1. Mencari dan menentukan buku yang akan diresensi.

2. Membaca buku itu dengan saksama.

3. Mengidentifikasi atau menandai bagian-bagian buku yang dirasa menarik dan menjadi kelebihannya maupun kekurangannnya.

4. Membuat ikhtisar dan mencatat isi buku secara garis besar.

5. Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atau penilaian atas isi buku.

6. Memadukan ikhtisar dan tanggapan pribadi menjadi sebuah tulisan yang utuh.

7. Menuliskan data-data terbitan dan fisik buku.

 

Selain langkah-langkah tersebut, penulis ulasan juga harus mengetahui hal-hal yang harus diungkapkan dalam ulasan buku. Berikut hal-hal yang perlu diungkapkan.

1. Identitas buku, yang meliputi:

a. judul

b. nama pengarang

c. kota dan nama penerbit

d. tahun atau edisi penerbitan

e. tebal buku

2. Isi buku yang penting atau menarik

3. Bahasa pengarang

4. Keunggulan

5. Kelemahan

6. rekomendasi

 

 

B. Menyunting Teks Ulasan

     Menyunting teks adalah memperbaiki teks sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa yang sesuai. Sebuah teks disunting karena ingin menjaga kualitas teks tersebut. Untuk dapat menyunting teks diperlukan pengetahuan tentang struktur, isi, bahasa, dan ejaan. Tujuan dari menyunting teks adalah untuk menyajikan teks yang baik dan benar sesuai dengan kaidah EYD.

 

Soal

 

Menyusun Teks Ulasan dari Teks yang Disusun Acak

Susunlah teks yang tertulis secara acak/ tidak urut di bawah ini sesuai urutan yang tepat, struktur yang benar dengan memerhatikan pemakaian huruf kapital dan tanda baca yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia!

 

1. karang setan adalah novel ke-19 dari seri petualangan lima sekawan karya enid blyton, seorang penulis berkebangsaan inggris. novel ini menceritakan tentang kisah petualangan dari lima sekawan yang berlibur ke sebuah mercusuar milik si utik yang berada di atas karang setan. ada dongeng yang menceritakan bahwa terdapat harta karun yang disembunyikan di sana. lima sekawan pun memutuskan untuk menyelidiki ke sekeliling gua. lima sekawan terdiri dari julian, dick, george, anne, dan seekor anjing bernama timmy. petualangan mereka kali ini semakin seru dengan ditemani oleh si utik dan monyetnya, si iseng.

2. agar ayah george dan temannya dapat bekerja dengan tenang maka diputuskan lima sekawan bersama utik dan iseng agar pergi berlibur ke mercusuar milik utik, yang merupakan hadiah ulang tahun dari ayahnya. tetapi rupanya mercusuar itu dulu dipakai oleh seorang pencuri ulung untuk menyembunyikan kapal-kapal. kedua anak pencuri itu sampai sekarang masih mencari tempat persembunyian harta rampasan ayahnya.

3. selanjutnya, pembaca akan terkagum dengan berbagai petualangan dan tantangan yang dihadapi oleh lima sekawan dan utik di karang setan. di setiap bab, buku ini, dari awal hingga akhir saling terhubung dengan erat dan merupakan kesatuan utuh yang saling melengkapi.

4. Identitas

judul : karang setan

penulis : enid blyton

jenis buku : fiksi

penerbit : gramedia pustaka utama

cetakan xiv : desember 2011

tebal : 192 halaman

5. meskipun disebut sebagai novel ke-19 dari seri petualangan lima sekawan, novel ini sama sekali tidak berhubungan satu sama lain. setiap seri petualangan lima sekawan memiliki cerita yang berbeda dan di tempat yang berbeda juga. novel-novel tersebut hanya memiliki kesamaan dalam tokoh, yaitu lima sekawan.

6. novel disajikan dengan bahasa yang sangat apik dan menarik sehingga membuat pembaca seolah-olah ikut berpetualang bersama lima sekawan ke karang setan. kekonyolan iseng si monyet dan timmy si anjing membuat cerita semakin seru. hanya satu kekurangan buku ini yaitu penyelesaiannnya yang kurang mengesankan. namun, kekurangan tersebut dapat dianggap sebagai angin lalu dan pembaca dibuat terhanyut dengan cara penulis menyajikan cerita.

7. dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini merupakan buku yang sangat menarik dan cocok untuk dibaca saat memiliki waktu luang. buku ini menggambarkan tentang sebuah petualangan yang dipenuhi banyak rintangan. di dalam buku in, terdapat pelajaran tentang semangat, kerja keras, dan sifat pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan yang dihadapi.

8.  karena merasa terganggu oleh kedatangan lima sekawan dan si utik, maka mereka mengurung jadi kelima anak itu, utik, timmy dan si iseng di dalam mercusuar.

9. pada bab pertama, enid blyton menceritakan bahwa teman pak quentin, ayah george, akan berkunjung ke pondok kirrin untuk menyelesaikan pekerjaan. mereka berdua senang bekerja dalam kesunyian, dan di saat yang bersamaan lima sekawan juga akan datang untuk berlibur. pastinya pondok kirrin akan sangat ramai oleh anak-anak dan ditambah dengan teman pak quentin yang membawa serta anaknya, utik, dan monyetnya, iseng.

10. ada apa dengan karang setan?

 

Soal kedua

Menyunting Teks Ulasan

Bacalah dengan saksama teks ulasan film berikut!

 

Identitas

Judul film        : Habibie dan Ainun

Tahun             : 2012

Sutradara        : Hanung Bramantyo

 

Film Habibie dan Ainun diangkat dari kisah nyata mantan presiden Indonesia Bj. Habibie. Kisah tersebut di tulis langsung oleh dia, semasa hidupnya. Kemudian sang sutradara tertarik mengangkat cerita dia dan dibuatnya film layar lebar. Film Habibie dan Ainun ini di bintangi oleh artis berbakat reza rahardian dengan bunga citra lestari.

Habibie dan Ainun dulunya adalah teman SMP ketika tahun 1962. Kemudian mereka dipertemukan kembali di Kota Bandung. Saat itulah, Habibie langsung menyukai Ainun. Begitu juga Ainun yang membalas perasaan beliau. Tidak lama mereka langsung menikah dan menetap di Jerman.

Habibie dan Ainun senantiasa mencintai tanah air dengan berbagai pengorbanan yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, perjalanan cinta mereka berdua juga patut diacungi jempol. Namun Perjalanan mereka tidaklah mulus. Banyak konflik yang mereka hadapi selama memimpin negara Indonesia. Bahkan mantan presiden Susilo dan istri sempat menitikan air mata saat menonton.

Pada film Habibie dan Ainun dirangkai dengan sangat baik. Kemudian ambisi dan kecerdasan beliau disajikan dengan sangat baik. Hal ini akan membuat generasi muda terpacu untuk mengikuti jejak beliau. Tidak hanya oleh generasi muda saja, para pejabat dan pengusaha juga dapat mengikuti keteladanan beliau.

Para pemain film Habibie dan Ainun membawakan karakternya dengan sangat baik. Khususnya Reza Rahardian yang membawakan peran dengan sangat baik. Sehingga tidak heran bila para pemain film Habibie dan Ainun menyabet berbagai penghargaan.

Pada film Habibie dan Ainun banyak sekali yang dapat dipetik. Mulai dari kegigihan, kecerdasan, kesetiaan, dan juga pengorbanan. Hal ini dapat dilihat ketika Habibie selalu mendampingi Ainun yang tengah sakit. Sehingga tidak heran bila banyak para penonton yang meneteskan air mata ketika menonton film ini.

Sumber: https://sekolahnesia.com/contoh-teks-ulasan-film/

 

Setelah kalian membaca teks ulasan film Merah Putih tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih (ya / tidak)

 

a. Apakah identitas film sudah lengkap? (ya / tidak)

b. Apakah terdapat analisis film? (ya / tidak)

c. Apakah terdapat evaluasi film? (ya / tidak)

d. Apakah terdapat rekomendasi film? (ya / tidak)

e. Apakah unsur-unsur pada struktur teks itu sudah tersusun secara sistematis? (ya / tidak)

f. Apakah ada kata konjungsi penerang di dalam teks itu? (ya / tidak)

g. Apakah ada konjungsi temporal di dalam teks itu? (ya / tidak)

h. Apakah ada kesalahan pemilihan kata di dalamnya? (ya / tidak)

i. Apakah ada kesalahan penulisan kata pada teks tersebut? (ya / tidak)

j. Apakah ada kesalahan penulisan huruf kapital pada teks tersebut? (ya / tidak)

 


 Pertemuan Ketiga

 

Soal

Tuliskan sebuah teks ulasan dengan struktur:

 

1. Identitas buku, yang meliputi:

a. judul

b. nama pengarang

c. kota dan nama penerbit

d. tahun atau edisi penerbitan

e. tebal buku

2. Isi buku yang penting atau menarik

3. Bahasa pengarang

4. Keunggulan

5. Kelemahan

6. rekomendasi

 

Previous
Next Post »