RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 3.17 |
|
Alokasi Waktu |
: 1 x pertemuan (2 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi
dan nonfiksi yang dibaca.
B. Indikator
1. Menemukan
informasi dari buku fiksi,
2. menentukan
isi kutipan dari buku fiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. menemukan
informasi dari buku fiksi dengan benar,
2. menentukan
isi kutipan dari buku fiksi dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 233-236
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada google classroom atau lewat kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
cara menggali informasi dari buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
Lampiran
RPP Menggali dan menemukan
informasi dari buku fiksi
Termasuk bagian dari jenis teks apakah cuplikan di
bawah ini: fiksi atau nonfiksi?
1.
Orang-orang yang kebetulan
melewati jalan itu sepertinya selalu ingin berhenti. Mereka ingin mengetahui sesuatu
yang telah terjadi di sana. Orang yang lalu lalang ingin langsung melihat keadaan
ibu itu. Dia terlihat lemah. Badannya yang hanya rangka dan kulit ditutupi kaus
berwarna hitam dan celana cokelat yang lusuh. Bibirnya kering, pecah-pecah hampir
terkelupas. Napasnya terengah-engah dan tampak payah. Lalu, seorang ibu datang memecahkan
keriuhan suasana, membawa segelas air. Ibu itu membangunkan badannya sampai dia
terduduk. Kemudian, air itu diberikan kepadanya. Sesudah itu dia mengangguk dan
mengucapkan terima kasih.
2.
Begitulah Anya setiap harinya.
Ia gemar belanja. Hal itu bermula ketika ia sering diejek temannya karena dibilang
anak pingit. Setiap pulang sekolah, ia langsung pulang dan tak pernah kumpul-kumpul
di warung bakso apalagi jalan-jalan ke pertokoan. Baru setelah Irene mentraktir
Anya makan di sebuah pusat perbelanjaan,
ia mulai tertarik. Seterusnya ia kecanduan. Akan tetapi, akhir-akhir ini, kegemarannya
tersebut telah membuatnya begitu boros. Pernak-pernik maupun aksesoris-aksesoris
yang sebenarnya tidak ia butuhkan, tetap diborong dengan alasan gengsi.
Kunjungilah perpustakaan sekolahmu. Bacalah lima buah buku yang masing-masing berupa fiksi dan nonfiksi. Catalah identitas buku itu yang meliputi judul, penulis/pengarang, penerbit, jumlah halaman. Jelaskan pula isi buku itu secara ringkas!
Buku Fiksi |
||||
Judul |
Pengarang |
Penerbit |
Jumlah Halaman |
Isi Buku |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Nonfiksi |
||||
Judul |
Pengarang |
Penerbit |
Jumlah Halaman |
Isi Buku |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 4.17 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca.
B. Indikator
1. mendata
alur buku fiksi,
2. membuat
peta konsep alur buku fiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. mendata
alur buku fiksi dengan benar,
2. membuat
peta konsep alur buku fiksi yang dibaca dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 240-242.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada google classroom atau lewat kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
cara membuat peta konsep dari buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 3.18 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
B. Indikator
1. mendata
alur buku fiksi,
2. membuat
peta konsep alur buku fiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. mendata
alur buku fiksi dengan benar,
2. membuat
peta konsep alur buku fiksi yang dibaca dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 245-255.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada google classroom atau lewat kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
cara menalaah buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 4.18 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis.
B. Indikator
1. Mendata daya
tarik unsur buku fiksi,
2. mengidentitikasi
daya tarik isi buku fiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. mendata daya
tarik unsur buku fiksi dengan benar,
2. mengidentitikasi
daya tarik isi buku fiksi dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 255-263.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada google classroom atau lewat kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
mendata daya tarik bacaan dan daya tarik isi buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 3.17 |
|
Alokasi Waktu |
: 1 x pertemuan (2 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi
dan nonfiksi yang dibaca.
B. Indikator
1. Menemukan
informasi dari buku nonfiksi,
2. menentukan
isi kutipan dari buku nonfiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. menemukan
informasi dari buku nonfiksi dengan benar,
2. menentukan
isi kutipan dari buku nonfiksi dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 233-236
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada google classroom atau lewat kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
cara menggali informasi dari buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 4.17 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca.
B. Indikator
1. mendata isi
buku nonfiksi,
2. membuat
peta konsep alur buku nonfiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. mendata isi
buku nonfiksi dengan benar,
2. membuat
peta konsep alur buku nonfiksi yang dibaca dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 240-242.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada google classroom atau lewat kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
cara membuat peta konsep dari buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 3.18 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
B. Indikator
1. mendata bab
buku nonfiksi,
2. membuat
peta konsep isi buku nonfiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. mendata bab
buku nonfiksi dengan benar,
2. membuat
peta konsep isi buku nonfiksi dengan benar.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 245-255.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a.
Siswa
membaca materi kiriman guru yang dimuat pada google classroom atau lewat
kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
cara menalaah buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan |
: SMPN 1 Batangan |
|
Kelas/Semester |
: VIII/2 |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
|
Materi Pokok |
: Teks Drama |
KD |
: 4.18 |
|
Alokasi Waktu |
: 2 x pertemuan (4 JP) |
A. Kompetensi
Dasar
Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis.
B. Indikator
1. Mendata daya
tarik unsur buku nonfiksi,
2. menuliskan
tanggapan tentang isi buku nonfiksi.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang teks persuasi, siswa dapat:
1. mendata daya
tarik unsur buku nonfiksi,
2. menuliskan
tanggapan tentang isi buku nonfiksi.
D. Alat
dan Sumber Belajar
Trianto, Agus. 2017. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm. 255-263.
E. Skrenario
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru mempersilakan siswa untuk hadir di kelas lewat WhatsApp
Grup, mengucap salam, berdoa, menyampaikan apersepsi, tujuan belajar, skenario
pembelajaran, dan skenario penilaian.
Kegiatan Inti (60
menit)
a. Siswa membaca materi kiriman
guru yang dimuat pada google classroom atau lewat kiriman WA.
b. Siswa menanya tentang
mendata daya tarik bacaan dan daya tarik isi buku fiksi.
c. Siswa dan guru
melakukan brainstorming.
d. Siswa mengerjakan
soal.
e. Siswa memotret hasil
pekerjaan dan mengirimkan ke guru atau mengirimkan ke google form.
Penutup (10 menit)
Guru membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pemberian
tugas, penyampaian materi pembelajaran pertemuan berikutnya.
F. Penilaian
1. Penilaian sikap: Teknik
nontes.
2. Penilaian
pengetahuan:
Teknik tes (tes
tertulis)
Soal terlampir.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Harun Sudjijanto, S. Pd.,
M. Si. Pembina Tingkat I NIP 19700610 199512 1 004 |
|
Pati, 4 Januari 2021 Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, S. Pd.,
M. Pd. NIP - |
EmoticonEmoticon