RPP Pemodelan Teks Diskusi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pemodelan Teks Diskusi

Satuan Pendidikan     : SMP Negeri 1 Batangan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VIII/ dua
MateriPokok               : Teks Diskusi
Tema                           : Teks Diskusi
Subtema                      :
AlokasiWaktu             : 3 x pertemuan (6 JP)

A.   Kompetensi Inti:

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.3.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

1.3.1. Terbiasa menghargai keberadaan bahasa Indonesia.
1.3.1. Terbiasa menyukuri keberadaan bahasa Indonesia.

2
2.4.Memilikiperilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan

2.4.1. Terbiasa  Jujur dalam mengungkapkan kegiatan.
2.4.2. Terbiasa percaya diri dalam mengung kapkan kegiatan
3
3.2  Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.1    Menyebutkan unsur-unsur struktur teks diskusi yang terdapt dalam sebuah teks diskusi.
3.2.2    Mengelompokkan bagian-bagian kalimat/ paragraf yang termasuk dalam unsur-unsur struktur teks diskusi.
4
4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.2.1      Menyusun unsur-unsur teks diskusi menjadi sebuah teks diskusi dengan struktur yang runtut.
4.2.2      Merevisi teks yang telah dibuat.


C.   Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui membaca teks atau struktur teks diskusi, peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dalam struktur teksdiskusi dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.    Melalui membaca teks atau struktur teks diskusi diskusi, peserta didik dapat mengelompokkan bagian-bagian kalimat/paragraf yang termasuk dalam unsur-unsur struktur teks diskusi secara jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.    Setelah membaca teks diskusi, menyebutkan unsur-unsur teks diskusi, mengelompokkan bagian-bagian kalimat/paragraf yang termasuk dalam unsur-unsur struktur teks diskusi,  siswa dapat menyusun unsur-unsur teks diskusi menjadi sebuah teks diskusi dengan struktur yang runtut  secara jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


D.   Materi Pembelajaran

·         Memiilih topik diskusi (contoh: pemakaian HP oleh siswa, bermanfaatkah, berpacaran bolehkah atau PR (Pekerjaan Rumah) bermanfaatkah, dll)
·         Menuliskan paragraf pendahuluan yang memuat  pertanyaan/pernyataan tentang topik yang didiskusikan
·         Menuliskan beberapa paragraf yang memuat bukti/pendapat yang mendukung pernyataan tentang topik
·         Menuliskan simpulan yang memuat pendapat akhir terkait dengan topik yang didiskusikan


E.   Media, Alat, dan Sumber

1.    Media Pembelajaran
Teks deskripsi
2.    Alat Pelajaran
a.  Kamus Bahasa Indonesia
b.  Lembar Kegiatan Siswa
c.  Buku Siswa
       3.    SumberBelajar
a.  Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.a. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. hlm.
c.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
d.  Pusat Pembinaandan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: KementrianPendidikan dan Kebudayaan.

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran

       Pertemuan ke-1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon  salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati :
1.      Peserta didik mengamati gambar, bagan yang diperlihatkan oleh guru dengan cermat.
2.      Pesrta didik mengamati teks diskusi yang telah dikelompokkan atau teraplikasi dengan cermat.
Menanya :
3.      Dengan percaya diri dan santun serta  menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, peserta didik menanyakan hal-hal yang tidak dipahaminya berkaitan dengan gambar bagan atau teks diskusi yang diperlihatkan oleh guru.
Mengumpulkan Informasi:
4.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 5-6 orang. Untuk menarik perhatian mereka, guru menyediakan nama-nama kelompok sesuai dengan nama pahlawan yang diidolakan.
5.      Peserta didik mendiskusikan  unsur-unsur teks diskusiyang terdapat pada teks diskusi yang dibagikan kepada masing-masing kelompok dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta santun.
6.      Peserta didik mendiskusikan susunan teks diskusi secara teliti dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mengasosiasi:
7.      Peserta didik membandingkan hasil diskusi kelompok dengan teks diskusi yang telah terklasifikasi atau terkelompokkan yang disediakan guru dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
8.      Peserta didik merivisi hasil pekerjaan kelompoknya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mengomunikasikan:
9.      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
10.  Peserta didik memberikan tanggapan atas presentasi dari kelompok lain.

60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami perbedaan diskusi.
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit

Pertemuan ke-2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon  salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati      :
1.      Peserta didik membaca teks diskusi dan teks eksposisi
2.      Peserta didik mengamati keadaan/permasalahan sekitar untuk ide tulisan

Menanya :
3.      Peserta didik menanya tentang penyusunan teks dikusi
4.      Peserta didik  mendiskusikan teks diskusi dan eksposisi dari segi struktur teks
5.      Peserta didik mengumpulkan bahan tulisan
6.      Memiilih topik diskusi (contoh:  media sosial, bermanfaatkah? atau PR (Pekerjaan Rumah) bermanfaatkah? dll)
7.      Peserta didik menuliskan paragraf pendahuluan yang memuat  pertanyaan/pernyataan tentang topik yang didisusikan
8.      Peserta didik menuliskan beberapa paragraf yang memuat bukti/pendapat yang mendukung pernyataan tentang topik
9.      Peserta didik menuliskan simpulan yang memuat pendapat akhir terkait dengan topik yang didiskusikan
10.  Peserta didik menyusun teks diskusi secara kreatif

Mengasosiasikan :
11.  Peserta didik membuat kalimat dengan struktur atau pilihan kata yang berbeda untuk menimbulkan efek yang diinginkan

Mengomunikasikan :
12.  Mempresentasikan tulisan di depan kelompok lain  atau teman lain dengan percaya diri dan bahasa yang lugas

60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami teks diskusi.
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit

Pertemuan ke-3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon  salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati      :
1.      Peserta didik membaca teks diskusi dan teks eksposisi
2.      Peserta didik mengamati keadaan/permasalahan sekitar untuk ide tulisan

Menanya :
3.      Peserta didik menanya tentang penyusunan teks dikusi

Mengeksplorasikan
4.      Peserta didik  mendiskusikan teks diskusi dan eksposisi dari segi struktur teks
5.      Peserta didik mengumpulkan bahan tulisan
6.      Memiilih topik diskusi (contoh:  media sosial, bermanfaatkah? atau PR (Pekerjaan Rumah) bermanfaatkah? dll)
7.      Peserta didik menuliskan paragraf pendahuluan yang memuat  pertanyaan/pernyataan tentang topik yang didisusikan
8.      Peserta didik menuliskan beberapa paragraf yang memuat bukti/pendapat yang mendukung pernyataan tentang topik
9.      Peserta didik menuliskan simpulan yang memuat pendapat akhir terkait dengan topik yang didiskusikan
10.  Peserta didik menyusun teks diskusi secara kreatif

Mengasosiasikan :
11.  Peserta didik membuat kalimat dengan struktur atau pilihan kata yang berbeda untuk menimbulkan efek yang diinginkan

Mengomunikasikan :
12.  Mempresentasikan tulisan di depan kelompok lain  atau teman lain dengan percaya diri dan bahasa yang lugas

60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang diskusi
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit


H.   Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.    Sikap Spiritual dan Sosial
              a. Teknik Penilaian    : Observasi
              b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
              c. Kisi-Kisi                :
No
Sikap / Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulisan.
ü  menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan
ü  menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis
A.1
2
Jujur
Menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
A.2
3
Percaya diri
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam menanggapi hal-hal atau kejadian

A.3

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Batangan,



Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005

Batangan, 5 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,



Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004




Lampiran A.1
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK
1.    Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri.
2.    Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =  sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : Teks Diskusi

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
                                                    
Lampiran A.2
Pedoman Jujur



No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor





Lampiran A.3
Pedoman Percaya Diri
No
Pernyataan
Skor
1
2
3
4
1
Saya melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu




2
Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan




3
Saya tidak mudah putus asa




4
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak




5
Saya berani mencoba hal-hal yang baru




Rata-Rata



Lampiran A.3

       2.    Pengetahuan
a. Teknik Penilaian    : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.

B.1
2.

B.2


       3.    Keterampilan
a. Teknik Penilaian    : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.

C.1
2.

C.2

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Batangan,



Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005

Batangan, 5 Januari 2015
Guru Mata Pelajaran,
                  


Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004




2. Penilaian Pengetahuan
Teknik       : tes tulis
Bentuk      :
Instrumen :
Jawablah pertanyaan berikut!
1.        Mengapa siswa dilarang membawa telepon seluler ke sekolah?
2.        Mengapa ada sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler ke sekolah? Sebutkan alasannya!
3.        Isu apa yang disebutkan dalam teks tersebut?
4.        Pada paragraf ke berapa masyarakat mendukung siswa boleh membawa telepon seluler ke sekolah?
5.        Pada paragraf ke berapa masyarakat menolak/menentang siswa membawa ponsel ke sekolah?
6.        Apa simpulan dari teks tersebut?
Pedoman Penskoran
Kriteria penilaian
Nilai
Jawaban tepat dan lengkap
100          
Jawaban tepat namun tidak lengkap
70-90
Jawaban tidak tepat dan tidak lengkap
40-60
Tidak menjawab
0

Pedoman penilaianpengetahuan:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai =      skor yang diperoleh        x 100
 skor maksimal (100)
Konversi Nilai = (nilai/100) x 4
Kategori Nilai dapat dilihat pada tabel konversi nilaipengetahuan


3.  Penilaian Keterampilan
a.       Teknik       : Tes Tertulis
b.      Bentuk      : penugasan
c.       Instrumen  :
1.      Kelompokkanlah bagian-bagian kalimat/parargraf teks ke dalam unsur-unsur teks diskusi!
2.      Susunlah paragraf/kalimat yang sudah terkelompokkan tersebut menjadi sebuah teks diskusi ang runtut strukturnya.
Rubrik
No
Siswa
Pengelompokan
Keruntutan
Total Skor
1
2
3
1
2
3
1








2








3








dst









Pedoman penskoran
Kriteria
Skor
Pengelompokkan lengkap dan tepat
3
Pengelompokkan tepat tapi tidak lengkap
2
Pengelompokkan tidak tepat dan tidak lengkap
1

Keruntutan Struktur
Skor
Penyusunan teks diskusi runtut
3
Penyusunan teks diskusi kurang runtut
2
Penyusunan teks diskusi tidak  runtut
1

Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai =      skor yang diperoleh        x 100
                      skor maksimal (6)
Konversi Nilai = (nilai/100) x 4
Kategori Nilai dapat dilihat pada tabel konversi nilai pengetahuan.


7.    Penilaian Keterampilan
a.    Teknik         : Tes Unjuk Kerja
b.    Bentuk        : Tes Uji Petik Kerja dan rubrik
c.    Instrumen   :
Ringkaslah teks diskusi berjudul “Dampak Internet bagi Pelajar“ di atas!
Aspek Penilaian
Skor
Nilai
Konv.
a. Pokok-pokok teks diskusi
………………………………………………………………….
b. Ringkasan teks diskusi
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….





Rubrik
Rubrik
Skor
a.       Menentukan pokok-pokok teks diskusi
v  Menuliskan pokok-pokok dengan sangat tepat
v  Menuliskan pokok-pokok teks diskusi dengan tepat
v  Menuliskan pokok-pokok teks diskusi dengan kurang tepat
v  Menuliskan pokok-pokok teks diskusi dengan tidak tepat
b.      Meringkas teks diskusi
v  Meringkas teks diskusi dengan sangat tepat
v  Meringkas teks diskusi teks diskusi dengan tepat
v  Meringkas teks diskusiteks diskusi dengan kurang tepat
v  Meringkas teks diskusiteks diskusi dengan tidak tepat

8
6
4
2


8
6
4
2

Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai =      skor yang diperoleh        x 100
                      skor maksimal (16)
Konversi Nilai = (nilai/100) x 4
Kategori Nilai dapat dilihat pada tabel konversi nilai keterampilan.

                  
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Batangan,



Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005

Batangan, 5 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
                  


Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 005


Previous
Next Post »