RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
PENYUSUNAN TEKS SECARA MANDIRI
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 1
Batangan
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Memahami, menyusun, menelaah dan merevisi, serta
meringkas Teks Rekaman Percobaan
Tema : Penyusunan Teks Rekaman Percobaan Secara Mandiri
AlokasiWaktu : 12 x 40 menit (6
x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa
Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai
sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
1.1.1
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia
sebagai wujud rasa syukur kepada TYME
1.1.2
Menggunakan bahasa Indonesia dengan santun
1.1.3
Menggunakan bahasa lisan dengan baik dan
santun
|
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam
kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
2.4.1
Menunjukkan sikap
percaya diri yang tinggi
2.4.2
Menunjukkan sikap
semangat selama proses pembelajaran
|
|
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
|
3.1.1
Menentukan
struktur teks rekaman percobaan yang
berjudul “Membuat Es Krim”
3.1.2
Menentukan
ciri bahasa teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat
Es Krim”
3.1.3
Menceritakan
kembali isi teks rekaman percobaan yang
berjudul “Membuat Es Krim”
|
|
3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan.
|
3.4.1 Menjelaskan kekurangan teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es
Krim”dari aspek kelengkapan struktur isi
3.4.2 Mendeskripsikan kekurangan kata bilangan
(angka Arab dan angka Romawi) dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es
Krim”
3.4.3 Menentukan kekurangan kata dan istilah
dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
3.4.4 Menemukan kalimat utama tiap-tiap
paragraf dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
|
|
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan
sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
4.2.1
Menentukan topik teks rekaman percobaan
4.2.2
Mengembangkan topik menjadi
kalimat-kalimat
4.2.3
Menyusun/menggabungkan
kalimat-kalimat menjadi teks rekaman percobaan dengan memperhatikan ketepatan struktur
4.2.4
Menyusun teks rekaman percobaan dengan memperhatikan kaidah
bahasa
|
|
4.3. Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dn kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan
|
4.3.1
Menyunting teks rekaman percobaan dari segi kelengkapan struktur
4.3.2
Menyunting teks rekaman
percobaan dari segi kebahasaan
4.3.3
Merevisi teks rekaman percobaan sesuai dengan struktur teks dan kaidah
kebahasaan yang berlaku.
|
|
4.4
Meringkas teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik lisan maupun tulisan.
|
4.4.1
Menentukan ide pokok tiap paragraf dari
teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
4.4.2
Menyusun ide pokok menjadi paragraf
4.4.3
Menyusun rangkaian paragraf menjadi
ringkasan
|
C. Materi
Pembelajaran
ü Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan
ke-1
1.
Struktur teks Rekaman Percobaan “Membuat Es Krim”
2.
Ciri bahasa teks Rekaman Percobaan
a.
Kata Bilangan
b.
Kata sulit dan istilah
c.
Kalimat utama tiap paragraf
Pertemuan
ke-2
1.
Struktur Teks Rekaman Percobaan. Yang berjudul “Membuat Es Krim”
2.
Kata Bilangan
3.
Kata sulit dan istilah
Pertemuan ke-3
1. Cara menentukan topik teks rekaman percobaan
2. Cara mengembangkan topik menjadi kalimat
Pertemuan ke- 4
1. Cara Menyusun
teks rekaman percobaan berdasarkan struktur dan kaidah
bahasa
Pertemuan ke-5
1.
Struktur Teks rekaman percobaan yang berjudul “
Membuat Es Krim”
2.
Kata Sulit dan istilah
3.
Kata Bilangan
Pertemuan ke-6
Cara meringkas teks rekaman percobaan
ü Materi Pembelajaran Remedial
1. Struktur teks rekaman percobaan
2. Telaah penggunaan unsur kebahasaan
3. Ringkasan teks
ü Materi Pembelajaran Pengayaan
Penyusunan teks rekaman percobaan membuat telur asin
D.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Model :
Discovery Learning
3.
Metode :
diskusi, tanya jawab, penugasan, inkuiri, observasi
E. Kegiatan Pembelajaran/Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke – 1 : (2JP)
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
1.
Peserta didik mengondisikan diri untuk
siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru
tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk
memahami teks rekaman percobaan.
3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.
Peserta didik menyimak motivasi yang
diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5.
Peserta didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran
memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan
oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
|
Mengomunikasikan
|
Stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
|
Mengamati
a. Untuk
membangun konteks pembelajaran, dengan sikap jujur dan percaya diri peserta
didik menyimak tayangan.
b. Peserta
didik membaca teks rekaman
percobaan yang berjudul “Membuat
Es Krim”
|
Problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
|
Menanya
a. Dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan santun, peserta didik
menanyakan informasi yang berkaitan
dengan teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b. Dengan
sikap jujur dan percaya diri peserta didik menjawab pertanyaan tentang
informasi yang berhubungan dengan teks rekaman percobaan yang
berjudul “Membuat
Es Krim”
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
Mengumpulkan Informasi
a.
Peserta
didik menemukan struktur teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es
Krim”
b.
Mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri kebahasaan teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
|
Data
processing (pengolahan data)
Verification (pembuktian)
|
Mengasosiasi
a.
Menentukan struktur teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.
Menentukan ciri bahasa teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
a. Membandingkan hasil temuan
dengan penjelasan yang ada di buku teks halaman 233—234
|
Generalization
(menarik simpulan/generalisasi)
|
Mengomunikasikan
a.
Salah satu peserta didik perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi.
b.
Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan
santun.
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dipelajari.
2.
Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan
pembelajaran
3.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak
lanjut pembelajaran.
Pertemuan ke – 2 :
(2Jp)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Peserta didik mengondisikan diri untuk
siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru
tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk
memahami teks rekaman percobaan.
3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.
Peserta didik menyimak motivasi yang
diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5. Peserta
didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Mengomunikasikan
|
Mengomunikasikan
|
Stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
|
Mengamati
a.
Peserta
didik diajak membangun konteks dengan mengamati teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat
Es Krim”
b.
Peserta
didik Membaca
teks yang berjudul “Membuat Es Krim” dan
memahami isinya dengan menjawab
pertanyaan
c.
Peserta
didik membaca teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es
Krim” mengidentifikasi unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa teks rekaman percobaan (kata bilangan, kata dan
istilah, kalimat
utama) sesuai dengan pemahaman awal yang dimiliki peserta didik
|
Problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
|
Menanya
a.
Peserta didik dengan bantuan
pendidik bertanya jawab dengan
santun tentang rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim” yang berhubungan dengan struktur teks dan ciri –ciri kebahasaan.
b.
Peserta didik diberi kesempatan untuk
memberikan jawaban sementara terhadap
pertanyaan-pertanyaan yang muncul dengan santun sebelum menunjukkan data dalam
teks.
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
Mengumpulkan Informasi
a.
Melalui diskusi kelompok, peserta didik secara cermat menemukan kata dan istilah,
kalimat utama tiap paragraf, dan kata bilangan yang menggunakan angka Arab
dan angka Romawi yang terdapat pada langkah-langkah teks rekaman percobaan
yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.
Dilanjutkan dengan mengisi tabel dalam buku Peserta didik, dengan
cara menuliskan persis yang tertulis di buku Peserta didik dalam rangka menguatkan pemahaman Peserta didik
tentang penggunaan kata bilangan dalam teks rekaman
percobaan yang berjudul “Membuat
Es Krim”
|
Data
processing (pengolahan data)
Verification (pembuktian)
|
Mengasosiasi
a.
Peserta
didik diberi teks rekaman percobaan yang tidak lengkap (tidak ada penggunaan
kata bilangan dalam langkah-langkah)
b.
Bersama kelompoknya peserta didik
mengidentifikasi kekurangan teks tersebut.
c.
Bersama
kelompoknya peserta didik melengkapi kekurangan yang telah ditemukan dalam teks tersebut
d.
Guru memberi kesempatan
peserta didik untuk menverifikasi hasil kerja mereka sehingga peserta didik
dapat menyempurnakan pekerjaannya
|
Generalization
(menarik simpulan/generalisasi)
|
Mengomunikasikan
a.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mempresen-tasikan hasil pekerjaannya.
b.
Kelompok lain memberikan
tanggapan
c.
Guru memberikan tambahan pengetahuan
|
Kegiatan
Penutup
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dipelajari.
2.
Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan
pembelajaran
3.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran.
Pertemuan ke – 3
(2JP)
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
1.
Peserta didik mengondisikan diri untuk
siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru
tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk
memahami teks rekaman percobaan.
3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.
Peserta didik menyimak motivasi yang
diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5. Peserta
didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
|
Mengomunikasikan
|
Stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
|
Mengamati
a.
Peserta didik.diingatkan kembali struktur teks rekaman percobaan dengan
memberikan teks yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.
Peserta didik diminta mengamati dan ide pokok yang ada dalam teks tersebut
|
Problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
|
Menanya
a.
Peserta didik diminta menanya hal-hal yang belum dipahaminya terutama
yang berkaitan dengan cara menentukan
ide pokok.
b.
Peserta didik dan guru bertanya jawab mengenai cara menyusun ide pokok
menjadi teks rekaman percobaan
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
Mengumpulkan Informasi
a.
Secara
kelompok peserta didik menentukan topik teks rekaman percobaan yang disusun .
b. Peserta didik membuat ide-ide pokok yang
nantinya akan dikembangkan menjadiparagraf
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan
pembelajaran
2.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran.
3.
Peserta didik diberi tugas untuk mempelajari cara
menyusun teks rekaman percobaan berdasarkan ide pokok yang sudah ditemukan.
Pertemuan ke – 4: (2
JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Peserta didik mengondisikan diri untuk
siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru
tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk
memahami teks rekaman percobaan.
3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.
Peserta didik menyimak motivasi yang
diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5. Peserta
didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
|
Mengomunikasikan
|
Data
processing (pengolahan data)
Verification (pembuktian)
|
Mengasosiasi
a.
Secara
berkelompok Peserta didik mengembangkan setiap ide pokok yang sudah ditemukan
pada pertemuan sebelumnya menjadi kerangka paragraf yang utuh
b.
Secara
berkelompok Peserta didik mengembangkan kerangka karangan
c.
Peserta
didik menyusun seluruh paragraf menjadi teks rekaman percobaan dengan
struktur yang benar
d. Peserta didik mendiskusikan kembali hasil
akhir teks rekaman percobaan untuk mengetahui apakah masih ada kekurangan dan
kesalahan
|
Generalization
(menarik simpulan/generalisasi)
|
Mengomunikasikan
a.
Peserta didik mempresentasikan hasil penyusunan teks rekaman
percobaan secara bergantian
b.
Kelompok lain menanggapi
c.
Peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran
|
Kegiatan
Penutup(10 menit)
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dipelajari.
2.
Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan
pembelajaran
3.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran.
Pertemuan ke – 5 :
(2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Peserta didik mengondisikan diri untuk
siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru
tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk
memahami teks rekaman percobaan.
3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.
Peserta didik menyimak motivasi yang
diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5. Peserta
didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
|
Mengomunikasikan
|
Stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
|
Mengamati
a.
Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap
jujur dan percaya diri, peserta didik
menyimak tayangan membangun konteks
b. Peserta
didik mengenali/mengamati teks rekaman
percobaan yang berjudul “Membuat
Es Krim”
c. Peserta didik diminta menemukan struktur dari
teks tersebut.
|
Problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
|
Menanya
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang ditemukan dari
teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
Mengumpulkan Informasi
a. Peserta didik secara berkelompok menentukan
struktur teks yang ada di teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b. Peserta didiksecara berkelompok menentukan unsur kebahasaan yang terdapat
dalam teks tersebut.
c. Peserta didik secara berkelompok mencari dan
menemukan kata-kata sulit yang belum diketahui maknanya.
|
Data
processing (pengolahan data)
Verification (pembuktian)
|
Mengasosiasi
a.
Berdasarkan struktur teks yang
telah ditemukan setiap kelompok menyusunnya menjadi teks rekaman percobaan
sesuai urutan struktur yang benar.
b. Peserta didik merevisi pengunaan unsur-unsur bahasa yang belum tepat sehingga sesuai degan kaidah-kaidah yang
berlaku dalam bahasa Indonesia.
c. Peserta didik mendiskusikan kembali hasil
akhir revisi teks rekaman percobaan yang telah disusun untuk mengetahui
apakah masih ada kekurangan dan kesalahan
|
Generalization
(menarik simpulan/generalisasi)
|
1. Mengomunikasi
a.
Peserta didik mempresentasikan hasil penyusunan teks rekaman
percobaan secara bergantian
b.
Kelompok lain menanggapi
c.
Guru memberikan penguatan dan penegasan terhadap hasil
diskusi
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dipelajari.
2.
Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan
pembelajaran
3.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran.
Pertemuan ke – 6 :
(2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Peserta didik mengondisikan diri untuk
siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru
tentang pengalaman peserta didik ketika berdebat sebagai
pengantar untuk memahami teks rekaman percobaan.
3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.
Peserta didik menyimak motivasi yang
diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5. Peserta
didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
|
Mengomunikasikan
|
Stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
|
Mengamati
a. Peserta
didik mengamati teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b. Guru
memberi contoh ide pokok yang
dalam sebuah paragraf.
c. Guru
mengajukan pertanyaan yang dapat memancing
pemahaman Peserta didik tentang ide pokok
|
Problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
|
Menanya
a. Guru memberi
kesempatan kepada Peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan
dengan ide pokok .
b.
Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya jawab tentang
cara menemukan ide pokok dalam paragraf.
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
Mengumpulkan Informasi
a.
Secara berkelompok Peserta didik menentukan struktur yang
terdapat dalam teks rekaman percobaan
yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.
Secara berkelompok Peserta didik menemukan ide pokok dari
tiap paragraf yang ada dari teks tersebut.
|
Data
processing (pengolahan data)
Verification (pembuktian)
|
Mengasosiasi
a.
Secara berkelompok Peserta didik
menyusun ide pokok yang
ditemukan menjadi paragraf
b.
Menyusun rangkaian paragraf
menjadi ringkasan yang baik
c.
Guru memberi kesempatan
Peserta didik untuk menverifikasi hasil kerja merekasehingga Peserta didik
dapat menyempurnakan ringkasannya.
|
Generalization
(menarik simpulan/generalisasi)
|
2. Mengomunikasi
a.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mempresen-tasikan hasil ringkasannya.
b.
Kelompok lain memberikan tanggapan
c.
Guru memberikan pengetahuan
|
Kegiatan
Penutup (12 menit)
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dipelajari.
2.
Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan
pembelajaran
3.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran.
F.
Penilaian
Penilaian
Sikap
a. Penilaian Kompetensi
Sikap Melalui Observasi
Penilaian Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/ genap
|
Kompetensi Dasar
(KI 1)
|
:
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk
mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai
sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai
sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
Kompetensi Dasar (KI 2)
|
:
|
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan semangat
dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan
ilmiah
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Teks Rekaman Percobaan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)
|
:
|
1.1.1
Menunjukkan
sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
1.2.1 Menunjukkan sikap
menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3.1 Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai
sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
|
:
|
2.4.1 Berpendapat atau melakukan tindakan
tanpa ragu-ragu.
2.4.2 Mampu membuat keputusan dengan cepat
2.4.3 Berani presentasi di depan kelas
2.4.4 Berani berpendapat, bertanya, atau
menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
|
Instrumen:
Lembar Penilaian Sikap
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/ GENAP
Materi Pokok : Teks Rekaman Percobaan
Kompetensi dasar :
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan
bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam
kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
b. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/ genap
|
Kompetensi Dasar (KI 1)
|
:
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan
bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana
menyajikan informasi lisan dan tulis
|
Kompetensi Dasar (KI 2)
|
:
|
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan semangat
dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan
ilmiah
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Teks Rekaman Percobaan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)
|
:
|
1.1.2
Menunjukkan
sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya.
1.2.1 Menunjukkan sikap
menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3.1 Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai
sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
|
:
|
2.4.1
Berpendapat atau melakukan tindakan tanpa ragu-ragu.
2.4.2
Mampu membuat keputusan dengan cepat.
2.4.3
Berani presentasi di depan kelas.
2.4.4 Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.
|
Instrumen:
LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRI (SIKAP
PERCAYA DIRI)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya
diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya
berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
|
||||
2
|
Saya
mampu membuat keputusan dengan cepat
|
||||
3
|
Saya
berani presentasi di depan kelas
|
||||
4
|
Saya
berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRI (SIKAP
SPIRITUAL)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya
diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan
bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
|
||||
2
|
Saya menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
|
||||
3
|
Saya
menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
c. Penilaian Antar Peserta Didik
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/ genap
|
Kompetensi Dasar (KI 1)
|
:
|
1.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
Kompetensi Dasar (KI 2)
|
:
|
2.4
Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan
menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
Topik/Subtopik
|
Teks Rekaman Percobaan
|
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)
|
:
|
1.1.3 Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk
mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2.1 Menunjukkan sikap menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3.1
Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
|
:
|
1.4.1
Berpendapat atau melakukan tindakan
tanpa ragu-ragu.
1.4.2
Mampu membuat keputusan dengan cepat
1.4.3
Berani presentasi di depan kelas
1.4.4
Berani berpendapat, bertanya, atau
menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
|
Instrumen:
LEMBAR PENILAIAN ANTARTEMAN (SIKAP PERCAYA DIRI)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya
diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Teman
saya berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
|
||||
2
|
Teman
saya mampu membuat keputusan dengan cepat
|
||||
3
|
Teman
saya berani presentasi di depan kelas
|
||||
4
|
Teman
saya berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRI (SIKAP
SPIRITUAL)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya
diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Teman saya menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk
mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
|
||||
2
|
Teman saya menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai
sarana memahami informasi lisan dan tulis
|
||||
3
|
Teman
saya menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
Penilaian Sikap melalui Jurnal
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/ genap
|
Kompetensi Dasar (KI 1)
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa
Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan
tulis
|
|
Kompetensi Dasar (KI 2)
|
:
|
2.4
Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan
menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
Topik/Subtopik
|
Teks Rekaman Percobaan
|
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)
|
1.1.4 Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk
mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2.1 Menunjukkan sikap menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan
dan tulis
1.3.1
Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
|
:
|
2.4.1
Berpendapat atau melakukan tindakan tanpa ragu-ragu.
2.4.2 Mampu membuat keputusan dengan cepat
2.4.3 Berani presentasi di depan kelas
2.4.4 Berani berpendapat, bertanya, atau
menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
|
JURNAL
Nama Peserta Didik :……………………………………………………
Nomor peserta Didik
:………………………………………………..
Tanggal :…………………………………………………
Aspek yang diamati : ……………………………………………
Kejadian
……………………………………………........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Guru:
_______________________
c. Penugasan
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
|
:
:
|
Mengidentifikasi kekurangan teks
rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Pemodelan Teks Rekaman Percobaan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
1.
Mengidentifikasi kekurangan teks
aspek struktur teks
2.
Mengidentifikasi kekurangan teks
dari unsur kebahasaan
|
Instrumen
A. Soal
1. Carilah contoh teks rekaman
percobaan, kemudian carilah kekurangan teks tersebut berdasarkan struktur teks
dan aspek kebahasaannya!
B. Rubrik Penilaian
No.
|
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Struktur teks
|
Peserta didik dapat menemukan kekurangan struktur teks dengan tepat.
|
Peserta didik menemukan sebagian besar kekurangan struktur teks
|
Peserta didik menemukan sebagian kecil kekurangan struktur teks
|
Peserta didik tidak menemukan kekurangan struktur teks
|
2
|
Unsur kebahasaan
|
Peserta didik dapat menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks dengan
tepat.
|
Peserta didik menemukan sebagian besar kekurangan unsur kebahasaan teks
|
Peserta didik menemukan sebagian kecil kekurangan unsur kebahasaan teks
|
Peserta didik tidak menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks
|
Nilai akhir =
|
skor yang diperoleh
|
X 100%
|
Skor maksimal
|
d.
Pertemuan ke – 3 dan ke – 4
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Penilaian Projek
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX / 1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2.Menyusun teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Menyusun Teks
Rekaman Percobaan Berkelompok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
-
Menentukan topik teks rekaman percobaan
-
Mengembangkan
topik menjadi kalimat-kalimat
-
Menyusun/menggabungkan
kalimat-kalimat tersebut menjadi teks rekaman percobaan dengan memperhatikan
ketepatan struktur
- Menyusun teks rekaman percobaan dengan memperhatikan kaidah bahasa
|
Instrumen:
Susunlah sebuah teks
rekaman percobaan dengan ketentuan sebagai berikut.
1.
Tentukan topik teks rekaman percobaan
yang akan disusun! Topik tersebut
dapat berhubungan dengan diri
sendiri, orang lain, sekolah atau sesuatu yang menarik bagimu.
2.
Carilah sumber-sumber informasi yang
sesuai dengan topik yang kamu pilih, baik
melalui internet maupun media massa!
3. Perhatikan struktur teks dan kaidah bahasa!
4. Kerjakan secara berkelompok dalam waktu 1 minggu!
Format Penilaian:
pelajaran :
Bahasa Indonesia
Nama Proyek : Menyusun teks Rekaman Percobaan
Alokasi Waktu : 1 minggu
Guru pembimbing :
............................................
Nama :
....................................
Kelas :
................
Nomor :
..................
No.
|
Aspek
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
PERENCANAAN
|
||||
a. Persiapan
|
|||||
b. Menentukan tahap-tahap kegiatan
|
|||||
2
|
PELAKSANAAN
|
||||
a. Keakuratan Sumber Data/ Informasi
|
|||||
b. Kuantitas Sumber Data/ Informasi
|
|||||
c. Uraian Teks Tanggapan Kritis
|
|||||
d. Panarikan Kesimpulan
|
|||||
3
|
LAPORAN PROJEK
|
||||
a. Orisinalitas / Keaslian
|
|||||
b. Kesesuaian isi dengan tema
|
|||||
c. Ketepatan Struktur Teks
|
|||||
d. Penggunaan Kaidah Bahasa
|
|||||
Total Skor
|
A.
Rubrik
Penilaian
No.
|
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Struktur teks
|
Siswa dapat
menemukan kekurangan struktur teks dengan tepat.
|
Siswa menemukan
sebagian besar kekurangan struktur teks
|
Siswa menemukan
sebagian kecil kekurangan struktur teks
|
Siswa tidak
menemukan kekurangan struktur teks
|
2
|
Unsur kebahasaan
|
Siswa dapat
menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks dengan tepat.
|
Siswa menemukan
sebagian besar kekurangan unsur kebahasaan teks
|
Siswa menemukan
sebagian kecil kekurangan unsur kebahasaan teks
|
Siswa tidak
menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks
|
Nilai akhir =
|
skor yang diperoleh
|
X 100%
|
Skor maksimal
|
e.
Pertemuan ke – 5
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Tertulis
Instrumen
a.
Perhatikan teks rekaman percobaan
berikut kemudian jawablah pertanyaan nomor 1 -5!
Cara Membuat Perangkap Nyamuk
Sederhana
Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk
kecil bersayap yang mengganggu tidur kita. Ya, makhluk kecil bersayap tersebut
bernama nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sepele dan
dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar
di pasar. Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai
bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut,
kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap
nyamuk.
Cara membuatnya cukup sederhana dan
bahan untuk membuatnya pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Sebelum kamu coba membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut!
Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter, 200 ml air, 50 gram gula merah, 1
gram ragi (beli di toko makanan kesehatan, warung, atau pasar).
Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini!
1.
Potong botol plastik di tengah! Simpan
bagian atas/mulut botol!
2.
Campur gula merah dengan air panas!
Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah
botol!
3.
Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk!
Ini akan menghasilkan karbondioksida!
4.
Pasang/masukkan potongan botol bagian
atas dengan posisi terbalik seperti corong!
5.
Bungkus botol dengan sesuatu yang
berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
1.
Bagian apakah yang belum ada pada teks
rekaman percobaan tersebut! (skor maksimal 2)
2.
Revisilah bagian teks berikut ini
menjadi bagian yang mencirikan unsur kebahasaan teks percobaan(skor maksimal
3).
Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter, 200 ml air, 50 gram gula merah, 1
gram ragi
3.
Revisilah bagian teks berikut ini
menjadi bagian yang mencirikan unsur kebahasaan teks percobaan.(skor maksimal
5)
-
Potong botol plastik di tengah! Simpan
bagian atas/mulut botol!
-
Campur gula merah dengan air panas!
Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah
botol!
-
Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk!
Ini akan menghasilkan karbondioksida!
-
Pasang/masukkan potongan botol bagian
atas dengan posisi terbalik seperti corong!
-
Bungkus botol dengan sesuatu yang
berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
4.
Lengkapilah dan revisilah teks
tersebut sehingga menjadi teks percobaan yang benar dari aspek struktur dan
unsur kebahasaan!(skor maksimal 10).
b.
Kunci jawaban
1) Hasil dan simpulan
2)
1. Botol plastik bekas
ukuran 1,5 liter,
2. 200 ml air,
3. 50 gram gula merah,
4. 1 gram ragi
3)
I.
Potong botol plastik di tengah! Simpan
bagian atas/mulut botol!
II. Campur gula merah
dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian
potongan bawah botol!
III. Tambahkan ragi dan
tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
IV. Pasang/masukkan
potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
V.
Bungkus botol dengan sesuatu yang
berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
4) a. Setelah melalui langkah-langkah pembuatan, kini alat perangkap nyamuk
yang sederhana dan ampuh telah berhasil dibuat. Kamu dapat menggunakannya pada
siang atau malam hari.
b. Perangkap nyamuk
sederhana ini terbukti lebih aman digunakan dibandingkan dengan cairan kimia pembasmi
nyamuk. Alat ini dapat kamu taruh di pojok kamar atau di bawah tempat tidur.
Dalam satuan banyak nyamuk yang tertampung dalam botol.
c. 1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter,
2. 200 ml air,
3. 50 gram gula merah,
4. 1 gram ragi
d.
I.
Potong botol plastik di tengah! Simpan
bagian atas/mulut botol!
II.
Campur gula merah dengan air panas!
Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah
botol!
III. Tambahkan ragi dan
tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
IV. Pasang/masukkan
potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
V.
Bungkus botol dengan sesuatu yang
berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
Nilai akhir =
|
skor yang diperoleh
|
X 100%
|
Skor maksimal
|
G. Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media : Teks Rekaman Percobaan
2.
Alat : LCD, Laptop, Pengeras Suara/Speaker
3.
Sumber
Belajar:
Kemendikbud. 2015. Buku Peserta didik:Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Kemendikbud.
Kemendikbud. 2015. Buku Guru:Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Kemendikbud.
Permendikbud
No 46 tahun 2009. Penyempurnaan EYD.
Jakarta: Depdikbud.
Tim
Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005
|
Batangan, 2 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004
|
EmoticonEmoticon